Comscore Tracker

Waduh, 5 Penyebab Utama Obesitas Ini Perlu Kamu Waspadai Sejak Dini!

Ayo, kita biasakan hidup sehat menuju tubuh ideal

Obesitas atau kegemukan punya beragam dampak buruk, mulai dari mengganggu aktivitas, hingga menyebabkan banyak penyakit berbahaya. Kamu perlu selalu waspada karena risiko obesitas bisa terjadi bahkan sejak bayi dalam kandungan lho. Buat kamu yang ingin mencegah atau mengobati obesitas, kenali terlebih dahulu penyebab-penyebabnya sebagai berikut!

1. Adanya jumlah kalori berlebih yang masuk dalam tubuh

Waduh, 5 Penyebab Utama Obesitas Ini Perlu Kamu Waspadai Sejak Dini!nsdea.com

Sebagian besar makanan yang kamu konsumsi itu mengandung kalori. Dilansir dari National Health Service UK, jumlah kalori yang dibutuhkan pria dewasa dalam sehari adalah 2.500. Sementara perempuan adalah 2 ribu kalori per hari.

Buat kamu yang ingin mengukur besaran kalori, yang masuk dalam tubuhmu, kamu bisa mengintipnya di fakta nutrisi yang tertera pada kemasan produk makananmu. Kamu pun bisa mengira-ngira besaran kalori makanan yang kamu masak dengan mengeceknya satu per satu menggunakan aplikasi smartphone MyFitnessPal atau FatSecret.

2. Obesitas pun makin cepat terjadi jika seseorang kurang melakukan aktivitas fisik

Waduh, 5 Penyebab Utama Obesitas Ini Perlu Kamu Waspadai Sejak Dini!unsplash.com/Kinga Cichewicz

Aktivitas fisik itu penting. Namun ironisnya aktivitas manusia banyak menurun dengan makin majunya teknologi. Jika dulu manusia perlu berjalan untuk mencapai suatu tempat, kini banyak kendaraan umum dan mobil. Untuk itu, gak ada salahnya lho kalau kamu mencoba jalan kaki atau menggunakan alternatif kendaraan yang menuntut aktivitas fisik, seperti sepeda.

Gak hanya itu, kamu pun juga perlu mengimbanginya dengan banyak olahraga. Terutama jika kamu adalah seorang pekerja atau siswa yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan berada di depan komputer.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Pada Tubuhmu Kalau Gak Makan Sayur dan Buah?

3. Obesitas juga terjadi karena diet yang buruk

Waduh, 5 Penyebab Utama Obesitas Ini Perlu Kamu Waspadai Sejak Dini!unsplash.com/Oliver Sjostrom

Jangan salah memaknai arti diet. Diet itu berarti membuat tubuh tetap sehat dan ideal. Diet gak hanya berlaku untuk orang gemuk, namun juga untuk orang kurus dan atau yang ingin menjaga kesehatan tubuhnya.

Diet yang buruk terjadi akibat banyaknya mengonsumsi makanan yang kurang sehat, seperti makanan serta minuman cepat saji yang tinggi lemak dan gula. Selain itu juga bisa disebabkan makan terlalu banyak atau yang sekadar untuk memuaskan hasrat. Makanlah sesuai kebutuhanmu saja ya!

4. Memang benar adanya obesitas terjadi karena faktor genetik

Waduh, 5 Penyebab Utama Obesitas Ini Perlu Kamu Waspadai Sejak Dini!bellamysorganic.com.au

Memang benar jika genetik berpengaruh terhadap potensi obesitas pada manusia. Misalnya saja jika kamu punya orangtua yang obesitas, ada kemungkinan bahwa kamu akan kesulitan untuk berdiet dan menurunkan berat badan.

Meski begitu, bukan berarti usaha menurunkan berat badan itu gak mungkin lho. Kecuali untuk kasus khusus dan langka yang menyebabkan seseorang sulit sekali untuk menurunkan berat badan, seperti sindrom prader-willi.

5. Bisa juga disebabkan oleh alasan medis

Waduh, 5 Penyebab Utama Obesitas Ini Perlu Kamu Waspadai Sejak Dini!newsweek.com

Ada beberapa kondisi medis yang menyebabkan seseorang susah menurunkan berat badan, seperti kelenjar tiroid yang kurang aktif dan sindrom cushing atau gangguan langka yang menyebabkan produksi hormon steroid yang berlebihan. Ada juga bentuk pengobatan yang berkontribusi menyebabkan berat badan bertambah, seperti obat epilepsi, diabetes, dan antidepresan.

Buat kamu yang sudah memahami penyebab-penyebab obesitas di atas, tidak ada salahnya untuk mencegahnya dari sekarang. Tentunya dengan gaya hidup sehat, makan-makanan bergizi dan olahraga teratur. Dengan begitu, risiko obesitas dapat menurun. Selamat hidup sehat!

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Bisa Membuatmu Mudah Pingsan

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You