Comscore Tracker

5 Fakta Punya Hewan Peliharaan Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mentalmu

Kalau belum punya dan siap pelihara, yuk adopsi!

Buat sebagian orang, punya binatang peliharaan adalah suatu kebahagiaan tersendiri. Nyatanya, gak cuma bikin bahagia, binatang peliharaan juga punya manfaat kesehatan untuk fisik dan juga mentalmu lho. Ada apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasan berikut.

1. Menurunkan risiko terkena penyakit

5 Fakta Punya Hewan Peliharaan Baik untuk Kesehatan Fisik dan MentalmuPhoto by Lucija Ros on Unsplash

Dilansir dari Centers of Disease Control and Prevention, binatang peliharaan bisa menurunkan tingkat kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah. Dengan begitu, risiko terkena penyakit berbahaya akan semakin menurun. Meski begitu, kamu pun juga perlu awas dengan kesehatan binatangmu. Kamu bisa menemui dokter hewan untuk berkonsultasi.

2. Mengurangi perasaan kesepian

5 Fakta Punya Hewan Peliharaan Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mentalmuunsplash.com/Sarah Diniz Outeiro

Memelihara binatang baik untukmu, terutama jika kamu tinggal sendirian. Dengan begitu akan ada sosok yang akan terus menemanimu saat sedang di rumah. Perlakukan ia sebaik kamu memperlakukan dirimu sendiri. Jika kamu menyayanginya, ia akan menyayangimu juga kok. Kamu gak akan merasa kesepian.

Baca Juga: 10 Kondisi Lidah Ini Tunjukkan Keadaan Kesehatanmu yang Sebenarnya

3. Membuatmu melakukan aktivitas di luar rumah

5 Fakta Punya Hewan Peliharaan Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mentalmuunsplash.com/Matt Nelson

Gak sedikit binatang peliharaan yang perlu dibawa keluar rumah, meski sekadar untuk jalan-jalan. Sebut saja jika kamu punya anjing. Ia pasti akan senang jika kamu mengajaknya jalan-jalan, misalnya keliling perumahan atau di taman. Ajak juga ia untuk kejar-kejaran atau lomba lari. Secara gak langsung kamu juga sudah berolahraga lho.

4. Membuatmu bersosialisasi

5 Fakta Punya Hewan Peliharaan Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mentalmuunsplash.com/Clem Onojeghuo

Akan ada momen kamu perlu orang lain untuk membantumu merawat binatang peliharaanmu atau sekadar meminta info. Dengan kamu menghubungi teman yang punya peliharaan serupa, secara gak langsung kamu telah bersosialisasi. Belum lagi kalau kamu bergabung dengan komunitas pencinta hewan. Pertemananmu akan makin luas. Gak jarang pertemanan berawal dari hobi dan kesenangan yang sama kan?

5. Jadi mood booster

5 Fakta Punya Hewan Peliharaan Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mentalmuunsplash.com/Paul Hanaoka

Tentunya, punya binatang peliharaan akan membuatmu tetap bahagia. Binatang peliharaan adalah makhluk yang akan senantiasa tulus mencintaimu. Tentunya, sebesar cintamu padanya. Hari-harimu akan terus berwarna jika tinggal terus bersama.

Meski begitu, kamu juga harus menjaga binatang peliharaanmu dengan baik, terutama dari segi kesehatan dan kebersihan. Jangan lupa untuk rutin periksa binatang peliharaanmu ke dokter hewan jika menemui masalah ya!

Jadi apa binatang peliharaan kesayanganmu? Apakah kucing, anjing, bebek, ayam, kelinci, atau kura-kura? Yuk bagi di kolom komentar.

Baca Juga: Siapkan Mentalmu, 5 Video Kesehatan Ini Lebih Ngeri dari Film Horor

Topic:

  • Tania
  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You