Comscore Tracker

5 Cara Alami Mengatasi Warna Kulit Tidak Rata

Bye-bye kulit belang!

Apakah kamu mengalami warna kulit yang tidak merata? Bisa jadi hal itu disebabkan oleh pigmen bernama melanin di dalam kulitmu. Melanin berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Semakin banyak melanin yang dihasilkan semakin gelap warna kulit kamu. Itu sebabnya ketika kamu berjemur di pantai, kulit kamu akan menghasilkan melanin dengan sendirinya dan membuat warna kulitmu menjadi lebih gelap. Namun sering kali, melanin membuat warna kulit kamu tidak merata. Ini lima cara untuk mengurangi produksi melanin dan memperbaiki warna kulit kamu sehabis berjemur di pantai.

1. Lidah buaya

5 Cara Alami Mengatasi Warna Kulit Tidak Ratapixabay.com/users/elsafersas

Gel lidah buaya banyak terkandung di dalam produk skincare yang populer belakangan ini. Kegunaannya untuk menenangkan dan memperbaiki kulit dipercaya ampuh untuk setiap jenis kulit. Selain itu, ternyata lidah buaya pun dapat melawan hiperpigmentasi dan mengurangi melamin. Cara pemakaiannya cukup mengambil mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang warnanya tidak merata.

2. Susu kedelai

5 Cara Alami Mengatasi Warna Kulit Tidak Ratapexels.com/@rawpixel

Susu yang kaya akan protein dan serat ini pun dipercaya dapat mengurangi produksi melanin di kulit. Bukan hanya itu, susu kedelai pun berfungsi untuk mencerahkan warna kulitmu. Usapkan susu kedelai ke area kulit kamu yang gelap untuk mendapatkan warna kulit yang lebih cerah.

3. Masker alpukat

5 Cara Alami Mengatasi Warna Kulit Tidak Ratapexels.com/@foodie-factor

Selain enak untuk disantap, buah avokad pun dapat menurunkan melanin di dalam kulitmu. Karena avokad mengandung glutathione, salah satu antioksidan yang dapat menekan produksi melanin. Cara pemakaiannya adalah dengan menghancurkan daging buah avokad lalu mengaplikasikannya pada kulit yang berwarna lebih gelap.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serum Vitamin C Buat Mencerahkan Kulit, Dijamin Ampuh

4. Masker kulit jeruk

5 Cara Alami Mengatasi Warna Kulit Tidak Ratapexels.com/@pixabay

Buah jeruk yang tampak menyegarkan untuk dikonsumsi pun sangat baik dalam mengatasi masalah hiperpigmentasi kulit. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya pun dapat mencerahkan warna kulit. Cara pemakaiannya adalah dengan memarut kulit jeruk, lalu tambahkan air perasan jeruk dan madu. Aplikasikan ke kulit kamu selama lima menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Buttermilk

5 Cara Alami Mengatasi Warna Kulit Tidak Rataparentcircle.com

Buttermilk mengandung asam laktat yang dapat menurunkan kadar melanin di dalam kulitmu. Bukan hanya itu, buttermilk pun mengandung kolagen yang membuat kulit kamu lebih kenyal dan kencang. Garis-garis halus pada wajah pun akan menghilang ketika kamu memakainya secara rutin.

Kelima cara di atas adalah cara agar menyamaratakan warna kulitmu bukan mengubah warna asli kulitmu ya. Karena bahan-bahan di atas adalah bahan alami yang bisa kamu temui dengan mudah di sekitarmu, maka efek samping yang ditimbulkan hampir tidak ada. Rutinlah mengaplikasikan masker yang kamu gunakan untuk mempercepat proses pengembalian warna kulitmu seperti semula.

Baca Juga: Ikuti 7 Tips Alami Ini untuk Hilangkan Kulit Belang di Wajah

Wesa Bhadrasana Photo Community Writer Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You