Comscore Tracker

3 Gangguan pada Tubuh Ini Perlu Diwaspadai oleh Wanita Menopause

Salah satunya adalah penyakit diabetes

Menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alami. Umumnya, menopause dialami wanita saat memasuki usia 45-55 tahun.

Tidak hanya berhenti menstruasi, banyak perubahan lain terjadi dalam tubuh wanita yang menopause, mulai dari penampilan fisik, kondisi psikologis, hasrat seksual, hingga kesuburan. Wanita yang sudah menopause pun tidak bisa hamil lagi. 

Perubahan-perubahan saat menopause juga berdampak pada kesehatan. Kamu akan mudah sakit dan lelah jika bekerja terlalu keras. 

Selengkapnya, berikut ini penjelasan mengenai gangguan yang kemungkinan dialami oleh wanita menopause. Yuk, simak ulasan berikut!

1. Gangguan pada pembuluh darah

3 Gangguan pada Tubuh Ini Perlu Diwaspadai oleh Wanita Menopausepixabay/Lagrafika

Gangguan pada pembuluh darah dapat menyebabkan berbagai gangguan lainnya dan penyakit seperti stroke, jantung koroner, dan demensia. 

Demensia adalah sebuah sindrom yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir, memahami sesuatu, melakukan pertimbangan, dan memahami bahasa, serta menurunnya kecerdasan mental. Seseorang juga jadi mudah lupa alias pikun saat mengalami menopause. 

Baca Juga: 10 Tanda Awal Kamu Mulai Masuki Masa Menopause, Wanita Wajib Tahu nih!

2. Gangguan pada tulang (osteoporosis)

3 Gangguan pada Tubuh Ini Perlu Diwaspadai oleh Wanita Menopauseunsplash/MathewSchwartz

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, tulang akan semakin rapuh dan mudah patah jika terkena benturan. Wanita yang sudah memasuki usia menopause berpotensi mengalami osteoporosis.

Itu sebabnya, asupan gizi yang mengandung kalsium harus terus dikonsumsi agar kerapuhan tulang tidak cepat. Selain itu, hindari juga aktivitas berat yang berisiko terhadap tulang seperti melompat, terjun, dan berlari kencang. 

3. Gangguan hormonal

3 Gangguan pada Tubuh Ini Perlu Diwaspadai oleh Wanita Menopausepixabay/TesaPhotography

Gangguan hormonal yang sering ditemukan adalah gangguan pada gula darah atau diabetes melitus atau kencing manis. Hal itu disebabkan kemampuan pankreas dalam produksi insulin sudah menurun akibat usia yang sudah lanjut. 

Selain itu, gangguan hormonal yang mungkin terjadi pada lansia adalah gangguan pada kelenjar tiroid atau hipertiroid.

Hipertiroidisme adalah kondisi ketika kelenjar tiroid terlalu aktif memproduksi hormon, sehingga kadar hormon tiroid di dalam darah menjadi sangat tinggi dan proses metabolisme semakin cepat. Dampak yang akan dirasakan penderitanya adalah berat badan menurun, tremor, sulit tidur, rambut rontok dan keringat berlebih.

Itulah gangguan yang berpotensi dialami oleh wanita wanita menopause. Hindari dengan selalu menerapkan pola hidup sehat, asupan gizi yang cukup, dan istirahat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Ternyata Pria Juga Bisa Menopause, Ini 12 Gejala yang Paling Utama

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You