Comscore Tracker

Kenapa Hujan Bikin Sakit? Ini 7 Penyakit Umum yang Rentan Menyerangmu!

Imbauan buat yang suka hujan-hujanan, atau meremehkan hujan

Pernah gak sih kamu bertanya-tanya, kenapa sih hujan sering banget bikin sakit? Saat kedinginan, tubuh akan menghasilkan energi berlebih. Namun, saat daya tahan tubuhmu lemah, tubuh gak bisa mengimbangi perubahan suhu secara drastis. Akhirnya, itu akan membuat daya tahanmu menurun dan rentan terserang penyakit.

Selain itu, virus seperti flu lebih cepat berkembang biak saat musim hujan. Lalu, penyakit apa saja yang rentang menyerangmu? Berikut beberapa yang paling umum di antaranya.

1. Flu atau influenza tipe A, B atau C

Kenapa Hujan Bikin Sakit? Ini 7 Penyakit Umum yang Rentan Menyerangmu!rd.com

Virus ini biasanya menyebar melalui bersin, batuk atau sentuhan pada benda-benda yang telah terkontaminasi. Influenza memang rentan menyerang siapa saja, apalagi di musim hujan. Namun, kamu perlu mewaspadainya ya. Soalnya, beberapa orang bisa terkena komplikasi akibat influenza, seperti pneumonia atau radang paru-paru.

2. Radang paru-paru akibat infeksi virus, bakteri, obat-obatan atau penyakit autoimun

Kenapa Hujan Bikin Sakit? Ini 7 Penyakit Umum yang Rentan Menyerangmu!consumerreports.org

Radang paru-paru menyebabkan nyeri dada, batuk, demam dan sulit bernapas. Jika mengalami radang paru-paru yang parah, kamu perlu dirujuk ke rumah sakit.

3. Diare akibat bakteri E. coli, Cryptosporidium, Rotavirus dan Shigella

Kenapa Hujan Bikin Sakit? Ini 7 Penyakit Umum yang Rentan Menyerangmu!healthytravelblog.com

Diare ditandai dengan feses yang encer saat dikeluarkan. Selain itu, frekuensi buang air besarmu pun akan lebih sering daripada biasanya. Penyakit ini punya gejala ringan. Namun, jika gak ditangani dengan baik, bisa membahayakan nyawa, terutama pada bayi dan anak-anak.

Baca Juga: 7 Vitamin Terpenting buat Kamu yang Sibuk, Biar Gak Gampang Sakit

4. Demam typhoid atau akrab disebut tifus akibat bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi

Kenapa Hujan Bikin Sakit? Ini 7 Penyakit Umum yang Rentan Menyerangmu!medicalnewstoday.com

Saat musim hujan, hati-hati dalam mengonsumsi makanan ya. Penyakit tifus biasa menyebar melalui minuman atau makanan yang telah terkontaminasi. Demam tifus gak boleh disepelekan karena bisa mengakibatkan komplikasi, seperti peradangan otot jantung, gagal jantung hingga berakhir kematian.

5. Demam berdarah akibat nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus

Kenapa Hujan Bikin Sakit? Ini 7 Penyakit Umum yang Rentan Menyerangmu!Pixabay.com/Nuriyah

Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang mudah menular saat musim hujan. Demam berdarah sering juga disebut penyakit break bone karena menyebabkan nyeri otot, tulang dan sendi yang terasa seperti retak. Demam berdarah yang parah bisa menyebabkan pendarahan, tekanan darah menurun secara signifikan dan kematian.

6. Penyakit malaria akibat infeksi parasit plasmodium lewat gigitan nyamuk anopheles

Kenapa Hujan Bikin Sakit? Ini 7 Penyakit Umum yang Rentan Menyerangmu!wikimedia.org

Sama seperti demam berdarah, malaria juga lebih rentan menular saat musim hujan. Malaria berisiko mengancam nyawa seseorang, apabila gak ditangani dengan baik. Malaria jadi penyakit endemis di Indonesia Timur, seperti: Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat.

7. Leptospirosis akibat bakteri Leptospira interrogans

Kenapa Hujan Bikin Sakit? Ini 7 Penyakit Umum yang Rentan Menyerangmu!thehealthsite.com

Di Indonesia, penyakit ini dikenal sebagai penyakit kencing tikus. Penyakit ini rentan menyerang kamu yang menyentuh air, tanah atau tanaman yang terkontaminasi hewan, seperti tikus, sapi, anjing dan babi. Penyakit ini pun bisa ditularkan oleh hewan-hewan reptil, amfibi dan pengerat.

Leptospirosis sendiri menyebabkan sakit kepala, demam tinggi, mual, muntah, menggigil, mata merah, sakit perut dan otot betis terasa sakit. Penyakit ini pun bisa menyebabkan gagal ginjal, gangguan hati hingga gagal pernapasan.

Jangan sepelekan, di musim hujan seperti sekarang, jaga daya tubuhmu agar terus prima ya. Konsumsi makanan bergizi dan jangan lupa berolahraga. Jika sakit menyerangmu, segera tanggapi dengan berkonsultasi ke dokter. Salam sehat jiwa raga!

Baca Juga: 7 Cara Tersehat Pakai Earphone Biar Gak Sakit Telinga dan Berdengung

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You