Comscore Tracker

Tingkatkan Fokus, Ternyata Minum Kopi Punya 5 Manfaat Positif

Selain enak, kopi bagus buat tubuh, lho

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Dari orang tua maupun orang muda, kopi adalah minuman wajib di pagi hari. Tanpa kopi rasanya hampa. Tentu saja itu tidak terlepas dari khasiat kopi yang tanpa kita sadari dapatkan dengan meminum walau segelas kopi saja setiap hari. Yuk, kita ulas lima khasiat utamanya!

1. Meningkatkan fokus

Tingkatkan Fokus, Ternyata Minum Kopi Punya 5 Manfaat PositifFokus adalah salah satu kunci utama mencapai sesuatu (unsplash.com/chaseelliottclark)

Seringkali orang bilang kalau minum kopi menghilangkan kantuk dan memberi tambahan energi sehingga bisa aktif sepanjang hari. Bahkan bergadang pun bukan masalah. Pernyataan itu benar adanya sebab kopi mengandung senyawa bernama kafein.

Kafein meningkatkan aktivitas pada sistem saraf pusat dengan cara mengalir dalam aliran darah menuju otak di mana otak akan menangkap senyawa kafein yang membuat pikiran menjadi segar. Efek ini sekalian meningkatkan dopamin yang membuat jantung berdebar pasca kita minum kopi.

2. Menurunkan berat badan

Tingkatkan Fokus, Ternyata Minum Kopi Punya 5 Manfaat PositifMenimbang berat badan (unsplash.com/yunmai)

Memiliki badan ideal merupakan keinginan hampir setiap orang. Tetapi siapa bilang kalau mau kurus kita mesti hanya berolahraga? Minum kopi juga bisa menurunkan berat badan. Senyawa kafein dalam kopi meningkatkan metabolisme tubuh yang menguraikan lemak-lemak bandel, bahkan selama kita tidak melakukan aktivitas alias istirahat.

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Bisa Bantu Hilangkan Stres

3. Mencegah penyakit kanker

Tingkatkan Fokus, Ternyata Minum Kopi Punya 5 Manfaat PositifKatakan tidak untuk kanker (unsplash.com/nci)

Kopi juga mengandung senyawa polifenol yang tanpa kita sadari memiliki aktivitas antioksidan tinggi. Antioksidan ini berperan mencegah pertumbuhan sel kanker dan mengurangi peradangan di dalam tubuh.

4. Mencegah alzheimer

Tingkatkan Fokus, Ternyata Minum Kopi Punya 5 Manfaat PositifOrang tua sering mengidap penyakit Alzheimer (unsplash.com/tkirkgoz)

Kita sering dengar penyakit alzheimer terjadi pada orang tua, namun kenyataan bahwa orang muda pun bisa kena. Sekalinya kena alzheimer, pasien terkait akan menjadi pikun dan lambat laun menjadi orang yang pelupa, kebingungan, serta tidak kenal orang-orang di sekitarnya.

Berita baik bahwa minum kopi bisa mencegah penyakit alzheimer berkat senyawa kafein. Kafein akan meningkatkan kadar granulocyte-colony stimulating factor (GCSF) yang mendorong pembentukan sel-sel saraf baru di otak.

5. Meningkatkan suasana hati

Tingkatkan Fokus, Ternyata Minum Kopi Punya 5 Manfaat PositifSeorang wanita tersenyum setelah minum kopi (unsplash.com/sfyfe)

Minum kopi memberi kita tambahan energi dari penguraian lemak yang meningkatkan suasana hati. Efek positif ini bisa berkelanjutan sampai sepanjang hari dan membuat si peminum terhindar dari depresi tak perlu. Kita jadi energik serta tak perlu takut menghadapi tantangan.

Sekarang kita mengerti kenapa banyak orang minum kopi dari poin-poin di atas. Walau disadari atau tidak, kopi memang memiliki segudang khasiat. Sudah harum, enak, bermanfaat buat tubuh pula. Tergiur minum kopi, bukan?

Baca Juga: 7 Manfaat Kopi Bagi Kecantikan Kulit yang Tak Banyak Diketahui

Widdy Tok Photo Writer Widdy Tok

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya