Comscore Tracker

Deodoran Gak Mempan? Ini 9 Cara Paling Ampuh Cegah Ketiak Basah 

Gak perlu lagi ngerasa malu

Aktivitas sehari-hari memang bikin kamu mudah berkeringat. Beberapa contohnya, seperti naik kendaraan umum, bepergian di cuaca terik atau berolahraga. Gak jarang bajumu basah karena keringat, termasuk di bagian ketiak.

Namun, pernah gak kamu merasa kalau ketiak basah itu bikin kamu gak percaya diri? Selain ketiak basah juga bikin risi dan lengket, padahal mungkin kamu masih perlu beraktivitas seharian dengan rekan-rekanmu.

Deodoran yang kamu pakai sebelum berangkat pun rasa-rasanya gak banyak menolong. Terus, gimana baiknya? Berikut cara yang bisa kamu lakukan.

1. Pakai antiperspirant dibanding deodoran biasa

Deodoran Gak Mempan? Ini 9 Cara Paling Ampuh Cegah Ketiak Basah crodapersonalcare.com

Deodoran memang bisa mencegah bau badan, namun gak selalu bisa membuat ketiakmu kering. Untuk itu, kamu bisa gunakan antiperspirant. Itu karena antiperspirant berfungsi untuk memblokir kelenjar yang menghasilkan keringat pada ketiak.

Jika antiperspirant gak cukup, kamu perlu mencari antiperspirant dengan jumlah aluminium klorida yang lebih tinggi, setidaknya mengandung 13 persen bahan aktif. Jika masih gak mempan, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan resep antiperspirant yang lebih kuat.

Selain itu, penting juga untuk memerhatikan penggunaan antiperspirant. Sebaiknya, gunakan saat ketiakmu kering, bukan saat basah. Untuk hasil yang lebih efektif, kamu bisa menggunakannya di malam hari. Biasanya, antiperspirant baru bisa bekerja penuh setelah empat hari penggunaan. 

2. Rajinlah mencukur rambut ketiakmu

Deodoran Gak Mempan? Ini 9 Cara Paling Ampuh Cegah Ketiak Basah twitter.com/pledis_17

Mencukur rambut ketiak bisa mengurangi keringat berlebih loh! Itu karena rambut memiliki kelembapan. Jika kamu merasa ketiakmu sangat basah, pertimbangkanlah untuk mencukurnya. Dengan begitu, bau badanmu juga akan berkurang. Mencukur rambut ketiak pun efektif untuk penggunaan antiperspirant loh. Namun, jangan aplikasikan segera setelah kamu cukur ya. Pasti perih. 

3. Setelah mandi, jangan langsung pakai baju ya

Deodoran Gak Mempan? Ini 9 Cara Paling Ampuh Cegah Ketiak Basah servingjoy.com

Tunggulah beberapa menit untuk pakai baju, terlebih kalau kamu mandi air hangat. Jika kamu langsung memakai baju, badanmu akan mudah lembap. Keringkan badanmu dengan baik sebelum memakai pakaianmu. 

4. Pastikan juga kamu terhidrasi dengan baik dengan perbanyak konsumsi air putih

Deodoran Gak Mempan? Ini 9 Cara Paling Ampuh Cegah Ketiak Basah pixabay.com/priyanka98742

Minum air putih akan membuat tubuhmu tetap dingin sehingga kamu gak menghasilkan keringat berlebih. 

Baca Juga: Ini 8 Tanda Hiperosmia, Penyebab Kamu Sensitif Banget Terhadap Bau 

5. Pakailah pakaian yang nyaman dan longgar

Deodoran Gak Mempan? Ini 9 Cara Paling Ampuh Cegah Ketiak Basah brit.co

Pakaian ketat hanya akan membuat ketiakmu basah dan bisa jadi meninggalkan noda. Untuk itu, pakailah pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat. 

6. Kurangi konsumsi kafein

Deodoran Gak Mempan? Ini 9 Cara Paling Ampuh Cegah Ketiak Basah pexels.com/rawpixel.com

Konsumsi kafein akan menstimulasi sistem syaraf hingga meningkatkan produksi keringat. Selain itu, kafein juga hanya akan membuat tekanan darah, detak jantung dan kelenjar keringat meningkat. Minum kopi yang bersuhu panas pun akan memicu kenaikan suhu badan sehingga membuatmu berkeringat.  

7. Berhentilah merokok

Deodoran Gak Mempan? Ini 9 Cara Paling Ampuh Cegah Ketiak Basah unplash.com/Patrick Brinksma

Selain kafein, nikotin dalam rokok bisa meningkatkan suhu tubuh, detak jantung dan produksi kelenjar keringat. Selain itu merokok juga sering dikaitkan dengan masalah kesehatan lain, seperti bau mulut, noda gigi dan kanker.

8. Hindari makanan yang memicu keringat berlebih

Deodoran Gak Mempan? Ini 9 Cara Paling Ampuh Cegah Ketiak Basah rawpixel.com

Ternyata diet juga perlu loh untuk mencegah keringat berlebih. Adapun, makanan rendah serat hanya akan membuat sistem pencernaanmu bekerja keras untuk memecah makanan. Makanan tinggi sodium juga membuat tubuhmu mendetoksifikasi semua bentuk garam menjadi air seni dan keringat.

Terakhir, makanan tinggi lemak juga membuat tubuhmu hangat selama proses pencernaannya. Untuk itu, hindarilah makanan dan minuman, seperti bawang, es krim, makanan pedas dan panas dan makanan tinggi lemak dan minuman keras.

9. Bisa juga kamu cegah dengan makanan yang bisa mengurangi keringat

Deodoran Gak Mempan? Ini 9 Cara Paling Ampuh Cegah Ketiak Basah unsplash.com/Lotte Lohr

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang menenangkan kelenjar keringatmu yang terlalu aktif bekerja. Kamu bisa dengan mengonsumsi makanan yang gak membebani sistem pencernaanmu, seperti produk tinggi kalsium: susu dan keju, kacang almon, pisang, minyak zaitun, gandum, ubi jalar, teh hijau dan sayur serta buah yang mengandung banyak air.

Intinya, untuk mencegah keringat berlebih kamu hanya perlu membiasakan gaya hidup sehat. Meski begitu, kadang ada kasus kelainan yang membuat seseorang banyak berkeringat atau hiperhidrosis. Jika kamu merasa ada yang aneh dengan tubuhmu, jangan ragu untuk berobat ke dokter ya!

Baca Juga: Ingin Terbebas dari Kentut Bau Busuk? Kenali 6 Penyebab Utamanya Ini!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You