Comscore Tracker

7 Penyebab Mata Merah saat Memakai Lensa Kontak, Pernah Mengalami? 

Jangan main-main dengan lensa kontak

Buat kamu yang gak suka pakai kacamata, lensa kontak bisa jadi alternatif terbaik. Selain pemasangan yang mudah, kamu bisa leluasa menggunakannya. Hanya saja, pemakaiannya gak boleh sembarangan, lho. Bisa-bisa matamu merah karena iritasi.

Lantas, hal apa saja sih yang perlu diwaspadai jika matamu memerah karena lensa kontak? Dilansir dari Very Well Health, berikut di antaranya!

1. Tanda-tanda alergi mata

7 Penyebab Mata Merah saat Memakai Lensa Kontak, Pernah Mengalami? we-care.co.za

Biasanya, mata merah akibat penggunaan lensa kontak adalah matamu yang alergi. Kamu akan merasa gatal hingga keluar air mata. Jika kamu memiliki alergi mata, sebaiknya pikirkan lagi untuk pakai lensa kontak, ya.

2. Kualitas lensa kontak yang buruk

7 Penyebab Mata Merah saat Memakai Lensa Kontak, Pernah Mengalami? rd.com

Jangan asal membeli lensa kontak. Meski murah, perhatikan juga kualitasnya, ya. Kualitas lensa kontak yang buruk bisa menyebabkan mata merah. Selain itu, perhatikan juga ukuran lensa kontakmu. Bisa jadi matamu merah karena lensa kontakmu gak pas.

3. Alergi terhadap cairan pembersih lensa kontak

7 Penyebab Mata Merah saat Memakai Lensa Kontak, Pernah Mengalami? softlensqueen.com

Tak hanya lensa kontak, perhatikan juga cairan pembersih yang kamu beli. Lihat juga tanggal kedaluwarsanya. Meski masih banyak, kalau sudah kedaluwarsa, sebaiknya buang, ya. Lihat juga kandungan cairan pembersih yang kamu beli. Siapa tahu terdapat kandungan zat kimia berbahaya.

Baca Juga: 9 Fakta Menakjubkan tentang Air Mata, Hewan pun Ada Alasannya Menangis

4. Mata kering karena terlalu lama menggunakan lensa kontak

7 Penyebab Mata Merah saat Memakai Lensa Kontak, Pernah Mengalami? trendmut.com

Mata yang merah bisa juga karena kamu memakainya terlalu lama. Itu karena lensa kontak pun menyerap cairan yang ada di matamu. Untuk itu, jangan lupa selalu bawa cairan lensa kontak ke mana-mana, ya.

5. Tidur dengan lensa kontak

7 Penyebab Mata Merah saat Memakai Lensa Kontak, Pernah Mengalami? pexels.com/pixabay

Jangan biasakan istirahat lama atau tertidur dengan lensa kontak. Hal ini membuat bakteri menumpuk, sehingga saat terbangun matamu akan memerah.

6. Giant Papillary Conjunctivitis (GPC)

7 Penyebab Mata Merah saat Memakai Lensa Kontak, Pernah Mengalami? precisionfamilyeyecare.com

Gejala ini ditandai dengan benjolan kecil di dalam kelopak mata disertai dengan lendir. Selain itu, kamu akan merasa matamu memerah, sangat gatal, dan sensitif terhadap cahaya. Biasanya penggunaan lensa kontak yang salah menyebabkan gejala-gejala tersebut.

7. Ulkus kornea

7 Penyebab Mata Merah saat Memakai Lensa Kontak, Pernah Mengalami? moyeseye.com

Gangguan mata ini terjadi saat terdapat luka di kornea akibat infeksi atau penggunaan lensa kontak yang terlalu lama. Jika hal ini terjadi, berkonsultasilah kepada dokter.

Jika kamu merasakan ada gangguan mata saat memakai lensa kontak, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata, ya. Jangan sampai terlambat, nanti menyesal.

Baca Juga: 7 Alasan Matamu Sangat Sensitif terhadap Cahaya, Terasa Silau Banget!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya