Comscore Tracker

7 Penyebab Rambut Rontok, Bukan Hanya Karena Bertambahnya Usia

Cari tahu penyebabnya di sini

Seiring bertambahnya usia, rambut seseorang biasanya semakin menipis. Tapi tahukah kamu kalau menua bukanlah satu-satunya penyebab rambut kamu rontok. Apalagi untuk kamu para millennials, ada banyak kemungkinan yang menyebabkan rambut kamu rontok. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu tahu bagaimana cara menanggulanginya. Berikut ini tujuh kemungkinan yang menyebabkan kerontokan pada rambut!

1. Terlalu sering menggunakan hairdryer dan catokan

7 Penyebab Rambut Rontok, Bukan Hanya Karena Bertambahnya Usiapexels.com/@gratisography

Kamu yang sering menggunakan hairdryer dan pelurus rambut harus hati-hati karena hal ini dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Untuk kamu yang sudah mengalami rambut rontok, kamu harus mengurangi bahkan menghentikan untuk sementara waktu proses ini. Karena proses pemanasan ini dapat mempengaruhi akar rambutmu, hal terburuk yang bisa terjadi adalah rambut kamu akan berhenti tumbuh.

2. Mengonsumsi obat-obatan

7 Penyebab Rambut Rontok, Bukan Hanya Karena Bertambahnya Usiapexels.com/@pixabay

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Biasanya obat untuk tekanan darah dan antidepresan mengandung efek samping ini. Kalau dokter memang menganjurkan kamu untuk mengonsumsi obat jenis tersebut, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kerontokan yang kamu alami.

3. Kemoterapi

7 Penyebab Rambut Rontok, Bukan Hanya Karena Bertambahnya Usiapixabay.com/users/cristhianelouback0

Beberapa obat yang melawan kanker menyebabkan kerontokan pada rambut. Dan kemoterapi itu menghancurkan sel yang terpecah termasuk sel rambut. Itu sebabnya orang mengalami kerontokan setelah melakukan kemoterapi. Tapi tidak usah khawatir, setelah kemoterapi, rambut kamu akan tumbuh kembali.

4. Anemia

7 Penyebab Rambut Rontok, Bukan Hanya Karena Bertambahnya Usiapexels.com/@pixabay

Orang yang memiliki penyakit anemia pun cenderung mengalami kerontokan rambut. Hal ini disebabkan karena kurangnya zat besi yang bisa bekerja untuk memperbaiki rambut rontok. Untuk kamu yang mengalami anemia, harus berkonsultasi ke dokter agar kebutuhan zat besi tubuhmu terpenuhi.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ternyata Bisa Mengatasi Rambut Rontokmu

5. Stres

7 Penyebab Rambut Rontok, Bukan Hanya Karena Bertambahnya Usiapexels.com/@pixabay

Emosi yang berlebihan dapat menyebabkan kamu merasa tertekan dan stres. Hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan rambutmu. Trauma pun bisa menjadi salah satu penyebabnya. Tapi hal ini hanya sementara. Setelah kamu lepas dari stres rambut kamu akan kembali seperti semula.

6. Kekurangan protein

7 Penyebab Rambut Rontok, Bukan Hanya Karena Bertambahnya Usiapexels.com/@pixabay

Protein adalah kandungan yang harus terpenuhi oleh tubuhmu. Karena protein yang dapat meregenerasi sel-sel yang rusak, seperti kerontokan rambut. Kamu yang kurang mengonsumsi protein mulai coba deh makan ikan atau sumber protein lainnya seperti tahu dan tempe.

7. Kelebihan vitamin A

7 Penyebab Rambut Rontok, Bukan Hanya Karena Bertambahnya Usiapexels.com/@pixabay

Kelebihan vitamin A juga bisa jadi penyebab kerontokan pada rambut. Karena semua yang berlebih tentu akan membawa dampak buruk untuk tubuh kamu. Perhatikan asupan kamu setiap hari agar semuanya cukup.

Makan makanan sehat dan rajin berolah raga haruslah menjadi gaya hidup kamu sehari-hari. Karena dengan gaya hidup sehat, masalah pada tubuh kamu seperti kerontokan akan dapat terhindarkan. Hindari pemakaian hairdryer dan catokan pada rambut indahmu.

Baca Juga: 8 Tips Keramas yang Benar Agar Rambut Kuat dan Tidak Mudah Rontok

Wesa Bhadrasana Photo Verified Writer Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya