Comscore Tracker

Awas, 5 Hal Mengerikan Ini Akan Kamu Alami kalau Gak BAB Berhari-hari!

Jangan ditahan-tahan...

"Ah, tahan aja, ah. Toiletnya gak nyaman sih!" - ucap orang yang suka tahan buang air.

Mungkin sebagian dari kamu gak terlalu ambil pusing kalau gak buang air besar (BAB) berhari-hari. Namun, nyatanya masalahnya jauh lebih besar dari yang kamu kira loh. Awalnya memang cuma gak nyaman dan perut terasa begah, tapi akibatnya bisa jadi serius.

BAB adalah hal yang penting karena kotoran sebagian besar terdiri dari air, bakteri dan serat nabati yang gak bisa dicerna. Karena itu, kotoran mengandung limbah, racun dan hormon.

Semuanya harus dibuang agar tubuhmu tetap sehat. Lalu apa yang terjadi jika kamu gak membuangnya atau dalam hal ini kamu mengalami sembelit? Dilansir dari lyndagriparic.com, berikut beberapa akibat di antaranya!

1. Usus menyerap terlalu banyak air dari sisa makananmu

Awas, 5 Hal Mengerikan Ini Akan Kamu Alami kalau Gak BAB Berhari-hari!superfoodevolution.com

Penyebab utama sembelit adalah kekeringan alias kurang air. Pada sistem pencernaan yang normal, makanan akan bergerak normal melalui tubuh dan menjadi sisa makanan.

Kemudian usus menyerap air dan menjadikannya kotoran. Dalam kasus sembelit, makanan yang diproses bergerak lambat. Dalam usus besar, banyak air yang diserap darinya sehingga sulit keluar atau macet. 

2. Kotoran akan menumpuk dan sulit keluar

Awas, 5 Hal Mengerikan Ini Akan Kamu Alami kalau Gak BAB Berhari-hari!bgr.com

Kotoran yang sulit keluar akan macet, menghalang kotoran lain untuk keluar sehingga terjadi penumpukan. Akibatnya, ususmu akan terasa penuh dan begah. Kamu pun bisa gak buang air besar selama berhari-hari. 

3. Toksisitas atau racun yang terbentuk di usus

Awas, 5 Hal Mengerikan Ini Akan Kamu Alami kalau Gak BAB Berhari-hari!fbmjo.com

Setiap harinya, tubuh kita mendaur ulang. Saat kamu gak BAB, secara gak langsung akan membuat racun juga terbentuk di ususmu. 

Baca Juga: Ingin Terbebas dari Kentut Bau Busuk? Kenali 6 Penyebab Utamanya Ini!

4. Diverticulosis, munculnya tonjolan kantong-kantong di usus besar

Awas, 5 Hal Mengerikan Ini Akan Kamu Alami kalau Gak BAB Berhari-hari!doctorchristodoulou.com

Saat mendapat banyak tekanan dari kotoran, usus besarmu akan mengembang dan membentuk tonjolan kantong-kantong bernama diverticula. Nantinya, diverticula ini akan menjadi tempat fermentasi dan makanan busuk. 

5. Munculnya patogen berbahaya, seperti parasit, bakteri dan jamur

Awas, 5 Hal Mengerikan Ini Akan Kamu Alami kalau Gak BAB Berhari-hari!bbc.co.uk

Makanan yang membusuk di usus dan dibiarkan terlalu lama akan merangsang pertumbuhan patogen berbahaya, seperti parasit, bakteri dan jamur. Dalam paparan jangka panjang, ini akan sangat membahayakan tubuhmu.

6. Kotoran yang berlebihan juga bisa menyebabkan usus bocor

Awas, 5 Hal Mengerikan Ini Akan Kamu Alami kalau Gak BAB Berhari-hari!davidwolfe.com

Racun yang ada dapat melemahkan dinding usus sehingga bocor. Jika lapisan usus bocor, makanan, protein, racun, kolesterol dan lemak yang gak tercerna akan melewati aliran darah dan getah bening sehingga mempengaruhi kesehatan organ lain yang lemah. 

7. Tubuh akan sangat mudah merasa lelah

Awas, 5 Hal Mengerikan Ini Akan Kamu Alami kalau Gak BAB Berhari-hari!invisioncare.com

Keracunan menyebabkan pengiriman oksigen ke seluruh tubuh jadi terhambat. Tanpa oksigen, energimu akan habis. Sementara, tubuh yang lelah gak bisa menghilangkan racun dengan baik. Di situlah terjadi lingkaran setan.

Karena itu, cara terbaik untuk mengatasinya dengan mengonsumsi banyak air dan serat agar lancar. Untuk lebih praktis, kamu bisa menggunakan obat pencahar.

Namun, jika dirasa sudah parah, mau gak mau kamu harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih serius.

Baca Juga: Berapa Lama Kamu Aman Gak Mandi? Berikut Penjelasan dari Para Ahli!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya