Comscore Tracker

4 Efek Samping Polusi Suara Bagi Kesehatanmu, Waspada Ya!

Harus mulai waspada dengan polusi suara yaa

Suara klakson mobil adalah salah satu dari sekian banyak polusi udara yang sering kamu dengar. Saking seringnya, suara klakson yang memekakan telinga menjadi suara yang wajar, apalagi untuk kamu yang bekerja di kota-kota besar dengan tingkat kemacetan yang tinggi.

Padahal polusi suara dapat mengganggu kesehatan tubuh, sama halnya dengan polusi yang lain. Apa sajakah gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh polusi udara? Ini 4 efek samping dari polusi udara!

1. Menaikkan tekanan darah

4 Efek Samping Polusi Suara Bagi Kesehatanmu, Waspada Ya!pixabay.com/user/stevepb-282134

Ketika kamu terkena polusi udara dalam waktu yang lama maka yang terjadi pada tubuhmu adalah meningkatnya tekanan darah dan detak jantung bahkan berpotensi untuk penyakit jantung iskemik atau jantung koroner.

Penelitian membuktikan bahwa orang yang secara terus-menerus mendengar suara di atas 85 dBA. Sebagai panduan, 80 dBA adalah suara bising yang sering kamu dengar di jalan raya, oleh karena itu sebaiknya kamu memakai penutup telinga ketika berada di jalan raya ya.

90 dBA adalah suara mesin pemotong rumput, 100 dBA suara mesin di pabrik, 110-120 dBA suara musik di tempat diskotik atau konser, 130 dBA suara sirene, ledakan kembang api dan suara pesawat saat take off. Tapi jangan salah, mendengarkan musik menggunakan earphone pun bisa sampai 100 dBA lho.

Baca Juga: 5 Hal Seputar Polusi Udara yang Penting untuk Diketahui

2. Kualitas tidur tidak baik

4 Efek Samping Polusi Suara Bagi Kesehatanmu, Waspada Ya!pexels.com/@jmark

Suara bising pun dapat mengganggu kualitas tidur kamu. Bising ketika tidur akan memicu meningkatnya detak jantung, denyut nadi, tekanan darah dan pergerakan tubuh. Efek samping yang ditimbulkan karena kualitas tidur yang terganggu adalah mood kamu sepanjang hari. Kamu akan merasa kelelahan dan tidak bersemangat dalam menjalani harimu.

3. Menurunkan kondisi mental

4 Efek Samping Polusi Suara Bagi Kesehatanmu, Waspada Ya!pexels.com/@startup-stock-photos

Penelitian mengatakan bahwa tubuh yang terpapar polusi udara secara terus-menerus akan menyebabkan tugas-tugas seperti mengingat dan pemilihan strategi menurun karena kamu akan kesulitan dalam berkonsentrasi.

Kamu akan menjadi lebih mudah emosi karena suara bising. Bahkan lebih serius lagi, tingkat stres kamu akan meningkat, apalagi ditambah karena kualitas tidur kamu terganggu.

4. Kehilangan pendengaran

4 Efek Samping Polusi Suara Bagi Kesehatanmu, Waspada Ya!pexels.com/@rawpixel

Terlalu sering mendengar suara di atas 85 dBA pun akan menyebabkan kamu kehilangan pendengaran. Suara bising di jalanan seperti suara truk atau klakson mobil yang terus terdengar akan merusak sel sensor pendengaran di dalam selaput pada telinga. Kabar buruknya, sel tersebut tidak dapat beregenerasi, sehingga ketika sel tersebut rusak, kamu akan kehilangan pendengaranmu secara permanen. 

Pada tingkat kebisingan yang tinggi seperti di area pabrik akan menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Kamu harus mulai melindungi telingamu dari polusi suara yang terjadi di sekitarmu.

Kamu bisa mengenakan penutup telinga ketika berjalan di pinggir jalan atau ketika tidur untuk meminimalisir efek samping yang disebabkan oleh polusi udara. Mendengarkan musik dengan menggunakan earphone pun tidak boleh terlalu keras dan lama ya sehingga kesehatan telingamu bisa terjaga.

Baca Juga: 6 Cara yang Terbukti Ampuh untuk Meningkatkan Kualitas Pendengaranmu

Wesa Bhadrasana Photo Community Writer Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You