Comscore Tracker

Mudah Sekali Menular! Ini 6 Fakta Unik tentang Penyakit ISPA

ISPA memiliki makna berbeda dari sisi medis

ISPA adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pernapasan kita. Meski terkesan remeh, ISPA wajib kamu waspadai. Nah, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang ISPA. Yuk, simak ulasan berikut!

1. Kepanjangan ISPA dari sisi medis

Mudah Sekali Menular! Ini 6 Fakta Unik tentang Penyakit ISPApixabay/Free-Photos

Banyak orang yang mengetahui ISPA merupakan kepanjangan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Namun, makna ISPA dari sisi medis sangat berbeda. 

Sebenarnya, ISPA adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas. Adapun, pernapasan atas meliputi hidung tenggorokan, laring, dan faring. Jika sudah menyerang paru-paru atau di bawahnya, bukan tergolong ISPA. 

2. ISPA mudah menyerang kala imunitas kita menurun

Mudah Sekali Menular! Ini 6 Fakta Unik tentang Penyakit ISPApixabay/ Gerd Altmann

ISPA dapat menyerang siapa saja yang memiliki imunitas rendah. Daya tahan tubuh menurun disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu cuaca ekstrem, usia, malas olahraga, tingkat stres tinggi, makanan berminyak, dan terlalu lelah. 

Itu sebabnya, anak-anak dan orangtua sangat rentan menderita ISPA saat lingkungan tidak mendukung. Bahkan, para pekerja kantor yang sering lembur juga sangat berpotensi terinfeksi penyakit tersebut. 

3. ISPA sangat mudah menular

Mudah Sekali Menular! Ini 6 Fakta Unik tentang Penyakit ISPApixabay/ Łukasz Dyłka

ISPA dominan disebabkan oleh virus. Itu sebabnya, ISPA sangat mudah menular. Sangat disarankan untuk menggunakan masker dan membatasi kontak fisik. Tujuannya agar penularannya tidak meluas. 

Baca Juga: Untuk yang Sedang Patah Hati, Ini 5 Tips Redakan Rasa Sakitmu

4. Gejala ISPA dimulai dari hidung tersumbat atau runny nose

Mudah Sekali Menular! Ini 6 Fakta Unik tentang Penyakit ISPApixabay/ PublicDomainPictures

Gejala-gejala ISPA sangat mudah kita cermati, seperti hidung tersumbat atau malah mengeluarkan cairan. Lalu, gejala diikuti dengan keluhan sakit kepala, nyeri tenggorokan, batuk, tubuh pegal, lemas, dan nafsu makan menurun.

Bahkan, ada juga orang yang merasakan telinganya pekak secara tiba-tiba. Hal itu disebabkan oleh lendir yang menyumbat saluran penghubung telinga dan mulut. 

5. ISPA tidak cocok disembuhkan dengan antibiotik

Mudah Sekali Menular! Ini 6 Fakta Unik tentang Penyakit ISPApixabay/Steve Buissinne

Pada dasarnya, ISPA disebabkan oleh virus. Itu sebabnya, pengobatan menggunakan antibiotik jadi tidak tepat. Antibiotik khusus digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Namun, itu pengecualian jika kamu juga mengalami infeksi sekunder. Setelah terserang virus, kamu juga terserang bakteri. 

Bagaimana cara kita mengetahui kita terinfeksi virus atau bakteri? Jika terinfeksi virus, cairan yang keluar dari hidung encer dan bening. Sebaliknya, jika terinfeksi bakteri, dahak berubah jadi kental dan berwarna kuning kehijauan. Selain itu penderita akan merasa demam dan batuk.

Penting untukmu segera memeriksakan diri ke dokter dan tidak membeli antibiotik atas inisiatif sendiri. 

6. Penularan ISPA dapat dicegah dengan langkah-langkah sederhana

Mudah Sekali Menular! Ini 6 Fakta Unik tentang Penyakit ISPApixabay/stine moe engelsrud

Kabar baiknya, ISPA bukanlah penyakit kronis dan berisiko, seperti stroke dan jantung koroner. Jadi, cara penyembuhannya juga sangat mudah.

Biasakanlah untuk minum air hangat meski tidak sedang sakit. Jangan lupa istirahat yang cukup dan hindari makanan berminyak. Akan lebih baik jika kamu menerapkan pola makan dengan menu diet. Lengkapi menu harianmu dengan suplemen berupa vitamin C dan multivitamin lainnya.

Konsultasi ke dokter adalah jalan terbaik setelah kamu menerapkan langkah-langkah pencegahan sebelumnya. 

Nah, itulah beberapa informasi penting yang perlu kamu tahu tentang ISPA, Guys! Berhati-hatilah selama musim hujan!

Baca Juga: 6 Tips Saat Menjenguk Orang Sakit, Biar Gak Ketularan Sakit!

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You