Comscore Tracker

5 Manfaat Mengonsumsi Ulat Sagu untuk Tubuh, Jangan Jijik Dulu

Mau coba?

Kamu pasti sudah pernah mendengar bahwa di beberapa daerah baik di Indonesia maupun luar negeri, makanan ekstrem yang terbuat dari bahan-bahan makanan yang tak lazim kerap kali dijumpai bahkan menjadi favorit. Salah satu yang paling terkenal adalah ulat sagu yang di beberapa daerah di Indonesia umum di jadikan santapan baik dalam keadaan mentah ataupun telah diolah.

Bagi yang tidak terbiasa, tentu sangat menjijikkan bukan saja untuk mencobanya, bahkan untuk melihat ulat berukuran besar ini saja sudah sangat menggelikan. Namun ternyata ulat sagu yang nantinya berkembang menjadi kumbang sagu ini memiliki banyak manfaat dan kandungan zat yang baik bagi tubuh loh, mau tahu apa saja? Mari simak.

1. Memperbaiki suasana hati dan kualitas tidur

5 Manfaat Mengonsumsi Ulat Sagu untuk Tubuh, Jangan Jijik Dulufreepik.com

Ternyata ulat sagu mengandung berbagai macam asam amino yang sangat diperlukan tubuh seperti isoleucine, leucine, histidine, dan phenylalanin. Yang akan membantu tubuh untuk memperoduksi hormon  serotonin pada otak yang akan membantu kamu untuk meningkatkan suasana hati. Efek ini nantinya akan merambat pada peningkatan kualitas tidur juga sehingga badan akan menjadi lebih sehat dan segar.

2. Kaya protein

5 Manfaat Mengonsumsi Ulat Sagu untuk Tubuh, Jangan Jijik Duluksmtour.com

Salah satu faktor utama yang membuat ulat sagu menjadi favorit dan banyak dikonsumsi adalah karena hewan ini merupakan salahsatu sumber protein yang sangat baik bagi tubuh. Tubuh memerlukan protein sebagai salahsatu bahan penting dalam metabolisme, pembentukan tulang dan otot, menstabilkan hormon dan enzim juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan hingga membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

3. Menghalau penyakit

5 Manfaat Mengonsumsi Ulat Sagu untuk Tubuh, Jangan Jijik Dulunc.cdc.gov

Ulat sagu mampu membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tak akan mudah terserang virus dan bakteri penyebab penyakit. Kandungan asam lemak pada ulat sagu juga mampu menghalau peradangan pada tubuh dan menurunkan kadar trigliserida pada tubuh sehingga jantung akan menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah, Berbahaya!

4. Meningkatkan kecerdasan

5 Manfaat Mengonsumsi Ulat Sagu untuk Tubuh, Jangan Jijik Duluphysicsworld.com

Kandungan protein yang tinggi pada ulat sagu juga mampu meningkatkan kinerja otak sehingga dapat menambah kecerdasan dan mencegah pikun. Hal ini baik terutama untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan untuk mengoptimalkan perkembangan otaknya. Dan baik juga untuk orang dewasa untuk mencegah penurunan fungsi otak di masa tua.

5. Membangun otot

5 Manfaat Mengonsumsi Ulat Sagu untuk Tubuh, Jangan Jijik Dulublueberryblackout.com

Seperti telah disinggung di atas, bahwa protein menjadi salah satu komponen penting dalam perkembangan dan pembentukan otot. Jadi bagi kamu yang sedang berusaha membangun masa ototmu sangat disarankan untuk banyak mengonsumsi protein yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi ulat sagu ini. 

Baca Juga: 7 Makanan Sehat Ini Bisa Netralkan Kolesterol Usai Lebaran

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya