Comscore Tracker

5 Fungsi Zat Besi Bagi Tubuh, Jangan Sampai Kekurangan!

Apa saja nih fungsi zat besi?

Zat besi adalah komponen protein yang sangat penting bagi metabolisme dan memproduksi sel darah merah. 70% zat besi di dalam tubuh kita terdapat pada hemoglobin dan myoglobin. Hemoglobin aldaha pengantar oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh lainnya, sedangkan myoglobin berada pada sel otot yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan melepaskan oksigen yang terkandung di dalamnya.

Oleh karena itu kebutuhan akan zat besi tidak bisa dikesampingkan karena kekurangan zat besi malah akan menyebabkan anemia yang berdampak buruk bagi tubuh. Inilah lima fungsi zat besi bagi kesehatan tubuhmu!

1. Mempercepat pembentukan hemoglobin

5 Fungsi Zat Besi Bagi Tubuh, Jangan Sampai Kekurangan!pixabay.com/users/qimono

Pembentukan hemoglobin adalah fungsi utama dari zat besi dalam tubuh kita. Dengan terbentuknya hemoglobin, seluruh sel di dalam tubuh bisa mendapatkan oksigen yang sesuai kebutuhan karena hemoglobin lah yang mengantarkan oksigen tersebut. Zat besi pun berperan penting dalam pembentukan sel darah merah sehingga baik dikonsumsi ketika kehilangan darah akibat kecelakaan dan menstruasi yang dialami oleh wanita setiap bulannya.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

5 Fungsi Zat Besi Bagi Tubuh, Jangan Sampai Kekurangan!pexels.com/@andre-furtado

Zat besi berperan penting dalam memampukan tubuh melawan penyakit dan infeksi. Karena tanpa zat besi maka tidak akan terbentuk hemoglobin tanpa terbentuknya hemoglobin oksigen tidak bisa disalurkan dan hal ini dapat menghambat proses penyembuhan. Oleh karena itu, zat besi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia.

3. Meningkatkan kinerja otot

5 Fungsi Zat Besi Bagi Tubuh, Jangan Sampai Kekurangan!pexels.com/@samerdaboul

Zat besi pun merupakan komponen protein yang sangat penting untuk kesehatan otot. Tanpa oksigen yang disalurkan ke dalam jaringan otot, maka otot akan berkurang gaya dan elastisitasnya. Inilah penyebab kenapa penderita anemia mengalami otot yang lemah.

Baca Juga: 4 Minuman Ini Ternyata Hambat Penyerapan Zat Besi

4. Meningkatkan fungsi otak

5 Fungsi Zat Besi Bagi Tubuh, Jangan Sampai Kekurangan!pexels.com/@startup-stock-photos

20% dari oksigen di dalam darah sangat dibutuhkan oleh otak dalam melakukan tugasnya. Aliran darah yang lancar tentu saja akan membuat otat berfungsi dengan baik. Selain itu oksigen dalam otak pun berfungsi sangat baik dalam menstimulasi aktivitas kognitif pada otak. Oleh karena itu penting untuk kamu memastikan zat besi yang cukup bagi tubuhmu.

5. Membuat tidur lebih baik

5 Fungsi Zat Besi Bagi Tubuh, Jangan Sampai Kekurangan!pexels.com/@burst

Zat besi pun bermanfaat dalam mengurangi gejala insomnia dan membuat tidur kamu menjadi lebih baik. Karena dapat membentuk sel darah merah dnegan baik, zat besi membuat kamu terhindar dari tekanan darah rendah yang menyebabkan kamu terbangun di tengah malam. Tidur yang berkualitas, akan membantu kamu dalam berkonsentrasi dalam melakukan tugas harianmu.

Wanita dan anak-anak lebih banyak membutuhkan zat besi bagi tubuh dibandingkan pria dewasa karena anemia lebih mudah menyerang wanita dan anak. Kamu bisa mendapatkan zat besi pada kacang kedelai, bayam, lobak dan brokoli. Oleh karena itu jangan lewatkan makanan mengandung zat besi agar tubuhmu menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Umumnya, Hemoglobin (Hb) Terlampau Rendah Disebabkan Oleh 6 Hal Ini

Wesa Bhadrasana Photo Community Writer Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You