Comscore Tracker

6 Efek Bahaya Sinar Matahari bagi Tubuhmu, Gak Cuma Bikin Kulit Gelap!

Awas bisa kena kanker!

Sinar matahari pagi memang baik untuk kesehatan kulitmu. Namun, hal tersebut berbeda dengan sengatan matahari saat siang loh. Mungkin kamu berpikir bahwa sengatan sinar matahari hanya akan membuat kulitmu menggelap. Ternyata, efek buruknya lebih banyak lagi loh! Berikut di antaranya yang perlu kamu waspadai.

1. Sengatan sinar matahari berpotensi menyebabkan kanker kulit

6 Efek Bahaya Sinar Matahari bagi Tubuhmu, Gak Cuma Bikin Kulit Gelap!cristao.ro

Dilansir dari The Skin Cancer Foundation, menurut Darrell Rigel, profesor dermatologi klinis di New York University Langone Medical Center, satu orang Amerika meninggal dunia setiap jam akibat kanker kulit. 

2. Sinar matahari di daerah perkotaan membuat udara yang kamu hirup menjadi makin kotor

6 Efek Bahaya Sinar Matahari bagi Tubuhmu, Gak Cuma Bikin Kulit Gelap!pixabay.com/lebastias

Dilansir dari American Chemical Society 2015, hal itu disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) yang memicu pelepasan bahan kimia pada udara yang tercemar dan kotoran yang menempel di bangunan. Polusi udara pun sering dikaitkan dengan asma, risiko stroke dan sakit jantung. 

3. Paparan sinar matahari juga bisa merusak retina mata

6 Efek Bahaya Sinar Matahari bagi Tubuhmu, Gak Cuma Bikin Kulit Gelap!pexels.com

Jangan sepelekan fungsi kacamata hitam. Gak cuma buat gaya-gayaan, kacamata hitam juga mengurangi risiko dari paparan sinar matahari ke mata. Menurut studi dari New England College of Optometry 2009, anak-anak yang lebih sering keluar rumah cenderung terkena miopia atau rabun dekat. Untuk itu, kamu bisa menggunakan kacamata dengan perlindungan 99-100% UV. 

Baca Juga: Kena Dampak Sengatan Matahari? Gunakan 5 Cara Mudah dan Ampuh Ini!

4. Sinar matahari yang berkedip-kedip atau terlalu terang bisa menyebabkan sakit kepala

6 Efek Bahaya Sinar Matahari bagi Tubuhmu, Gak Cuma Bikin Kulit Gelap!pexels.com/Kaique Rocha

Dilansir dari Health.com, untuk seorang yang punya riwayat migrain, sinar matahari yang berkedip-kedip akibat sinar matahari yang menerobos pepohonan dapat memicu sakit kepala. Sakit kepala akibat sinar matahari juga bisa disebabkan karena kelelahan dan dehidrasi. 

5. Alergi sinar matahari

6 Efek Bahaya Sinar Matahari bagi Tubuhmu, Gak Cuma Bikin Kulit Gelap!unsplash.com/Chuttersnap

Masih dilansir dari Health.com, meski sangat langka, ada sebagian orang yang merasa gatal-gatal, rasa terbakar dan sakit yang menyiksa setelah terpapar sinar matahari. Kondisi ini disebut sebagai alergi terhadap matahari atau protoporphyria erythropoietic.

Penyakit tersebut dapat diobati dengan obat afamelanotide. Obat tersebut bekerja dengan cara merangsang produksi melanin atau pigmen pemberi warna kulit. 

6. Terpapar matahari selama berjam-jam dapat menyebabkan kerusakan kulit

6 Efek Bahaya Sinar Matahari bagi Tubuhmu, Gak Cuma Bikin Kulit Gelap!unsplash.com/Stephen Leonardi

Dilansir dari Dr. Rigel dari University of Yale, kerusakan kulit adalah pertanda kamu terlalu lama di bawah sinar matahari tanpa perlindungan apa pun. Kamu pun bisa berisiko mendapatkan garis, keriput, bintik-bintik dan kapiler yang rusak. Lebih ekstrem lagi, kamu bisa terkena kanker!

Jadi, jangan sembarangan berjemur di bawah matahari ya, apalagi saat matahari sedang terik-teriknya. Kalau pun terpaksa harus terpapar sinar matahari langsung, jangan lupa gunakan tabir surya dan kacamata ya! Gak ada salahnya kan mencegah, daripada ujungnya kenapa-kenapa.

Baca Juga: 5 Macam Sakit Kepala Tidak Kunjung Berhenti yang Harus Kamu Waspadai

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You