Comscore Tracker

5 Jenis Teh yang Cocok untuk Redakan Kram Menstruasi, Gak Perlu Obat!

Bikin tubuh lebih rileks dan tenang

Kram perut saat menstruasi kerap kali dianggap sebagai hal sepele. Walaupun terbilang normal, tak jarang hal ini justru berimbas pada aktivitas kita sehari-hari. 

Umumnya kita pasti mengonsumsi obat pereda nyeri untuk mengurangi kram di perut. Selain penggunaan obat, kamu juga bisa mengonsumsi teh untuk bantu mengurangi rasa sakit saat haid. 

Walaupun tidak memberikan efek langsung mengurangi kram haid, namun mengonsumsi teh dapat memberikan rasa nyaman dan rileks. Yuk, intip pembahasannya berikut ini. 

1. Teh daun raspberry merah

5 Jenis Teh yang Cocok untuk Redakan Kram Menstruasi, Gak Perlu Obat!ilustrasi tumbuhan raspberry (pixabay.com/Couleur)

Walaupun terbuat dari daun raspberry, teh ini ternyata punya cita rasa yang mirip teh hitam. Teh daun raspberry sering kali dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan wanita. 

Salah satu manfaat pentingnya adalah untuk memperlancar haid. Walaupun tidak memberikan efek secara langsung, namun mengonsumsi teh daun raspberry secara teratur juga mampu meredakan kram dengan cepat. 

2. Teh chamomile

5 Jenis Teh yang Cocok untuk Redakan Kram Menstruasi, Gak Perlu Obat!ilustrasi teh chamomile (pixabay.com/congerdesign)

Teh chamomile terbuat dari bunga chamomile yang telah dikeringkan. Kandungan teh chamomile memang secara spesifik tidak memiliki efek untuk meredakan haid. Hanya saja teh ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. 

Terlebih lagi satu penelitian juga menunjukkan salah satu pengaruh tidur yang buruk dipicu oleh masalah menstruasi. Maka dari itu, teh chamomile cocok jadi pilihan untuk memberikan efek relaksasi untuk mengurangi rasa lelah. 

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Shincha Jepang untuk Kesehatan, Bukan Teh Hijau Biasa

3. Teh peppermint

5 Jenis Teh yang Cocok untuk Redakan Kram Menstruasi, Gak Perlu Obat!ilustrasi teh peppermint (pixabay.com/Myriams-Fotos)

Seperti namanya, teh peppermint atau daun mint terbuat dari tanaman peppermint yang kaya akan kandungan mentol. Senyawa ini identik dengan aroma kuat serta punya beragam manfaat bagi kesehatan. 

Berkat khasiatnya, banyak orang yang menggunakan teh ini sebagai obat rumahan. Sebab, kandungan mentol inilah yang ampuh mengurangi kejang otot polos dan kram perut saat haid. 

4. Teh hijau

5 Jenis Teh yang Cocok untuk Redakan Kram Menstruasi, Gak Perlu Obat!ilustrasi teh hijau (pixabay.com/mirkostoedter)

Khasiat melimpah teh hijau bagi kesehatan memang telah dikenal sejak dulu. Bahkan minuman teh hijau ini telah banyak digunakan sebagai pengobatan oleh China dan Jepang selama berabad-abad lamanya. 

Jenis teh ini punya kandungan anti-oksidan dan memiliki beberapa efek inflasi untuk mengurangi kembung di perut. Selain itu, senyawa L-theanine dalam teh hijau juga mampu memberikan rasa nyaman dan rileks pada tubuh. 

5. Teh kayu manis

5 Jenis Teh yang Cocok untuk Redakan Kram Menstruasi, Gak Perlu Obat!ilustrasi teh kayu manis (pixabay.com/congerdesign)

Bagian kulit pada kayu manis mampu memberikan rasa hangat dan sensasi pedas saat kita menyeduhnya. Khasiat lain dari kayu manis ternyata juga ampuh mengurangi peradangan. 

Selain itu, kayu manis juga mampu meredakan kembung yang sering menyertai siklus menstruasi. Gangguan sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang ditandai dengan regulasi gula darah buruk dan menstruasi yang tidak teratur pun juga bisa diatasi dengan kayu manis.

Itulah ragam khasiat teh yang cocok kamu konsumsi saat menstruasi. Tentunya jenis teh diatas bukanlah faktor tunggal yang dapat meredakan kram haid, ya. Hanya saja mengonsumsi teh dapat memberikan rasa rileks dan nyaman pada tubuh. 

Baca Juga: 5 Teh Unik yang Digemari di Berbagai Negara, Ada Teh Mentega

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya