Comscore Tracker

7 Tindakan Tepat Saat Demam Melanda, Ukur Suhu Tubuh Secara Berkala

Demam jangan dianggap sepele

Demam merupakan cara tubuh untuk melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Peningkatan suhu tubuh mampu membunuh  penyakit agar tidak terjadi penyakit yang lebih serius. Demam bisa datang kapan saja dan pada siapa saja.

Sayangnya, banyak orang menyepelekan demam karena dianggap akan hilang dengan sendirinya. Padahal, demam juga butuh diatasi dengan tepat. Berikut ini adalah langkah sederhana yang bisa kamu lakukan bila terserang demam.

1. Mengukur suhu tubuh secara berkala

7 Tindakan Tepat Saat Demam Melanda, Ukur Suhu Tubuh Secara Berkalahellosehat.com

Rata-rata suhu normal tubuh adalah 36,1 hingga 37,2 derajat Celcius. Angka ini berbeda antara individu yang satu dengan yang lain karena dipengaruhi oleh aktivitas fisik dan lingkungannya saat itu. Pada saat demam, suhu tubuh berada di atas angka tersebut dan bila mencapai 39 derajat Celcius, itu artinya sudah memasuki demam tinggi dan dapat membahayakan. Oleh karena itu, tetap kontrol suhu tubuh dengan melakukan pengukuran setiap 4-5 jam sekali.

2. Jangan gunakan selimut atau pakaian tebal berlebihan. Menyeka keringat pada seluruh tubuh lebih efektif dari pada hanya melakukan kompres di kepala

7 Tindakan Tepat Saat Demam Melanda, Ukur Suhu Tubuh Secara Berkalaunsplash.com/rexpickar

Dulu, mengompres kepala dengan handuk dingin dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh, namun belakangan cara ini dinilai tidak efektif karena hanya akan menurunkan panas pada bagian kepala saja. Sebagai gantinya, silakan menyeka keringat pada permukaan tubuh agar demammu bisa turun. Dan walau rasanya dingin, jangan gunakan selimut atau pakaian tebal secara berlebihan. Keringat tetap butuh jalan keluar agar suhu tubuh bisa turun. 

3. Minum banyak air putih

7 Tindakan Tepat Saat Demam Melanda, Ukur Suhu Tubuh Secara Berkalansplash.com/johnnymcclung

Minum air putih sangat membantu menurunkan panas tubuh. Pada saat demam, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan baik keringat ataupun urine agar suhu tubuh kembali normal. Nah, untuk mengimbanginya, kamu perlu banyak minum air putih.

4.Konsumsi makanan bergizi

7 Tindakan Tepat Saat Demam Melanda, Ukur Suhu Tubuh Secara Berkalaunsplash.com/lecreuset

Ingat, demam adalah cara tubuh melawan penyakit. Kamu tetap butuh makanan bergizi agar tubuh tetap memperoleh sumber energi.

Baca Juga: 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Demam Menyerang, Jangan Panik

5. Konsumsi obat penurun demam sesuai dosis

7 Tindakan Tepat Saat Demam Melanda, Ukur Suhu Tubuh Secara Berkalaunsplash.com/dailynouri

Jangan takut mengonsumsi obat penurun panas. Ikuti aturan penggunaan sesuai dengan dosis yang dianjurkan agar hasilnya optimal. 

6. Beristirahatlah dan gunakan kipas angin atau AC dengan bijak

7 Tindakan Tepat Saat Demam Melanda, Ukur Suhu Tubuh Secara Berkalaunsplash.com/sekibaku

Tidur merupakan cara beristirahat yang paling baik. Pada waktu tidur, penggunaan kipas angin ataupun AC tetap boleh dilakukan asal dengan tidak berlebihan dan tidak diarahkan langsung ke tubuh. Mengarahkan kipas angin atau AC secara langsung hanya akan menutup pori-pori tubuh sehingga keringat tidak bisa keluar dengan baik.

7. Periksakan diri ke dokter bila demam tak kunjung reda atau ada gejala lain yang dirasakan

7 Tindakan Tepat Saat Demam Melanda, Ukur Suhu Tubuh Secara Berkalaunsplash.com/impulsq

Bila demam tak kunjung turun atau ada rasa sakit tak biasa yang kamu rasakan, segeralah periksakan diri ke dokter.

Meskipun sepele, kamu jangan mengabaikan perubahan pada tubuh kamu ya. Sekarang, saat demam melanda kamu gak perlu panik, lakukan tujuh langkah di atas untuk pertolongan pertama.

Baca Juga: Gak Cuma Demam, 4 Hal Ini Bisa Bikin Tubuh Menggigil, Lho!

Vina Anggerina Photo Community Writer Vina Anggerina

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You