Comscore Tracker

5 Jenis Teh untuk Melancarkan Pencernaan, Solusi Ampuh Atasi Sembelit!

Cocok jadi minuman sekaligus obat herbal

Sembelit merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat kurangnya asupan serat pada tubuh. Selain itu, pola makan yang tidak sehat pun juga dapat memicu susah buang air besar. Masalah pencernaan satu ini memang perlu segera diatasi agar tidak menganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mengatasi susah BAB, salah satunya dengan mengonsumsi teh. 

Kandungan dalam teh ternyata telah lama dikenal sebagai ramuan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Kira-kira apa saja jenis teh untuk mengatasi sembelit? Yuk, simak cara untuk mengatasi susah BAB dengan teh berikut ini.

1. Teh senna

5 Jenis Teh untuk Melancarkan Pencernaan, Solusi Ampuh Atasi Sembelit!ilustrasi tumbuhan senna (islandturmeric.com)

Daun senna merupakan jenis tumbuhan herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan sennosides yang terdapat dalam daun ini diklaim memiliki efek laksatif.

Jenis senyawa dalam daun senna inilah yang ampuh untuk mengatasi susah buang air besar. Efek daun senna juga akan lebih efektif bekerja saat dicampurkan dengan psyllium atau docusate sodium untuk mengatasi sembelit. 

Selain dikonsumsi sebagai obat, daun senna juga cocok diseduh untuk minuman teh. Rasa teh senna biasanya memang sedikit pahit. Namun, kamu bisa juga menambahkan madu sebagai pemanis saat meminumnya. 

Baca Juga: 10 Makanan Pelancar Pencernaan, Cocok untuk Atasi Susah BAB

2. Teh chamomile

5 Jenis Teh untuk Melancarkan Pencernaan, Solusi Ampuh Atasi Sembelit!ilustrasi teh chamomile (pixabay.com/congerdesign)

Teh chamomile terbuat dari ekstrak bunga pada tanaman chamomile. Sekak ribuan tahun silam, teh chamomile memang telah dikenal sebagai ramuan mengatasi berbagai masalah kesehatan berkat segudang manfaatnya. 

Rasa manis dan aroma harum teh ini memang mampu memberikan rasa rileks dan tenang. Jika kamu sedang mengalami sembelit, coba minum teh ini menjelang tidur. Sebab, kandungan di dalam teh chamomile bisa membuat perut rileks dan menenangkan otot-otot pada usus. 

3. Teh dandelion

5 Jenis Teh untuk Melancarkan Pencernaan, Solusi Ampuh Atasi Sembelit!ilustrasi teh dandelion (madteaclub.com)

Teh dandelion berasal dari jenis tanaman liar yang kaya manfaat dan tinggi vitamin A. Jenis teh ini juga ampuh mengatasi masalah pencernaan dan sembelit ringan. 

Dandelion dapat bertindak merangsang hati untuk mengeluarkan empedu yang secara tidak langsung membantu mengatasi masalah sembelit. Selain itu, teh dandelion juga berperan sebagai diuretik dalam tubuh sehingga mampu menambah lebih banyak air ke tinja. 

4. Teh peppermint

5 Jenis Teh untuk Melancarkan Pencernaan, Solusi Ampuh Atasi Sembelit!ilustrasi teh peppermint (pixabay.com/Myriams-Fotos)

Umumnya, banyak obat OTC untuk mengatasi masalah pencernaan mengandung peppermint. Salah satu kandungan terdapat dalam peppermint adalah mentol, senyawa beraroma sejuk dan menyegarkan. 

Efek mentol inilah yang memberikan rasa tenang dan dapat membantu meredakan rasa sakit perut saat sembelit. Coba konsumsi teh peppermint setelah makan untuk bantu mengatasi masalah pada pencernaan lainnya. 

5. Teh hijau

5 Jenis Teh untuk Melancarkan Pencernaan, Solusi Ampuh Atasi Sembelit!ilustrasi teh hijau (pixabay.com/mirkostoedter)

Manfaat teh hijau untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Teh yang berasal dari tanaman camellia sinensis ini memang telah  banyak digunakan oleh Cina dan Jepang sebagi obat herbal sejak dulu. 

Salah satu kandungan penting dalam teh hijau adalah kafein. Senyawa ini berperan untuk mempercepat buang air besar apalagi jika dikonsumsi saat pagi hari.

Namun, jangan mengonsumsi teh hijau terlalu berlebihan. Usahakan tetap dalam takaran normal, sebab asupan kafein yang terlalu banyak mampu memberikan efek negatif pada tubuh. 

Itulah lima jenis teh yang bisa bantu melancarkan pencernaanmu. Apalagi buat kamu yang sering sudah buang air besar, bisa rutin mengonsumsi, ya! 

Baca Juga: 5 Manfaat Makanan Tinggi Serat, Tak Cuma Melancarkan Pencernaan

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya