Comscore Tracker

Waspadai 7 Macam Bau Berbahaya yang Biasa Kamu Cium di Rumah Ini!

Begitu tercium, jangan kamu abaikan

Apa kamu pernah mencium bau amis, padahal gak sedang masak ikan? Atau mungkin kamu mencium bau apak, tapi entah ada di mana?

Kamu harus waspada karena itu bisa jadi berbahaya. Lantas, bau-bauan apa saja yang berbahaya jika muncul di rumahmu? Dilansir dari Bottom Line Inc., berikut di antaranya!

1. Bau amis, tapi bukan ikan

Waspadai 7 Macam Bau Berbahaya yang Biasa Kamu Cium di Rumah Ini!laudablebits.com

Kadang bau ini pun tercium seperti air seni atau karet terbakar. Jika menciumnya, bisa jadi ada peralatan listrik di rumah yang terlalu panas sehingga melelehkan plastik atau karet perekatnya. Jika dibiarkan, ini bisa menyebabkan kebakaran. Biasanya, kamu akan menemukannya di mesin cuci atau pendingin udara.

Paling gampang bisa kamu endus dan mencari sumber baunya. Coba cek juga sakelar di dinding atau kabel listrikmu. Segera matikan sumber listrik jika itu terjadi dan hubungi profesional.

2. Bau amonia atau bau bangkai

Waspadai 7 Macam Bau Berbahaya yang Biasa Kamu Cium di Rumah Ini!joelsartore.com

Biasanya ini berasal dari bangkai tikus atau hewan kecil lainnya. Biasanya mereka mati di dalam rumah sehingga kamu bisa menciumnya. Coba cari sumber bau sampai dapat. Kadang memang sulit untuk menemukannya.

Untuk itu, coba cari di sela-sela dinding atau langit-langit kalau perlu. Untuk mencegah bau datang kembali, kamu bisa menutup lubang-lubang yang kemungkinan jadi jalan hewan-hewan kecil masuk rumah.

3. Bau basah dan apak

Waspadai 7 Macam Bau Berbahaya yang Biasa Kamu Cium di Rumah Ini!kidskunst.info

Bau ini biasanya berasal dari jamur. Jangan sepelekan, kamu perlu mengatasinya jika berkepanjangan. Kamu bisa menggunakan hygrometer digital atau temperatur ruangan, yang bisa dibeli mulai dari harga Rp50 ribu.

Baca Juga: Ini 8 Tanda Hiperosmia, Penyebab Kamu Sensitif Banget Terhadap Bau 

Sementara, untuk menghilangkannya, kamu bisa gunakan semprotan antimikroba pada karpet, gorden, dan furnitur lain yang berlapis kain. Selain itu, coba cari area rumah yang bocor oleh air. Cek juga lemari es yang mungkin basah karena jarang dibersihkan.

4. Bau bahan kimia dari furnitur baru, cat, atau karpet

Waspadai 7 Macam Bau Berbahaya yang Biasa Kamu Cium di Rumah Ini!Pexels/rawpixel.com

Bau-bauan ini berbahaya bagi tubuh jika dihirup terus-menerus. Cara termudah untuk menghilangkannya adalah dengan membiarkan benda-benda tersebut di ruang terbuka selama satu jam atau bahkan semalaman, sebelum kamu masukkan ke dalam rumah. Kalau perlu, nyalakan kipas angin atau sirkulasi udara untuk menghilangkan baunya.

5. Bau limbah seperti selokan

Waspadai 7 Macam Bau Berbahaya yang Biasa Kamu Cium di Rumah Ini!unsplash.com/Jim DiGritz

Biasanya, bau ini muncul dari pembuangan toilet, wastafel, bak mandi, atau pancuran air. Kamu bisa membersihkannya dengan air mengalir dan sikat pembersih.

Untuk hasil maksimal, kamu bisa menggunakan air hangat atau pemutih. Bisa juga dengan menambahkan cairan pembersih untuk menghilangkan baunya.

6. Bau telur busuk dari gas bocor

Waspadai 7 Macam Bau Berbahaya yang Biasa Kamu Cium di Rumah Ini!ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Bau ini sangat berbahaya kalau dibiarkan. Coba cium tabung gasmu. Jika tercium bau, coba keluarkan dari ruangan. Segera hubungi profesional untuk mendapatkan penanganan terbaik.

7. Bau telur busuk pun bisa dari air panasmu

Waspadai 7 Macam Bau Berbahaya yang Biasa Kamu Cium di Rumah Ini!thespruce.com

Selain gas, bau telur busuk juga bisa muncul dari air panas yang mengalir ke bak mandimu. Kemungkinan, ada sejumlah belerang yang terkandung dalam air panasmu. Untuk mengatasinya, kamu bisa menghubungi tukang ledeng.

Itu tadi bau-bauan berbahaya yang mungkin biasa kamu temukan (dan dianggap biasa saja) di rumah. Jangan dibiarkan ya, apalagi jika sudah berlangsung lama. Segera ambil tindakan. Kalau kesulitan, kamu bisa menghubungi profesional kok.

Baca Juga: Apakah Air Kencing Berbau Manis Itu Normal? 7 Hal Inilah Penyebabnya 

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You