Comscore Tracker

5 Habit yang Bikin Orang Jepang Panjang Umur, Bisa Ditiru Nih!

Bahkan, ada yang mencapai angka 116 tahun lho!

Siapa yang tidak ingin berumur panjang? Hampir semua orang menginginkannya. Khususnya di Indonesia, sangat jarang orang memiliki umur panjang. Berbeda dengan Jepang, populasi lansia yang cukup banyak mencapai 2 persen dari jumlah total penduduknya. Umur mereka mencapai 90, 100 bahkan 116 tahun lho!

Pada umumnya, orang Jepang memiliki kultur hidup sehat sehingga kebugaran mereka terjaga meski sudah memasuki usia senja. Nah, apa saja rahasianya? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Rutin konsumsi green tea

5 Habit yang Bikin Orang Jepang Panjang Umur, Bisa Ditiru Nih!unsplash/JiaYe

Teh hijau identik dengan budaya Jepang. Faktanya, orang-orang Jepang memang sering mengonsumsi teh hijau dalam acara formal maupun informal. Bahkan, mesin minuman yang tersebar di berbagai sudut kota juga menyediakan teh hijau.

Orang Jepang terbiasa meminum teh hijau tanpa gula. Teh hijau memang memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan sumber antioksidan. Kemungkinan besar, kebiasaan ini memengaruhi kebugaran tubuh rata-rata orang di sana.

2. Seafood jadi menu yang sering dimakan

5 Habit yang Bikin Orang Jepang Panjang Umur, Bisa Ditiru Nih!unsplash/GiovannaGomes

Orang Jepang juga dikenal melalui menu makanannya yang didominasi dari laut. Ikan, udang, tuna, salmon dan sejenisnya adalah lauk yang sering disajikan. Bahkan, beberapa diantaranya disajikan dalam kondisi mentah atau setengah matang. Bicara tentang porsi, mereka tidak makan dalam jumlah yang sedikit menggunakan sumpit dan mangkuk mungil. Mereka juga lebih menyukai daging tanpa lemak (lean meat).

Makanan laut mengandung omega 3 yang sangat baik untuk otak dan pembuluh darah. Dampaknya, daya ingat mereka tetap terjaga dan tubuh tidak mudah lelah. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Sehat Terus Sampai Senja, Yuk Ikuti!

3. Terbiasa makan tofu

5 Habit yang Bikin Orang Jepang Panjang Umur, Bisa Ditiru Nih!pixabay/621hjmit

Orang Jepang juga senang mengonsumsi tofu yang berasal dari proses fermentasi kedelai. Tahu Jepang juga memiliki kualitas yang sangat baik sehingga proses pencernaan orang-orang di sana lebih sehat.

Mereka juga sering memakannya dalam kondisi mentah. Seringnya, tahu tersebut dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan sayur dedaunan layaknya salad. Ingat, makanan mentah memiliki kandungan gizi yang utuh.

4. Terbiasa bergerak aktif sejak dini

5 Habit yang Bikin Orang Jepang Panjang Umur, Bisa Ditiru Nih!pixabay/Mackwo7

Edukasi kemandirian di Jepang sudah diterapkan sejak generasinya masih belia. Mereka diajarkan tata krama, nilai-nilai moral, kerja keras dan tanggung jawab sehingga di usia dewasa mereka mampu berkolaborasi dengan baik.

Mereka cenderung bergerak aktif, berjalan cepat dan disiplin tinggi. Meski sudah berusia lanjut, penduduk di sana juga tidak betah hanya berdiam diri. Berkebun, senam dan pekerjaan fisik lainnya tetap dilakoni mereka semampunya. Tubuh seperti itu memiliki tingkat kesehatan dan kebugaran yang lebih tinggi ketimbang sedikit beraktivitas dan berpikir.

5. Punya kebiasaan mandi berendam di onsen

5 Habit yang Bikin Orang Jepang Panjang Umur, Bisa Ditiru Nih!unsplash/RobsonHatsukamiMorgan

Orang Jepang juga memiliki budaya mandi dalam kondisi berendam air hangat. Itu sebabnya, banyak sekali kita temukan pemandian air panas di sana. Pemandian umum merupakan bisnis yang sangat laku di Jepang.

Selain kebersihan tubuh, mandi berendam juga mengurangi tingkat stres dan lelah. Di sana, tuntutan disiplin dalam bekerja sangat tinggi sehingga orang-orang membutuhkan tempat khusus untuk melepas lelah dan tekanan. Jika kita jarang atau bebas dari stres, kesehatan kita pun akan lebih terjamin.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Tulang Keropos, Berhenti Segera!

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You