Comscore Tracker

5 Fakta Penyakit Laringitis Pada Pita Suara, Jangan Anggap Remeh!

Lakukan pencegahan sekarang!

Penyakit laringitis yang terjadi pada pita suara ini paling umum ditandai dengan berubahnya suara menjadi serak atau bahkan hilang sama sekali. Suara serak ini ditimbulkan akibat dari pembengkakan yang terjadi pada laring atau kotak suara, sehingga fungsinya terganggu, banyak faktor yang melatarbelakangi kondisi pembengkakan ini.

Dan ternyata hingga saat ini tak semua orang mengetahui  apa itu laringitis, mengapa suara kita menjadi serak dan bagaimana seharusnya penanganan yang tepat dan sesuai agar kondisi tidak semakin memburuk. Dan berikut ini 5 fakta mengenai penyakit laringitis yang harus kamu tahu.

1. Sangat banyak menyerang dan bersifat sangat umum

5 Fakta Penyakit Laringitis Pada Pita Suara, Jangan Anggap Remeh!virginiaent.com

Laringitis ini merupakan jenis radang atau penyakit dengan cukup banyak penderita, penyakit ini bersifat sangat umum dan sering dialami. Hal ini terjadi karena memang organ laring atau pita suara ini merupakan bagian yang cukup sensitif sehingga mudah mengalami gangguan dan disfungsi, baik yang bersifat ringan ataupun hingga tahap berbahaya.

Laringitis biasanya ditandai dengan suara serak, terasa sensasi pembengkakan pada area pita suara, dan rasa tidak nyaman di tenggorokan.  Dan ini perlu menjadi perhatian semua orang, apalagi para penyanyi, penjual barang, dan mereka yang memang sangat mengandalkan suaranya untuk bekerja.   

2. Sering kali diabaikan

5 Fakta Penyakit Laringitis Pada Pita Suara, Jangan Anggap Remeh!ehealth.eletsonline.com

Laringitis umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan penanganan dan obat-obatan khusus, jangka penyembuhan laringitis ringan biasanya berkisar 1-2 minggu. Ini lah yang menyebabkan orang biasanya cukup acuh pada gejala penyakit ini, padahal pencegahan dan pengobatan yang tepat mutlak harus dilakukan untuk mencegah keadaan semakin memburuk.

Laringitis ini terbagi menjadi dua jenis yaitu laringitis biasa dan laringitis kronis. Laringitis kronis umumnya memerlukan waktu lebih lama dan penanganan yang juga lebih intensif untuk dapat sembuh.

3. Terjadi karena banyak faktor

5 Fakta Penyakit Laringitis Pada Pita Suara, Jangan Anggap Remeh!healthline.com

Ada banyak faktor dan hal yang dapat menjadi penyebab munculnya pembengkakan pada laring yang pada akhirnya menyebabkan laringitis, baik itu laringitis kronis ataupun laringitis biasa. Laringitis dapat timbul karena penggunaan pita suara yang berlebihan dan melampaui batas, penggunaan suara yang terlalu keras, paparan asap rokok, reaksi alergi, naiknya asam lambung ke tenggorokan,  bahkan bisa juga serak yang timbul diakibatkan dari gejala tumor. Oleh karena itu penting untuk tidak acuh tak acuh pada gejala laringitis dan sebisa mungkin lakukan pencegahan dan penanganan dengan cepat dan tepat.

Baca Juga: 5 Fakta Kanker Paru-paru, Penyakit yang Dilawan Sutopo Sampai Akhir

4. Bisa menyebabkan infeksi paru-paru

5 Fakta Penyakit Laringitis Pada Pita Suara, Jangan Anggap Remeh!lifeextension.com

Salah satu hal yang mungkin dapat terjadi jika kita terlalu tak peduli pada gejala laringitis yang kita alami adalah kemungkinan komplikasinya dengan penyakit lain. Pada laringitis kronis yang lebih sulit sembuh dapat berhubungan dengan pneumonia atau radang paru-paru. Jika terlambat mendapat penanganan hal ini akan semakin memburuk. Oleh karena itu jika kamu merasa serak dan ketidak nyamanan yang kamu alami mulai mengganggu, apa lagi jika sudah terasa kesulitan bernapas, segeralah kunjungi dokter dan periksakan kondisi anda.

5. Pencegahan dan penanganan

5 Fakta Penyakit Laringitis Pada Pita Suara, Jangan Anggap Remeh!medicalnewstoday.com

Dan kamu bisa dengan mudah melakukan pencegahan untuk penyakit ini, cukup dengan menggunakan pita suara dengan bijak, banyak minum air putih, jauhi rokok dan alkohol, dan bila perlu kamu bisa minum vitamin untuk meningkatkan sistem imun dari bakteri, virus dan jamur yang bisa menyebabkan laringitis. Dan jika kamu sudah mulai terserang, terus perbayak minum air putih, istirahatkan pita suara dan disarankan untuk tidak berbisik ketika suaramu mulai serak, karena dengan berbisik otot pita suara justru bekerja lebih keras. Dan bila sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Baca Juga: 6 Fakta Bell's Palsy, Penyakit Kelumpuhan yang Menyerang Separuh Wajah

Vini Krisdiani Photo Community Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You