Comscore Tracker

Jangan Dibuang, 5 Manfaat Air Rebusan Jagung untuk Kesehatan

Ternyata banyak kegunaannya!

Kamu pasti suka makan jagung, baik dengan cara dibakar, direbus, ataupun diolah menjadi berbagai olah makanan bahkan minuman yang lain. Tapi tahukah kamu ternyata bukan hanya jagungnya saja loh yang sangat bermanfaat dan memiliki berbagai kandungan yang banyak dan menyehatkan tubuh. Faktanya, air hasil rebusan jagung juga sangat bermanfaat dan dapat digunakan sebagai terapi penyembuhan untuk berbagai jenis penyakit. Nah, apa saja sih manfaat air rebusan jagung ini bagi kesehatan tubuh, Yuk simak lima faktanya berikut ini.

1. Mengatasi kolesterol jahat

Jangan Dibuang, 5 Manfaat Air Rebusan Jagung untuk Kesehatancookinglsl.com

Salah satu khasiat paling terkenal dari air rebusan jagung ini adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah dan membahayakan ksehatan jantung. Air rebuan jagung ini mengandung flavonoid, senyawa fenol yang dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah sehingga sistem peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan kesehatan jantung[un akan lebih terjaga.

2. Mengobati diabetes

Jangan Dibuang, 5 Manfaat Air Rebusan Jagung untuk Kesehatanpinkycloud.com

Salah satu keajaiban jagung dan air rebusannya adalah biarpun ia memiliki rasa manis, namun ternyata kandungan rasa manis yang terdapat pada air rebusan jagung masih tergolong aman untuk penderita diabetes. Jagung ataupun air rebusannya ini dapat kamu gunakan sebagai bahan pemanis pengganti bagi olahan makananmu sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

3. Peluruh batu ginjal

Jangan Dibuang, 5 Manfaat Air Rebusan Jagung untuk Kesehatanwebmd.com

Air rebusan jagung juga dapat membantu meluruhkan batu ginjal yang mengendap pada  area ginjal dan akan sangat berbahaya jika dibiarkan tanpa penanganan. Air rebusan jagung akan membantu membuat batu ginjal menjadi hancur dan menjadi bulir bulir kecil. Setelah batu ginjal tak lagi memiliki ukuran terlalu besar, hentikan terapi air rebusan jagung dan ganti dengan ramuan daun kumis kucing dan meniran untuk membersihkannya hingga tuntas.

Baca Juga: 8 Resep Bumbu Jagung Bakar untuk Referensi Pesta Malam Tahun Baru

4. Mengatasi tekanan darah tinggi

Jangan Dibuang, 5 Manfaat Air Rebusan Jagung untuk Kesehatanmedicalnewstoday.com

Kandungan flavonoid yang ada pada air rebusan jagung muda, selain dapat menghalau kolesterol juga dapat mencegah serangan darah tinggi atau hipertensi karena kemampuannya mencegah penyempitan yang terjadi pada area pembuluh darah. Usahakan merebus jagung muda bersamaan dengan bagian rambutnya karena di sinilah manfaat rebusan jagung berasal. 

5. Mengatasi kebiasaan mengompol pada anak

Jangan Dibuang, 5 Manfaat Air Rebusan Jagung untuk Kesehatanstrategicpsychology.com.au

Kebiasaan mengompol saat tidur pada anak sebetulnya merupakan hal yang normal karena pada dasarnya tubuh anak belum memiliki sistem yang mampu menghentikan keluarnya urine pada sat ia tidur. Namun jika anak sudah dirasa cukup besar namun kebiasaan mengompol masih saja terjadi, maka air rebusan jagung bisa membantu. Berikan satu cangkir air rebusan jagung sesaat sebelum anak beranjak tidur.

Baca Juga: Bisa Jadi Menu Diet Sehat, ini 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan!

Vini Krisdiani Photo Community Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You