Comscore Tracker

5 Tanda Sleep Apnea yang Wajib Kamu Waspadai

Coba cek kamu mengalami gejala ini gak?

Sleep apnea adalah penyakit di mana kamu berhenti bernapas ketika sedang tidur. Biasanya penyakit ini hanya terjadi pada orang tua namun belakangan ini sleep apnea pun dapat menjangkit anak muda.
Gejala sleep apnea yang dibiarkan bisa menimbulkan serangan jantung atau stroke. Oleh karena itu kamu harus mengetahui dengan jelas tanda-tanda apakah kamu memiliki penyakit sleep apnea atau tidak. Berikut adalah tanda-tanda awal sleep apnea yang bisa kamu waspadai:

1. Mengorok

5 Tanda Sleep Apnea yang Wajib Kamu Waspadaitoday.com

Mengorok dengan suara yang keras adalah gejala yang sering muncul untuk orang-orang yang mengidap sleep apnea. Kamu mungkin tidak akan sadar kalau sedang mengorok, tapi keluarga atau pasangan kamu pasti mengetahui hal ini. Tak jarang hal ini pun jadi bahan olokan. Mengorok yang menandakan sleep apnea adalah ketika diam dalam waktu yang lama lalu tiba-tiba mengorok seperti kehabisan napas. Jadi, tidak semua mengorok menandakan kamu mengidap sleep apnea ya.

2. Terbangun di tengah malam

5 Tanda Sleep Apnea yang Wajib Kamu Waspadaipexels.com/@olly

Terbangun di tengah malam yang rutin adalah gejala umum sleep apnea. Biasanya disertai rasa ingin buang air kecil. Apakah kamu sering terbangun di tengah malam?

3. Bangun dengan mulut kering dan sakit kepala

5 Tanda Sleep Apnea yang Wajib Kamu Waspadaipexels.com/@nastyasensei-sens

Kalau setiap kali kamu bangun dari tidur merasakan mulut dan tenggorokan yang kering kamu harus waspada. Biasanya untuk wanita disertai dengan sakit kepala. Jika kamu rutin mengalami hal seperti ini, bisa jadi itu merupakan tanda kalau kamu mengidap sleep apnea.

Baca Juga: Jangan Begadang, Ini 5 Manfaat Kesehatan Saat Kamu Tidur Cukup!

4. Merasa kelelahan sepanjang hari

5 Tanda Sleep Apnea yang Wajib Kamu Waspadaipexels.com/@enginakyurt

Kualitas tidur yang tidak baik bisa mempengaruhi stamina sepanjang hari. Kalau kamu merasa rasa lelahmu tidak berkurang jangan berpikir bahwa kamu baik-baik saja. Karena sleep apnea pun dapat menyebabkan kamu kelelahan sepanjang hari, walau kamu tidak melakukan aktifitas berat.

5. Merasa depresi

5 Tanda Sleep Apnea yang Wajib Kamu Waspadaipexels.com/@pixabay

Biasanya perempuan yang mengalami sleep apnea lebih bermasalah dengan mood. Namun sekarang sleep apnea pun dapat menimbulkan depresi pada pria. Stress dan cemas berlebihan sangat mungkin dialami ketika kamu mengidap sleep apnea

Jika kamu merasa gejala-gejala di atas kamu alami, kamu harus mulai berkonsultasi ke dokter. Karena sleep apnea bukanlah penyakit yang bisa kamu hiraukan mengingat dampak buruk yang bisa diciptakan oleh penyakit ini. Jangan takut untuk membicarakan masalah ini dengan dokter, agar kualitas tidur dan stamina kamu tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Minuman Ini Bisa Bikin Tidurmu Lebih Nyenyak, Mau Coba?

Wesa Bhadrasana Photo Verified Writer Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya