Comscore Tracker

7 Penyebab Mengejutkan Sesak Napas, padahal Kamu Gak Ada Riwayat Asma

Jangan tunda untuk berobat, sebelum terlambat

Pernah mengalami sesak napas, padahal gak punya riwayat asma? Nyatanya, ada beberapa masalah kesehatan yang sepintas gak berkaitan dengan kesulitan bernapas lho. Dilansir dari WebMD, berikut di antaranya.

1. Anemia, gak hanya bikin kamu merasa lemah, lelah dan pusing, anemia pun bisa membuatmu sesak napas dan nyeri dada

7 Penyebab Mengejutkan Sesak Napas, padahal Kamu Gak Ada Riwayat Asmabp-guide.id

Anemia disebabkan oleh kurangnya zat besi yang terkandung dalam sel darah merah untuk membantu membawa oksigen ke seluruh tubuhmu. Untuk mengobatinya, kamu perlu mengonsumsi makanan kaya akan zat besi, seperti daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan sayuran berdaun gelap.

Bisa juga dengan mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin C. Itu berguna agar tubuhmu mudah menyerap zat besi.

2. Kegelisahan juga bisa membuatmu berkeringat, nyeri dada, sesak napas bahkan pingsan

7 Penyebab Mengejutkan Sesak Napas, padahal Kamu Gak Ada Riwayat Asmaunsplash.com/@riccardomion

Itu karena saat stres dan khawatir, otot-otot yang membantumu untuk bernapas akan menegang. Dengan begitu, kamu akan bernapas lebih cepat dari biasanya. Saat seperti itu, kamu bisa merasa kekurangan udara. Hal itu pun membuatmu panik dan sesak napas.

Adapun, salah satu cara efektifnya dengan menenangkan diri dan duduk tenang. Bisa juga dengan berbaring dan merelakskan bahu. Cobalah untuk menarik napas selama empat detik melalui hidung, lalu embuskan selama delapan detik melalui bibir yang dikerucutkan. Perlahan-lahan, kamu bisa bernapas dengan normal.

3. Alergi, bisa menyebabkan batuk, bersin dan sesak napas yang berlangsung beberapa menit bahkan dalam hitungan hari

7 Penyebab Mengejutkan Sesak Napas, padahal Kamu Gak Ada Riwayat Asmaentclinicsofsa.com

Ketahuilah apa yang bisa membuatmu alergi, contohnya serbuk sari, jamur atau alergen lain. Alergi bisa mengiritasi saluran udara di paru-parumu. Bahkan orang dengan riwayat asma bisa kambuh jika terpapar alergi.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kita Bisa melihat Napas Sendiri Ketika Udara Dingin

Kamu bisa menggunakan alat bantu pernapasan seperti inhaler untuk mengurangi pembengkakan di saluran udara. Mintalah resep dokter untuk mendapatkan obat-obatan yang bisa meredakan pemicu alergimu.

4. Infeksi bisa menyebabkan demam, kedinginan, mual, muntah, diare, nyeri dada dan sesak napas

7 Penyebab Mengejutkan Sesak Napas, padahal Kamu Gak Ada Riwayat Asmax-rss.com

Gak jarang infeksi juga bisa membuatmu mengeluarkan lendir kental saat batuk. Infeksi biasanya menjangkitimu melalui hidung dan mulut (pneumonia). Ini bisa terjadi saat sistem kekebalan tubuhmu melemah. Pecandu rokok pun lebih rentan mengalaminya. Infeksi dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotik. Untuk itu, berkonsultasilah pada dokter ya.

5. Cacing tambang, menyebabkan sakit perut, diare, penurunan berat badan, rasa lelah, lelah dan sesak napas

7 Penyebab Mengejutkan Sesak Napas, padahal Kamu Gak Ada Riwayat Asmaflickr.com/MCarlin99

Cacing tambang dapat menjangkitimu melalui tanah, minuman atau makanan yang mengandung telur cacing tambang. Saat memasuki tubuhmu, cacing tambang akan tumbuh di usus dan memakan darahmu. Itu sebabnya, kamu bisa kekurangan sel darah merah. Adapun, kamu bisa menyembuhkannya dengan obat penghilang cacing yang diresepkan dokter.

6. Masalah sistem kekebalan tubuh atau gangguan autoimun (Myasthenia gravis)

7 Penyebab Mengejutkan Sesak Napas, padahal Kamu Gak Ada Riwayat Asmakhoe24h.vn

Masalah ini membuat otot-otot tubuhmu melemah. Saat mengalaminya, kamu akan merasa susah bicara, menelan, tersenyum, lelah dan lemah pada lengan dan kakimu. Gejala ini bisa hilang dengan sendirinya, namun sebagian orang memerlukan obat untuk membuat saraf dan otot mereka kembali berfungsi seperti sedia kala.

7. Kanker, bisa menyebabkan batuk, demam, dada terasa berat dan sesak napas

7 Penyebab Mengejutkan Sesak Napas, padahal Kamu Gak Ada Riwayat Asmamedicalnewstoday.com

Beberapa jenis kanker bisa membuat ruang antara paru-paru dan dadamu terisi oleh cairan. Hal ini bisa membuatmu merasa sakit saat menarik napas. Adapun, kamu bisa menanganinya dengan berkonsultasi ke dokter. Dokter akan berusaha mengeluarkan cairan ini sesuai prosedur yang berlaku.

Ternyata, memang gak hanya asma saja yang menyebabkanmu merasa sesak napas. Jika kamu mengalaminya dan merasa terganggu, jangan sungkan untuk berobat ke dokter ya!

Baca Juga: Harus Tahu, Ini 10 Pertolongan Pertama untuk Penderita Sesak Napas!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You