Waspada, 5 Penyakit Ini Timbul Akibat Malas Membersihkan Karang Gigi! 

Jaga kebersihan dan ke dokter minimal enam bulan sekali ya

Karang gigi merupakan lapisan keras pada gigi yang berasal dari sisa makanan yang tertinggal di gigi. Karena sudah mengeras, karang gigi tidak bisa dihilangkan hanya dengan sikat gigi biasa melainkan perlu penanganan oleh dokter gigi.

Karang gigi muncul pada garis gusi dan ditandai dengan lapisan kotoran berwarna kuning atau kecokelatan dan sangat sulit dihilangkan walaupun telah disikat berulang kali.

Walau terlihat sepele, karang gigi perlu ditangani karena dapat memicu penyakit lain yang mengganggu kesehatan. Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa timbul akibat karang gigi yang dibiarkan. Simak ya.

1. Bau mulut

Waspada, 5 Penyakit Ini Timbul Akibat Malas Membersihkan Karang Gigi! unsplash.com/frankiefoto

Karena berasal dari sisa-sisa makanan, karang gigi bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Ini karena sisa-sisa makanan mengalami pembusukan oleh bakteri yang memicu timbulnya bau tidak sedap. 

2. Radang gusi (gingivitis)

Waspada, 5 Penyakit Ini Timbul Akibat Malas Membersihkan Karang Gigi! unsplash.com/mirandco

Karang gigi yang muncul pada garis gusi menyebabkan bakteri bersarang pada gusi. Akibatnya, gusi bisa mengalami iritasi dan peradangan.

Adapun gejala peradangan yang terjadi berupa pembengkakan gusi, warna gusi menjadi lebih gelap, nyeri ketika disentuh hingga gusi gampang berdarah.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diketahui Pemilik Gigi Sensitif Biar Gak Tersiksa

3. Gigi goyang hingga tanggal

Waspada, 5 Penyakit Ini Timbul Akibat Malas Membersihkan Karang Gigi! unsplash.com/petekasprzyk

Gingivitis yang dibiarkan saja berpotensi menimbulkan periodontitis. Ini adalah kondisi dimana radang gusi sudah menjalar hingga ke lapisan penyangga gigi sehingga membuat gigi goyang. Gigi yang goyang ini bisa saja tanggal sewaktu-waktu bila tidak ditangani dengan serius.

Selain itu, karang gigi juga akan menyebabkan terjadinya penipisan pada tulang gigi.

4. Penyakit jantung

Waspada, 5 Penyakit Ini Timbul Akibat Malas Membersihkan Karang Gigi! unsplash.com/victoriano

Selain menyebabkan kesehatan pada bagian mulut, siapa sangka ternyata karang gigi juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Pasalnya, bakteri dan mikroorganisme yang hidup dalam gusi bisa masuk ke aliran darah sehingga menyebabkan reaksi peradangan. Kondisi ini kemudian menyebabkan aliran darah terganggu dan berisiko terserang penyakit jantung.

5. Stroke

Waspada, 5 Penyakit Ini Timbul Akibat Malas Membersihkan Karang Gigi! unsplash.com/jessedo81

Bila terus dibiarkan, penyakit jantung bisa menimbulkan penyakit yang lainnya pula yaitu stroke. Stroke bisa terjadi karena terjadi penyumbatan aliran darah pada bagian otak. Duh, serem banget!

Karena bisa menimbulkan bahaya kesehatan, maka jangan malas untuk membersihkan gigi sehingga karang gigi tidak muncul.

Baca Juga: Pakai untuk Berkumur, 5 Bahan Alami Ini Bisa Cegah Sakit Gigi

Vina Anggerina Photo Community Writer Vina Anggerina

an ISFP-T // yuk berteman: @vinaanggerina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You