Comscore Tracker

Duduk Terlalu Lama? 5 Hal Berbahaya Ini Akan Menghampirimu!

Kesehatanmu bakalan terancam lho!

Posisi duduk sudah menjadi kultur sebagian masyarakat dalam keseharian. Bekerja di kantor, mengendarai mobil atau motor, para pengembang aplikasi, desainer, penjahit dan sejenisnya duduk dalam jangka waktu yang cukup lama saat beraktivitas. 

dr. Sung, selaku pengasuh rubrik kesehatan di SB30 Health juga menuturkan bahwa masyarakat Indonesia dikenal malas untuk berjalan kaki. Hal ini terlihat dari maraknya penggunaan jasa antar barang atau makanan secara online.

Seberapa buruk dampak duduk terlalu lama bagi tubuh? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Berpotensi obesitas

Duduk Terlalu Lama? 5 Hal Berbahaya Ini Akan Menghampirimu!pixabay/Jarmoluk

Obesitas adalah kegemukan yang diakibatkan oleh penumpukan lemak hingga level kronis. Obesitas dapat terjadi jika jumlah kalori yang masuk ke tubuh lebih besar ketimbang aktivitas yang dilakukan. Hal ini bisa terjadi di saat kita duduk terlalu lama saat bekerja, lembur, maupun bermain game.

Jika kesulitan menghindari situasi tersebut, kamu bisa mengambil porsi istirahat untuk berjalan-jalan setelah duduk selama 30 menit. Lakukan apa saja asalkan bukan duduk. Dengan demikian, kamu sedang berusaha mengurangi potensi obesitas untuk tubuhmu. 

2. Penyakit berat

Duduk Terlalu Lama? 5 Hal Berbahaya Ini Akan Menghampirimu!pixabay/pexels

Penyakit berat yang mungkin saja diderita oleh para pekerja dengan jam duduk melebihi 10 jam per hari tanpa jeda adalah diabetes, darah tinggi, jantung koroner, stroke dan sejenisnya. Penyakit tersebut muncul akibat obesitas atau gumpalan lemak yang menyumbat pembuluh darah. 

Baca Juga: 5 Penyakit Berbahaya yang Diawali dengan Gejala Mual, Waspadalah

3. Peredaran darah tidak lancar

Duduk Terlalu Lama? 5 Hal Berbahaya Ini Akan Menghampirimu!pixabay/rawpixel

Peredaran darah yang tidak lancar akan menyebabkan banyak penyakit berat seperti stroke dan jantung. Penyakit mematikan tersebut sangat mudah menghampiri generasi saat ini karena pola hidup mereka yang jarang melakukan aktivitas fisik dan olahraga.

Padahal syarat sehat itu begitu mudah. Asalkan peredaran darah kita lancar tanpa dihambat lema atau gangguan penyakit lainnya, maka kebugaran dapat kita raih dalam jangka waktu panjang. 

4. Nyeri punggung dan leher

Duduk Terlalu Lama? 5 Hal Berbahaya Ini Akan Menghampirimu!pixabay/filmwithmark

Nyeri pada punggung, pinggang, dan leher sungguh tidak mengenakkan. Meski tergolong sakit ringan, nyeri membuat kita mudah berhenti melakukan aktivitas lain. Jika kamu mulai merasakan nyeri, segeralah relaksasikan ototmu dengan berbaring atau gerakan ringan. 

5. Risiko kematian

Duduk Terlalu Lama? 5 Hal Berbahaya Ini Akan Menghampirimu!unsplash/EduLeuton

Dilansir dari CNN, duduk terlalu lama hingga 13 jam dapat meningkatkan risiko kematian dini hingga 200%. Riset tersebut sangat beralasan karena nyatanya memang banyak penyakit berat yang ditimbulkan dari duduk terlalu lama. 

Sebaiknya, duduk terlalu lama mesti diimbangi dengan gerakan yang melibatkan seluruh anggota tubuh dan olahraga ringan. Keringat pun akan dihasilkan dalam jumlah banyak dan kebugaran pun akan menjadi milik kita. 

Nah, itulah bahaya yang berpotensi menghampiri orang-orang yang duduk terlalu lama. Yuk, budayakan relaksasi sebanyak mungkin dan olahraga teratur, guys!

Baca Juga: 5 Bahaya Duduk dengan Kaki Menyilang, Jangan Dibiasakan

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You