Comscore Tracker

7 Penyakit yang Paling Sering Muncul saat Puasa, Yuk Waspada! 

Mana yang pernah kamu alami?

Puasa memang membuat badan makin sehat. Hanya saja, jika puasa tak dipersiapkan dengan baik, bisa-bisa mendatangkan penyakit-penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Berikut beberapa penyakit dan masalah kesehatan yang paling sering muncul saat puasa dan harus kamu waspadai.

1. Bau mulut yang kurang sedap selama puasa akibat jumlah air liur berkurang

7 Penyakit yang Paling Sering Muncul saat Puasa, Yuk Waspada! justnow24.net

Bau mulut terjadi akibat kurangnya cairan selama berpuasa sehingga jumlah air liur berkurang. Hal itu pun menyebabkan sisa makanan dan sel-sel mati menumpuk di dalam mulut. Cara mengatasinya sederhana. Kamu perlu lebih rutin menyikat gigi, terutama setelah sahur dan berbuka puasa. Selain itu, perhatikan juga makananmu. Hindari makanan yang memicu bau tak sedap, seperti makanan pedas, manis, dan mengandung bawang.

2. Dehidrasi akibat kurangnya cairan tubuh saat berpuasa

7 Penyakit yang Paling Sering Muncul saat Puasa, Yuk Waspada! healthxchange.sg

Meski berpuasa, jangan kurangi asupan minum harianmu. Rata-rata, manusia membutuhkan delapan gelas air per hari. Dehidrasi sendiri bisa menyebabkan mulut kering, pusing, mual, dan kelelahan.
Kamu hanya perlu mengakalinya dengan minum di waktu tidak berpuasa, mulai dari berbuka puasa hingga sahur. Selain itu, hindari juga makanan pedas, asin, dan minuman berkafein.

3. Pusing akibat rasa lapar, dehidrasi, dan jam tidur yang kurang

7 Penyakit yang Paling Sering Muncul saat Puasa, Yuk Waspada! pakistantribe.com

Ada banyak penyebab pusing saat berpuasa. Itu sebabnya, ada banyak pencegahan dan penanganannya. Usahakan cukupi asupan makan dan minum harianmu. Selain itu, hindari terik matahari langsung dan melakukan pekerjaan yang terlalu menguras energi. Jika sakit kepala terasa mengganggu, kamu bisa berobat ke dokter atau mengonsumsi obat sakit kepala.

Baca Juga: 9 Perawatan Gigi Saat Puasa di Bulan Ramadan yang Dibolehkan dan Tidak

4. Sembelit akibat kekurangan asupan air selama berpuasa

7 Penyakit yang Paling Sering Muncul saat Puasa, Yuk Waspada! youtube.com/Maharishi AyurVeda UK

Hal itu menyebabkan fesesmu menjadi padat di usus besar dan sulit keluar. Selain kurangnya cairan, sembelit juga bisa disebabkan kurangnya konsumsi serat harian. Untuk itu penuhi asupan makan dan minummu. Selain itu, jaga tubuh agar tetap aktif setiap harinya, ya.

5. Gula darah rendah (hipoglikemia) akibat kekurangan gula sebagai sumber energi

7 Penyakit yang Paling Sering Muncul saat Puasa, Yuk Waspada! sepalika.com

Hal ini memang tak berbahaya bagi orang awam. Hanya saja, hipoglikemia bisa berakibat fatal pada penderita diabetes. Hipoglikemia sangat mengganggu karena membuat pandanganmu berkunang-kunang, berkeringat, dan tubuh gemetaran. Jika dibiarkan, seseorang bisa pingsan hingga koma. Untuk itu, cukupkan kebutuhan gula harian saat berbuka puasa dan sahur.

6. Asam lambung naik akibat perut kosong seharian

7 Penyakit yang Paling Sering Muncul saat Puasa, Yuk Waspada! medicalnewstoday.com

Selain kurangnya asupan makanan, asam lambung biasanya terjadi untuk orang-orang yang melewatkan sahur. Selain itu, bisa juga karena makanan berlebihan saat berbuka atau kebiasaan tidur setelah sahur. Asam lambung yang naik bisa dicegah dengan makan sedikit demi sedikit.

7. Diare akibat makan makanan sembarangan

7 Penyakit yang Paling Sering Muncul saat Puasa, Yuk Waspada! healthytravelblog.com

Ngabuburit untuk mencari takjil memang menyenangkan. Namun, perhatikan juga kebersihan dari takjil yang kamu beli, ya. Pastikan makanan yang kamu beli tertutup sehingga terhindar dari paparan debu dan lalat.

Itulah tadi beberapa gangguan kesehatan dan penyakit yang sering muncul saat orang berpuasa. Jika terasa mengganggu, segera konsultasikan pada dokter, ya. Orang sakit juga diberikan keringanan untuk tak puasa, lho.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Yudha
  • Ernia Karina

Just For You