Comscore Tracker

10 Cara Cerdas Mencegah Makan Kebanyakan, Cocok Buat Diet Biar Kurus! 

Jangan-jangan cuma lapar mata...

Makan memang jadi aktivitas yang sangat menggoda. Belum lagi, sekarang ini banyak sekali menu makanan yang variatif. Ditambah layanan pesan-antar sudah menjamur. Kalau sudah begini, godaan untuk makan banyak makin meningkat, padahal bisa jadi kamu lagi diet buat kurus.

Sebenarnya, godaan makan itu gak hanya karena lapar, bisa jadi itu hanya lapar palsu karena emosi yang sedang meluap-luap. Terus, gimana cara mengenali dan mencegahnya? Berikut cara-cara cerdasnya.

1. Kenali rasa lapar palsu (false hunger) saat kamu bosan, marah atau sedih

10 Cara Cerdas Mencegah Makan Kebanyakan, Cocok Buat Diet Biar Kurus! digest.bps.org.uk

Kalau kamu mendapati perutmu lapar, padahal kamu baru saja makan, bisa jadi itu karena sedang bosan, marah atau sedih. Makanan akan jadi pelarian untuk memperbaiki suasana hatimu.

Namun, tentu saja jika dibiarkan, ini akan membuat kamu makan berlebihan. Daripada makan, coba kamu alihkan dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti nonton film, main game atau olahraga sekalian. 

2. Hindari makanan prasmanan yang bikin lapar mata

10 Cara Cerdas Mencegah Makan Kebanyakan, Cocok Buat Diet Biar Kurus! foodimentary.com

Kecenderungan, seseorang akan makan banyak saat disuguhi banyak pilihan makanan. Kamu harus tahu menu makanan apa yang akan kamu pilih sesuai waktu makanmu: pagi, siang dan malam. Untuk mencegahmu makan berlebih, kamu bisa memilih makanan tinggi serat.  

3. Pandangi warna yang cerah, seperti warna merah sebagai sinyal untuk otak berhenti makan

10 Cara Cerdas Mencegah Makan Kebanyakan, Cocok Buat Diet Biar Kurus! unsplash.com/Michael Mroczek

Layaknya warna rambu lalu lintas, merah efektif untuk memberikan sinyal ke otakmu untuk berhenti melakukan sesuatu, dalam hal ini adalah agar kamu berhenti makan. Jika kamu merasa terus lapar, pandangi warna merah atau pasang warna ini di kulkasmu agar kamu gak melulu membukanya. 

4. Olahraga teratur untuk memperbaiki suasana hatimu sehingga gak makan melulu

10 Cara Cerdas Mencegah Makan Kebanyakan, Cocok Buat Diet Biar Kurus! medicalnewstoday.com

Olahraga efektif untuk mengurangi kecemasan, stres dan mencegah depresi. Dengan begitu kamu gak akan dengan mudah mengalami lapar palsu yang disebabkan emosimu yang gak stabil. 

5. Pilih makanan berserat, seperti buah, sayur dan biji-bijian utuh agar kamu cepat kenyang dan gak makan kebanyakan

10 Cara Cerdas Mencegah Makan Kebanyakan, Cocok Buat Diet Biar Kurus! espanafascinante.com

Saat mulai makan, kamu bisa memilih makanan yang tinggi serat dan air dulu untuk membuatmu cepat kenyang. Dengan begitu, kamu gak akan makan kebanyakan. Kandungan serat dan air dalam sayur dan buah cukup untuk memenuhi perutmu. Kamu bisa mencoba salad sayur dan buah. 

Baca Juga: Apa yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Gak Makan Daging Sama Sekali?

6. Makan pelan-pelan karena perut membutuhkan 12-20 menit untuk mencerna makanan

10 Cara Cerdas Mencegah Makan Kebanyakan, Cocok Buat Diet Biar Kurus! unsplash.com/Tristan Gassert

Saat lapar, godaan untuk makan dengan cepat seringkali gak tertahankan. Padahal, itu kebiasaan buruk loh! Makan dengan cepat hanya akan membuatmu makan lebih banyak.

Itu karena perut butuh waktu 12-20 menit untuk memberi tahu otak bahwa kamu sudah merasa kenyang. Itu sebabnya, yuk biasakan makan pelan-pelan. 

7. Hindari juga makan sambil nonton TV atau main smartphone

10 Cara Cerdas Mencegah Makan Kebanyakan, Cocok Buat Diet Biar Kurus! health.com

Makan itu harus fokus. Kalau makan sambil melakukan hal lain, kamu gak akan sadar kalau kamu makan terlalu cepat atau terlalu banyak. Lagipula, fokus makan akan membuatmu bisa merasakan makanan lebih baik dan nikmat. 

8. Jangan sekalipun melewatkan waktu makan

10 Cara Cerdas Mencegah Makan Kebanyakan, Cocok Buat Diet Biar Kurus! thetrendspotter.net

Mungkin kamu berpikir salah satu cara terbaik untuk diet agar kurus dengan melewatkan salah satu waktu makan, padahal itu salah besar. Itu hanya akan membuat nafsu makanmu meningkat di waktu makan berikutnya.

Selain itu, dilansir dari British Journal of Nutrition, makan tiga kali sehari membuatmu merasa kenyang selama 24 jam, sementara jika hanya dua kali, rasa kenyangmu gak akan berlangsung lama. Kalau pun kamu memaksanya, bisa-bisa malah kamu kekurangan nutrisi. 

9. Buat jadwal makan teratur, jangan sampai terlambat

10 Cara Cerdas Mencegah Makan Kebanyakan, Cocok Buat Diet Biar Kurus! pixabay.com

Membuat jadwal makan teratur, akan membuat perutmu terbiasa. Sehingga, kamu akan lapar pada waktunya dan terhindar dari rasa lapar dan makan berlebih.

Jadwal makan tiap orang bisa berbeda-beda, karena itu kamu perlu mengetahui polamu sendiri. Untuk jaga-jaga, siapkan makanan atau camilan dalam tas biar kamu gak telat makan, apalagi jika kamu orang super sibuk. 

10. Camilan sehat yang dimakan sedikit demi sedikit juga efektif untuk mencegahmu makan terlalu banyak

10 Cara Cerdas Mencegah Makan Kebanyakan, Cocok Buat Diet Biar Kurus! tasteofhome.com

Kalau kamu tipikal orang yang suka makan, gak ada salahnya kamu menyiapkan camilan sehat yang bisa kamu bawa ke mana-mana. Namun, jangan sembarang camilan ya. Biasakan beli atau bikin camilan sehat yang kaya akan protein. Hindari juga camilan yang mengandung karbohidrat dan gula berlebih.

Sebenarnya, ada banyak cara cerdas kok untuk membuat makanmu gak kebanyakan. Intinya, kamu butuh niat yang besar untuk melakukannya. Selain itu, gak ada salahnya kamu minta tolong teman atau keluargamu untuk mendukungmu. Salah satunya untuk memperingatkanmu atau gak menyodorkan banyak makanan padamu.

Baca Juga: Ingin Panjang Umur? Yuk, Perbanyak Konsumsi Makanan Anti Inflamasi 

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You