5 Manfaat Potasium Bagi Kesehatan Tubuh, Kandungan dalam Buah Pisang

Ototmu bisa semakin kuat

Potasium merupakan makromineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Untuk menunjang kesehatan tubuh, kita membutuhkan setidaknya 100 miligram potasium per hari. Idealnya, orang dewasa membutuhkan 4700 miligram potasium per hari, namun sangat sedikit sekali orang dewasa yang memenuhi angka ini. Hal ini disebabkan karena tidak mengertinya seberapa penting potasium untuk tubuh.

Kekurangan potasium dapat membuat kamu mudah lelah, tekanan darah tinggi sampai diabetes. Tentu kamu tidak menginginkan hal ini, bukan? Oleh karena itu kebutuhan potasium haruslah terpenuhi, selain menghindari gejala yang disebabkan oleh kekurangan potasium, potasium sendiri memiliki banyak manfaat di dalam tubuh, ini lima di antaranya!

1. Menguatkan otot

5 Manfaat Potasium Bagi Kesehatan Tubuh, Kandungan dalam Buah Pisangpexels.com/@samerdaboul

Potasium berperan penting dalam menjaga pertumbuhan jaringan otot yang baik karena potasium dapat ditemui lebih banyak pada sel otot tubuh manusia. Potasium membantu mengoptimalkan kerja otot dan menjaganya agar tidak tegang, sehingga kamu terhindar dari kram otot. Potasium pun dipercaya mampu menstimulasi sel pertumbuhan dan menyediakan energi bagi proses metabolisme tubuh.

2. Menjaga gula darah dan tekanan darah

5 Manfaat Potasium Bagi Kesehatan Tubuh, Kandungan dalam Buah Pisangpexels.com/@wdnet

Kekurangan potasium dapat menyebabkan gula darah menurun. Gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan badan menjadi mudah berkeringat, sakit kepala, mudah lelah dan gemetar. Oleh karena itu penderita diabetes harus menjaga konsumsi potasium normal agar gula darahnya tetap terjaga. Selain itu, potasium juga data menjaga stabilitas tekanan darah sehingga terhindar dari risiko terkena serangan jantung dan hipertensi.

3. Meningkatkan kesehatan hati dan ginjal

5 Manfaat Potasium Bagi Kesehatan Tubuh, Kandungan dalam Buah Pisangmedicalnewstoday.com

Manfaat lain dari potasium adalah meningkatkan kesehatan hati dan ginjal manusia. Potasium berperan dalam  menjaga agar hati dan ginjal bisa bekerja sebaik mungkin. Karena potasium dapat membantu proses ekskresi yang mempermudah kerja ginjal. Tapi kelebihan potasium pun tidak baik karena dapat menyerap kalsium lebih dari normal. Oleh karena itu penting untuk menjaga kebutuhan potasium tetap pas.

Baca Juga: Catat! Inilah 5 Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Ginjalmu

4. Mengatur air di dalam tubuh agar seimbang

5 Manfaat Potasium Bagi Kesehatan Tubuh, Kandungan dalam Buah Pisangpexels.com/@frank-cone-140140

Berbeda sel tubuh, maka berbeda pula jumlah air yang diperlukan. Di sinilah peran potasium penting untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh. keseimbangan air menjaga agar seluruh organ berfungsi secara optimal. Oleh karena itu kebanyakan orang memilih menyantap pisang setelah berolahraga.

5. Mengurangi stres

5 Manfaat Potasium Bagi Kesehatan Tubuh, Kandungan dalam Buah Pisangpexels.com/@nastyasensei-sens

Potasium juga bagus untuk orang-orang yang sedang menghadapi stres. Potasium dapat meregulasi hormon di dalam tubuh termasuk hormon stes seperti kortisol dan adrenalin. Kamu yang kelelahan dan stres akibat kerjaan bisa berhenti sejenak untuk menyantap pisang atau buah lain yang mengandung potasium.

Namun penderita penyakit ginjal tidak bisa memproses potasium dengan baik di dalam tubuh sehingga bisa membahayakan jika mengonsumsinya.Bahan makanan yang mengandung potasium sangatlah mudah ditemui di sekitarmu, oleh karena itu pastikan untuk mengonsumsinya setiap hari agar tubuh kamu tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari-hari.  

Baca Juga: Mudah Stres? Ini 6 Hal Sederhana yang Bisa Membuatmu Bahagia

Wesa Bhadrasana Photo Community Writer Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You