Comscore Tracker

7 Teh Paling Menyehatkan untuk Kesehatan Tubuh Kamu, Ini Urutannya

Pencinta teh wajib tahu, nih!

Mungkin kamu sering dengar kalau teh punya banyak manfaat untuk kesehatan. Nyatanya, dilansir dari laman Cup and Leaf, beberapa teh menunjukkan manfaat untuk mencegah penyakit neurologis, seperti Alzheimer dan Parkinson. Selain itu teh juga baik untuk sistem pencernaan, membuat relaks, dan mencegah penyakit jantung.

Teh sendiri dibagi menjadi dua, yakni teh asli dan teh herbal. Teh asli berasal dari tanaman Camellia sinensis. Sementara, teh herbal berasal dari beragam bunga, akar, dan rempah-rempah. Lantas, teh apa yang paling menyehatkan? Berikut daftar teh yang paling menyehatkan paling tubuh dilihat dari manfaatnya. Yuk, pilih!

1. Teh hijau, meningkatkan fungsi otak dan memerangi kanker

7 Teh Paling Menyehatkan untuk Kesehatan Tubuh Kamu, Ini Urutannyahealthywomen.org

Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) sebagai antioksidan konsentrasi tinggi. Antioksidan ini melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Dilansir dari jurnal National Center for Biotechnology Information (NCBI), para ilmuwan menyimpulkan bahwa teh hijau adalah teh terbaik untuk pencegahan kanker. EGCG hadir dalam teh hijau ini menghentikan reproduksi sel kanker dan bahkan membunuh sel kanker yang ada.

Antioksidan teh hijau juga mencegah stres oksidatif di otak, yang dapat menyebabkan demensia dan gangguan kognitif. EGCG dalam teh hijau membantu meningkatkan aktivitas otak dan daya ingat. Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi empat hingga lima cangkir teh hijau untuk mendapatkan manfaat kesehatan ini.

2. Teh hitam, menurunkan kolesterol dan memperbaiki kesehatan jantung secara keseluruhan

7 Teh Paling Menyehatkan untuk Kesehatan Tubuh Kamu, Ini Urutannyalifehack.org

Teh hitam memiliki kandungan antioksidan dan theaflavin yang membantu melindungi kesehatan jantung. Teh hitam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang dikenal sebagai kolesterol low-density lipoprotein (LDL).

Teh ini dapat mencegah penyakit kardiovaskular dengan meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Para ahli merekomendasikan minum tiga cangkir atau lebih teh hitam per hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan ini.

3. Teh oolong, menurunkan berat badan

7 Teh Paling Menyehatkan untuk Kesehatan Tubuh Kamu, Ini Urutannyaathirstfortea.com

Teh oolong dapat membantu menurunkan berat badan berkat kandungan polifenol dan kafeinnya. Itu karena kafein menginduksi efek adrenalin, yang mempercepat metabolisme dan menghasilkan pembakaran lemak.

Dilansir dari jurnal NCBI, sebanyak 70 persen partisipan kehilangan lebih 1 kg lemak setelah mengonsumsi teh oolong setiap hari selama enam minggu. Para peneliti percaya polifenol baik untuk sistem pencernaan sehingga memungkinkan tubuh untuk membakar lemak lebih cepat. Konsumsi 8 gram teh oolong setiap hari bisa membantu mengurangi berat badanmu.

Baca Juga: 10 Fakta Air Zamzam, Ini Kandungannya yang Baik untuk Kesehatan Kamu

4. Teh putih, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

7 Teh Paling Menyehatkan untuk Kesehatan Tubuh Kamu, Ini Urutannyamandalatea.com

Teh putih dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat oksidasi. Teh putih kaya antioksidan juga berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini, seperti keriput. Selain itu, teh putih bersifat antiinflamasi yang membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh penyakit kulit seperti eksim atau ketombe.

5. Teh kamomil, menghilangkan stres dan meningkatkan kualitas tidur

7 Teh Paling Menyehatkan untuk Kesehatan Tubuh Kamu, Ini Urutannyahealthline.com

Teh kamomil sangat terkenal karena membantu merangsang tidur. Senyawa kimia dalam teh kamomil berfungsi mengurangi hormon stres kortisol. Teh kamomil juga meningkatkan serotonin dan melatonin, dua hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur suasana hati dan tidur. Antioksidan dalam teh kamomil juga berfungsi untuk melancarkan pembuluh darah sehingga mengurangi sakit kepala dan migrain.

6. Teh pepermin, mengurangi sembelit dan diare

7 Teh Paling Menyehatkan untuk Kesehatan Tubuh Kamu, Ini Urutannyahealthline.com

Teh pepermin mengandung mentol yang meningkatkan produksi empedu di perut sehingga memungkinkan sistem pencernaan memecah makanan lebih efisien. Hal itu akan mengurangi kemungkinan diare dan sembelit. Teh pepermin juga dapat mengurangi kembung dan gas yang tak nyaman. Minum secangkir teh pepermin setelah setiap kali makan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Pepermin juga mengandung sifat antibakteri yang membunuh bakteri penyebab bau mulut. Untuk mengatasi bau mulut, minumlah satu cangkir teh pepermin di pagi hari atau setelah makan.

7. Teh masala chai, menurunkan gula darah

7 Teh Paling Menyehatkan untuk Kesehatan Tubuh Kamu, Ini Urutannyaepicurious.com

Masala chai mengandung senyawa kimia yang dapat membantu menurunkan gula darah. Kayu manis dan jahe dalam masala chai telah terbukti mengurangi resistensi insulin. Itu berarti tubuhmu bisa dengan mudah memproses gula dari darah dan masuk ke dalam sel-sel yang paling dibutuhkan.

Itu tadi tujuh teh paling menyehatkan yang bisa kamu konsumsi. Apakah kamu sudah mencoba semuanya? Mana dari teh di atas yang paling kamu suka? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Waspadai 7 Masalah Kesehatan yang Muncul ketika Makan Makanan Pedas

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya