Comscore Tracker

Benarkah Mandi Malam Bikin "Masuk Angin"? Ini Cara Mencegahnya, Guys!

Wajib baca buat kamu yang ragu-ragu!

Sejak kecil, kita selalu diajarkan untuk mandi dua kali sehari. Biasanya, saat pagi dan sore hari. Apalagi kita hidup di negara tropis yang membuat kita mudah berkeringat. Namun, beranjak dewasa, kesibukanmu akan bertambah.

Mungkin kamu baru bisa pulang saat malam. Badan yang lengket dan penuh keringat mungkin membuatmu ingin mandi, tapi bikin masuk angin gak ya? Buat kamu yang masih ragu-ragu, berikut ulasannya.

1. Penyebab masuk angin disebabkan hujan-hujanan, terlalu lama di ruangan AC, cuaca dingin dan pergantian musim

Benarkah Mandi Malam Bikin Masuk Angin? Ini Cara Mencegahnya, Guys!menshealth.co.uk

Sebenarnya, dunia kedokteran gak mengenal istilah “masuk angin”. Masuk angin sendiri memiliki gejala yang mirip dengan influenza. Penyebabnya adalah gas di dalam tubuh yang gak merata yang membuat badan menggigil, kedinginan, cegukan, perut kembung, pilek, demam dan lain-lain. 

2. Suhu tubuh yang masih panas setelah beraktivitas lalu terkena air dingin yang membuatmu masuk angin

Benarkah Mandi Malam Bikin Masuk Angin? Ini Cara Mencegahnya, Guys!unsplash.com

Aktivitas tubuh seharian, terlebih setelah perjalanan pulang kampus atau kantor membuat suhu tubuhmu meningkat. Ketika kamu langsung mandi, suhu air yang dingin akan membuat pembuluh darahmu menyempit.

Akhirnya, aliran darah yang berisi oksigen jadi gak lancar dan membuatmu mudah sakit. Gejalanya pun beragam, mulai dari pusing, demam, sakit kepala, meriang dan masuk angin. 

Baca Juga: Ini 8 Tanda Hiperosmia, Penyebab Kamu Sensitif Banget Terhadap Bau 

3. Untuk mencegahnya, biarkan suhu tubuhmu menurun dan kembali normal baru mandi

Benarkah Mandi Malam Bikin Masuk Angin? Ini Cara Mencegahnya, Guys!pexels.com/Afta Putta Gunawan

Caranya sederhana, kamu hanya perlu beristirahat sejenak. Kamu bisa duduk atau rebahan setelah perjalanan pulang yang membuat suhu tubuhmu meningkat.

Jangan buru-buru, apalagi langsung pergi ke kamar mandi. Kamu bisa melakukan hal lain, seperti menyiapkan makan malam atau nonton TV. 

4. Bisa juga dengan mandi air hangat

Benarkah Mandi Malam Bikin Masuk Angin? Ini Cara Mencegahnya, Guys!Pexels/bruce mars

Jika kamu sudah gak betah dengan rasa lengket dan keringat tubuhmu yang terus bercucuran, gak ada salahnya kamu mandi dengan air hangat. Dengan begitu, badanmu gak akan kaget.

Selain itu, air hangat juga bagus untuk merelaksasi otot-otot tubuhmu yang menegang setelah seharian beraktivitas. Mandi air hangat juga bagus untuk membuat tidurmu lebih nyenyak dan berkualitas. Dengan begitu, kamu akan lebih bersemangat untuk beraktivitas keesokan harinya.

5. Jadi pada dasarnya, gak ada batasan waktu buat kamu mandi

Benarkah Mandi Malam Bikin Masuk Angin? Ini Cara Mencegahnya, Guys!unsplash.com/Timothy Dykes

Dari penjelasan di atas, kamu sudah gak perlu lagi khawatir kalau mau mandi malam-malam. Buat kamu yang suka tidur dalam keadaan masih berkeringat dan kotor jangan dibiasakan ya. Bisa-bisa kamu kena penyakit kulit dan jerawatan.

Namun, kalau kamu bisa pulang sore, lebih baik kamu mandi jam segitu. Dengan begitu, kamu gak perlu khawatir bakal kena masuk angin. Hindari juga mandi setelah makan karena pada saat itu suhu tubuhmu juga meningkat. Ayo rajin mandi!

Baca Juga: Berapa Lama Kamu Aman Gak Mandi? Berikut Penjelasan dari Para Ahli!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya