Comscore Tracker

Perjalanan Panjang 8 Fakta Sejarah Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia

Yuk, dukung kampanye antinarkoba

Millennials dan Gen-Z perlu tahu sejarah penyalahgunaan narkoba di Indonesia. Di Indonesia dikenal istilah narkoba, yang merupakan singkatan dari narkotika dan obat berbahaya. Kementerian Kesehatan RI sendiri memiliki singkatan sendiri, yaitu napza yang berarti narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Namun, pada intinya keduanya serupa.

Lantas, bagaimana caranya narkoba berkembang di Indonesia? Dilansir dari Badan Narkotika Nasional RI, berikut di antaranya.

1. Penggunaan narkoba di Indonesia dikenal sebelum Perang Dunia II

Perjalanan Panjang 8 Fakta Sejarah Penyalahgunaan Narkoba di Indonesiaorangebeanindiana.com

Indonesia mengenal penggunaan obat-obatan jenis opium sebelum Perang Dunia II, tepatnya pada zaman penjajahan Belanda. Adapun, pemakai candu tersebut sebagian besar adalah orang-orang China.

2. Uniknya, pemerintah Belanda memberikan izin legal dengan diadakannya undang-undang

Perjalanan Panjang 8 Fakta Sejarah Penyalahgunaan Narkoba di Indonesiaind45-50.org

Pemerintah Belanda mengizinkan tempat-tempat tertentu untuk mengisap candu. Tak hanya itu, pengadaan candu pun dilegalkan dengan undang-undang. Awalnya, orang-orang China menggunakan candu dengan cara tradisional, yaitu menggunakan pipa panjang.

3. Ganja banyak tumbuh di Aceh dan daerah Sumatera dan dipakai untuk bahan ramuan sehari-hari

Perjalanan Panjang 8 Fakta Sejarah Penyalahgunaan Narkoba di Indonesialiwts.org

Ganja (Cannabis sativa) telah lama digunakan oleh penduduk Aceh dan di daerah Sumatra yang lain. Tak hanya itu, kokain (Erythroxylon coca) juga banyak tumbuh di daerah-daerah di Jawa Timur. Adapun, sebagian besar banyak diekspor. Namun, kemudian pemerintah Belanda mulai membuat undang-undang Verdovende Middelen Ordonantie dan mulai berlaku pada 1927.

4. Kemudian, semua berubah saat pemerintah Jepang mulai mengambil alih

Perjalanan Panjang 8 Fakta Sejarah Penyalahgunaan Narkoba di Indonesiadcstamps.com

Setelah tiba di Indonesia, pemerintahan pendudukan Jepang mulai menghapus undang-undang tersebut dan melarang penggunaan candu.

Baca Juga: Apa yang Terjadi pada Reformasi 21 Mei 1998? Ini 10 Fakta Sejarahnya!

5. Setelah kemerdekaan, pemerintah Republik Indonesia mulai membuat undang-undang baru

Perjalanan Panjang 8 Fakta Sejarah Penyalahgunaan Narkoba di IndonesiaFrans Mendur/Perpustakaan Nasional Indonesia

Undang-undang tersebut mengatur tentang produksi, penggunaan, dan distribusi obat-obatan berbahaya. Wewenang tersebut diberikan kepada Menteri Kesehatan untuk mengatur undang-undang tersebut.

6. Narkotika menjadi masalah global pada 1970

Perjalanan Panjang 8 Fakta Sejarah Penyalahgunaan Narkoba di Indonesiapastdaily.com

Penyalahgunaan narkotika sangat meningkat dan memakan banyak korban, terutama anak muda pada 1970. Berawal dari masalah anak-anak muda di Amerika Serikat, kemudian mulai berpengaruh ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

7. Menanggapi fenomena tersebut, presiden RI mengeluarkan instruksi No. 6 tahun 1971 dengan membentuk badan koordinasi bernama BAKOLAK INPRES 6/71

Perjalanan Panjang 8 Fakta Sejarah Penyalahgunaan Narkoba di Indonesiasaga.co.uk

Badan tersebut menanggulangi setiap bentuk yang mengancam keamanan negara, seperti narkotika, penyelundupan, pemalsuan uang, kenakalan remaja, dan pengawasan terhadap orang asing.

8. Kemudian, pemerintah RI mengeluarkan Undang-undang No. 9 tahun 1967 tentang narkotika

Perjalanan Panjang 8 Fakta Sejarah Penyalahgunaan Narkoba di Indonesiaverywellhealth.com

Undang-undang tersebut mengatur penyelundupan gelap. Selain itu, undang-undang tersebut juga menyebutkan peran khusus dokter serta rumah sakit sesuai dengan petunjuk menteri kesehatan.

Dengan semakin merebaknya penyalahgunaan narkoba di Indonesia, UU Antinarkotika pun mulai direvisi sehingga disusunlah UU Antinarkotika nomor 22/1997 dan menyusul UU Psikotropika nomor 5/1997. Undang-undang tersebut mulai memberlakukan pidana terhadap pelaku kejahatan narkotika dengan sanksi berupa hukuman mati.

Itu tadi sejarah singkat tentang perkembangan narkoba di Indonesia. Kita sebagai Millennials dan Gen-Z, ayo dukung pemerintah dengan mendukung kampanye antinarkotika! Jangan sampai narkoba merusak generasi muda Indonesia.

Baca Juga: Kenali 6 Periode Sejarah Musik yang Menarik, Selamat Hari Perayaannya!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You