Comscore Tracker

5 Nutrisi yang Tidak Ada Dalam Sayur Ataupun Buah! 

Vegetarian dan vegan harus tau nih!

Sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita terkandung dalam buah atau sayuran yang biasa kita konsumsi. Bahkan sebagian besar superfood dan obat-obatan berasal dari sayuran dan tumbuhan. Ada banyak penyakit yang dapat disembuhkan hanya dengan mengonsumsi atau menggunakan sayuran dan tumbuhan sebagai obatnya.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita namun tidak ada dalam sayur ataupun buah? Berikut ini lima di antaranya!

1. Vitamin D3

5 Nutrisi yang Tidak Ada Dalam Sayur Ataupun Buah! pexels.com/@iamtrangdoan

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis, penyakit jantung, kanker dan lemahnya otot tubuh. Penyakit osteoporosis yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menimbulkan penyakit-penyakit lainnya. Ada dua jenis vitamin D yaitu D2 yang bisa kamu dapatkan dalam sayur dan buah, D3 yang hanya ada dalam hewan seperti minyak ikan dan kuning telur. Vitamin D3 lebih efisien dalam meningkatkan kadar bioaktif vitamin D dalam darah.

2. Vitamin B12

5 Nutrisi yang Tidak Ada Dalam Sayur Ataupun Buah! pexels.com/@pixabay

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kelelahan, anemia, kelainan saraf dan gangguan fungsi otak. Untuk kamu yang vegetarian dapat mengonsumsi produk susu atau telur agar kebutuhan B12 di dalam tubuhmu terpenuhi. Tapi untuk kamu yang vegan, supplemen pengganti adalah cara yang tepat untuk mendapatkan vitamin B12.

3. Docosahexaenoic acid (DHA)

5 Nutrisi yang Tidak Ada Dalam Sayur Ataupun Buah! pexels.com/@negativespace

DHA berfungsi untuk tumbuh kembang fungsi otak. Kekurangan DHA dapat mengganggu fungi otak dan kesehatan mental terutama pada anak kecil. DHA biasanya diperlukan oleh ibu hamil untuk tumbuh kembang otak bayi yang dikandung. Vegetarian dan vegan dapat memperoleh DHA dalam supplemen yang terbuat dari beberapa jenis mikroalga.

Baca Juga: Buat Vegetarian Pemula, 7 Makanan Ini Wajib Ada di Kulkas!

4. Carnosine

5 Nutrisi yang Tidak Ada Dalam Sayur Ataupun Buah! pexels.com/@samerdaboul

Carnosine adalah salah satu jenis antioksidan yang penting untuk otak dan otot tubuh. Kekurangan carnosine dapat menurunkan fungsi otot. Tentu saja hal ini berpengaruh ketika kamu melakukan aktivitas setiap hari. Carnosine hanya didapatkan dari daging dan ikan. Vegetarian dapat mengonsumsi carnosine dalam supplemen yang mengandung beta-alaine sebagai penggantinya.

5. Taurine

5 Nutrisi yang Tidak Ada Dalam Sayur Ataupun Buah! pexels.com/@pixabay

Taurine adalah molekul sulfur yang terdapat dalam beberapa organ penting di dalam tubuh seperti otak, hati dan ginjal. Fungsi taurine adalah sebagai antioksidan, menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Taurine hanya terdapat pada daging, ikan dan seafood. Suplemen taurin sintetik bisa kamu konsumsi sebagai pengganti daging dan ikan.

Untuk kamu seorang vegetarian atau vegan, tidak perlu khawatir akan kebutuhan nutrisi tersebut. Kamu masih bisa mendapatkan nutrisi tersebut dalam supplemen pengganti.

Baca Juga: 10 Resep Es Krim untuk Vegetarian, Gak Kalah Segar Loh

Wesa Bhadrasana Photo Verified Writer Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya