Comscore Tracker

7 Dampak Buruk Makan Daging Anjing yang Akan Bikin Kamu Berpikir Ulang

Awas kena penyakit

Meski untuk sebagian orang terdengar aneh, makan daging anjing merupakan sebuah tradisi di beberapa daerah. Adapun sajian anjing ini dikenal dengan istilah rintek wuuk atau biasa disingkat RW. Istilah tersebut berasal dari bahasa Manado yang berarti ‘bulu halus’.

Dilansir dari klikdokter.com, bisnis daging anjing ini meningkat dari tahun ke tahun di beberapa daerah, seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Bali. Hidangan anjing pun biasanya disajikan, saat acara pesta, pernikahan, atau dijajakan di warung, baik diam-diam maupun terang-terangan. Ada kepercayaan bahwa memakan daging anjing menyembuhkan asma, meningkatkan stamina, dan segudang manfaat lain. Namun benarkah demikian? Simak selengkapnya di sini!

1. Anjing banyak diburu karena lebih praktis daripada sapi

7 Dampak Buruk Makan Daging Anjing yang Akan Bikin Kamu Berpikir Ulangtopdogtips.com

Untuk alasan praktis, anjing banyak diburu karena gak memerlukan ruang dan pakan seperti sapi. Itu sebabnya, anjing banyak diburu untuk dijual dan dikonsumsi. 

2. Daging anjing yang dikonsumsi menyebabkan rabies

7 Dampak Buruk Makan Daging Anjing yang Akan Bikin Kamu Berpikir Ulangwarosu.org

Dilansir dari One Green Planet, di Filipina sekitar 10 ribu orang dan 300 orang meninggal dunia karena rabies setiap tahunnya. Meski telah ada upaya WHO untuk memvaksinasi anjing agar gak rabies, namun perdagangan anjing membuat pencegahan anjing sulit dilakukan.

3. WHO sendiri telah menyoroti perdagangan anjing sebagai akibat dari rabies

7 Dampak Buruk Makan Daging Anjing yang Akan Bikin Kamu Berpikir Ulangdogmeatfreeindonesia.org

Berdasarkan laporan dari Dog Meat Free Indonesia, WHO telah menyoroti perdagangan anjing sebagai akibat dari rabies. Mirisnya, banyak anjing rabies yang dikirim ke kota-kota besar sebagai pasokan makanan, salah satunya Jakarta yang notabene bekerja keras untuk melakukan gerakan bebas rabies.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Gak Makan Daging Sama Sekali?

4. Satu juta anjing dibunuh setiap tahunnya di Indonesia

7 Dampak Buruk Makan Daging Anjing yang Akan Bikin Kamu Berpikir Ulanginsidedogsworld.com

Lebih lanjut, Dog Meat Free Indonesia menjelaskan bahwa setiap tahunnya anjing dibunuh untuk dikonsumsi di Indonesia. Anjing-anjing tersebut ditangkap dan sebagian ada yang diculik guna memasok permintaan daging anjing di seluruh Indonesia.

5. Konsumsi anjing juga bisa mengakibatkan infeksi karena mengandung E.Coli 107, salmonela, antraks, hepatitis dan leptospirosis

7 Dampak Buruk Makan Daging Anjing yang Akan Bikin Kamu Berpikir Ulangmoneytalksnews.com

Makan daging anjing juga bisa menyebabkan beragam infeksi bakteri antraks, hepatitis dan leptospirosis. Penularannya pun sederhana dari daging anjing menuju tubuh manusia.

6. Makan daging anjing mentah atau kurang makan juga bisa mengakibatkan radang pada pembuluh darah

7 Dampak Buruk Makan Daging Anjing yang Akan Bikin Kamu Berpikir Ulangpets4homes.co.uk

Dampak buruk memakan daging anjing mentah atau kurang matang adalah kontaminasi parasit trichinella. Parasit ini menyebabkan manusia mengidap trichinosis sehingga menyebabkan radang pada pembuluh darah. Akibatnya, manusia akan kesulitan mengoordinasikan gerakan tubuh, masalah jantung, pernapasan, hingga meninggal dunia.

7. Anjing liar juga gak higienis dan menyimpan banyak bakteri, kuman, dan virus

7 Dampak Buruk Makan Daging Anjing yang Akan Bikin Kamu Berpikir Ulangyourriverbridgevet.com

Satu hal lagi, kamu perlu mengingat bahwa anjing liar gak selamanya higienis karena mengandung bakteri, kuman, dan virus. Sekalipun anjing telah diberi antibiotik, jika tetap dikonsumsi tubuh akan menjadi resistan terdapat efek antibiotik.

Gak bisa disangkal kalau tradisi makan daging anjing masih sering terjadi. Untuk itu, kamu bisa membantu mendukung kampanye menolak memakan daging anjing. Salah satu caranya dengan menandatangani petisi yang dilayangkan oleh dogfreemeatindonesia.org.

Baca Juga: Apa Saja yang Terjadi Pada Tubuhmu Kalau Gak Makan Sayur dan Buah?

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You