Apakah Makanan yang Dihinggapi Kecoak Boleh Dimakan? Ini 7 Faktanya

Yakin mau makan?

Kecoak jadi salah satu hewan hama karena merusak barang dan mengotori rumah. Ia memakan apa saja dan meninggalkan kotorannya sembarangan. Itu sebabnya kecoak adalah hewan kotor yang harus dihindari.

Lantas, gimana kalau hewan ini menghinggapi makananmu? Apakah makanan tersebut masih aman untuk dikonsumsi? Berikut ulasannya.

1. Makanan yang sudah dihinggapi kecoak sudah tak layak makan

Apakah Makanan yang Dihinggapi Kecoak Boleh Dimakan? Ini 7 Faktanyabillclarkbugsperts.com

Itu karena mereka menyukai tempat-tempat kotor dan lembap, seperti jamban, pekarangan, dan saluran pembuangan. Mereka pun suka memakan benda-benda kotor, salah satunya kotoran manusia. Itu sebabnya, jika menghinggapi makanan, sebaiknya kamu tak memakannya.

2. Ada banyak bakteri yang menjangkiti kecoak

Apakah Makanan yang Dihinggapi Kecoak Boleh Dimakan? Ini 7 Faktanyascienceblog.com

Bakteri-bakteri, seperti salmonela, stafilokokus, dan streptokokus bisa saja dibawa kecoak dan berpindah ke makananmu. Jika sudah menempel pada makanan, bakteri-bakteri ini akan berkembang biak dan bisa berbahaya bagi tubuhmu.

3. Makanan yang telah dihinggapi kecoak menyebabkan berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan pencernaan

Apakah Makanan yang Dihinggapi Kecoak Boleh Dimakan? Ini 7 Faktanyahealthytravelblog.com

Jika kamu memakan makanan yang telah dihinggapi kecoak, kamu berisiko mengalami diare, disentri, kolera, tifus, lepra, dan polio.

Baca Juga: Benarkah Microwave Bisa Membunuh Bakteri pada Makanan? Ini 7 Faktanya!

4. Kecoak pun bisa meninggalkan telur ke makanan yang mereka hinggapi

Apakah Makanan yang Dihinggapi Kecoak Boleh Dimakan? Ini 7 Faktanyasciencemag.org

Tak hanya itu, telur kecoak yang mengontaminasi makanan juga bisa menyebabkan alergi, gatal, pembengkakan, dan gangguan pernapasan. Sekali berkembang biak, kecoak bisa menghasilkan 10-40 telur.

Seumur hidupnya, kecoak bisa bertelur sebanyak 30 kali. Usia kecoak sendiri bisa mencapai satu tahun. Jika tak menjaga kebersihan, bayangkan berapa banyak kecoak yang ada di rumahmu?

5. Rutinlah menjaga kebersihan rumahmu

Apakah Makanan yang Dihinggapi Kecoak Boleh Dimakan? Ini 7 Faktanyaourconezone.com

Ada banyak cara untuk mencegah kecoak datang ke rumah dan menghinggapi makananmu. Beberapa di antaranya, seperti membersihkan rumah minimal seminggu sekali; rajin membuang sampah; menutup lubang dan retakan dinding; jaga kebersihan dapur; bersihkan remah-remah dan sisa makanan; menutup makanan; dan hindari menumpuk banyak kardus serta buku.

6. Menjaga kebersihan juga bisa menghindarkanmu dari hama lain, salah satunya lalat

Apakah Makanan yang Dihinggapi Kecoak Boleh Dimakan? Ini 7 Faktanyaocvector.org

Dibanding kecoak, ternyata lalat jauh lebih berbahaya jika menghinggapi makananmu. Itu karena mereka membawa lebih dari 300 jenis bakteri, virus, dan parasit yang berbahaya untuk manusia. Beberapa di antaranya, seperti: E. Colli, Salmonella, Helicobacter pylori, dan Rotavirus.

Kamu pun berpotensi mengalami diare, disentri, kolera, tifus, infeksi kulit, dan infeksi mata. Dengan menjaga kebersihan, tak hanya kecoak, lalat pun enggan datang ke rumahmu.

7. Jangan ragu untuk menghubungi profesional untuk membasmi kecoak dan hama lainnya

Apakah Makanan yang Dihinggapi Kecoak Boleh Dimakan? Ini 7 Faktanyachosenpayments.com

Kadang tak hanya rumahmu yang bermasalah, namun sanitasi lingkungan rumahmu yang kurang baik. Kalau sudah begitu, kamu bisa menghubungi profesional agar kecoak tersebut tak berkembang biak di lingkunganmu. Dengan begitu kecoak tak akan datang ke rumahmu.

Jangan sepelekan hama yang datang ke rumahmu. Segera ambil tindakan untuk melindungi keluargamu dari penyakit yang berbahaya. Salam sehat jiwa raga!

Baca Juga: Berapa Banyak Hewan yang Dibunuh untuk Makanan Setiap Harinya? 

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You