Comscore Tracker

Suka Nahan Lapar? Hati-hati, Ini yang Terjadi Dalam Tubuh Kamu

Bahaya, jangan diabaikan!

Di saat kamu lagi punya segudang tugas atau pekerjaan, mungkin satu-satunya yang kamu pikirkan adalah bagaimana agar semuanya itu cepat terselesaikan. Apalagi kalau lagi dikejar deadline, rasa-rasanya kamu udah gak inget waktu makan deh, duh!

Hati-hati, kebiasaan menahan lapar ini gak bagus loh buat tubuh kamu. Dilansir dari beberapa sumber, ini efek yang muncul kalau kamu suka nahan lapar, yuk disimak baik-baik!

1. Terganggunya metabolisme tubuh

Suka Nahan Lapar? Hati-hati, Ini yang Terjadi Dalam Tubuh Kamuamazonaws.com

Menahan lapar menyebabkan tubuhmu terpaksa "mencuri" sumber energi lain dari tempat yang bukan seharusnya. Dalam kondisi ini, tubuhmu akan mengambil cadangan glukosa dari jaringan otot dan juga hati. Akhirnya, fungsi dari bagian tubuh yang terambil glukosanya tersebut juga akan mengalami penurunan fungsi, bahkan bisa rusak karena glukosa berperan sebagai penyedia energi.

Jika berkepanjangan, tubuhmu kemudian akan mencuri cadangan energi lainnya, yaitu lemak. Maka dari itu, terganggunya metabolisme ini berbahaya karena akan menyebabkan konsekuensi yang serius dalam tubuhmu.

2. Asam lambung naik

Suka Nahan Lapar? Hati-hati, Ini yang Terjadi Dalam Tubuh Kamuhttp://tstatic.net

Efek yang satu ini pastinya sudah familiar di telinga kita dan kamu juga mungkin pernah mengalaminya. Secara ilmiah, saat tubuh kita tak mendapatkan asupan makanan, produksi asam lambung memang tak terhambat. Tapi, produksi asam yang tak disertai makanan ini kemudian justru secara perlahan membakar lapisan perutmu. Akibatnya, timbulah rasa nyeri yang disebut maag.

3. Petumbuhan otot-otot dalam tubuh melemah

Suka Nahan Lapar? Hati-hati, Ini yang Terjadi Dalam Tubuh Kamuhttps://cloudfront.net

Inilah alasan kenapa kamu jadi merasa lemas ketika kamu merasa lapar. Ya, karena di saat tubuhmu tak mendapatkan asupan nutrisi yang kamu dapat dari makanan, maka akibatnya jaringan dan fungsi ototmu menjadi lemah.

4. Kualitas daya kerja otak menurun

Suka Nahan Lapar? Hati-hati, Ini yang Terjadi Dalam Tubuh Kamuhttp://www.vitamarg.com

Kekurangan sumber nutrisi dari makanan pun juga dapat menurunkan kualitas daya kerja otakmu, sehingga fokus dan daya tangkapmu jadi tak berjalan dengan baik.

5. Memungkinkan terjadinya sembelit

Suka Nahan Lapar? Hati-hati, Ini yang Terjadi Dalam Tubuh Kamuhttps://meetdoctor.com

Sembelit ini bisa terjadi kalau kamu menahan lapar dalam waktu yang lama kemudian saat tiba waktunya makan, kamu tak mengunyahnya dengan baik karena terburu-buru.

Masuknya volume makanan yang besar ke dalam tubuhmu akan cenderung lebih sulit dicerna oleh enzim dalam sistem pencernaanmu, sehingga bisa membusuk dan inilah yang memicu penyakit sembelit.

Nah, mulai sekarang jauhi kebiasaan nahan laper cuman gara-gara perkara sibuk, ya. Karena di sela-sela kesibukan kamu, kamu tetep bisa beli makan tanpa harus beranjak dari meja kerjamu, kok. Wah, gimana tuh caranya? Mudah! Kamu bisa langsung memesannya secara praktis hanya melalui aplikasi #GrabFood.

Berbeda dari sebelumnya, sekarang GrabFood mau ngasih yang lebih special nih buat kamu. Di layanan terbarunya, Kitchen by GrabFood, kamu bisa menikmati berbagai macam makanan lezat yang diunggulkan para merchants yang sudah secara resmi terintegrasi dengan GrabFood, loh.

Merchant yang menjadi andalan dalam layanan Kitchen by GrabFood ini adalah Calais Bubble Tea, Gudeg Yu Djum, Pondok Sate Pak Heri, Warung Anugrah Bawakaraeng, hingga Sop Buntut Ibu Samino.

Sekarang tunggu apalagi? Segera download aplikasinya, order langsung dari hape kamu dan cobain deh makanan unggulan dari Kitchen by GrabFood. Jadi, mulai sekarang gak ada alasan lagi ya untuk nahan-nahan lapar. Tinggal #NgeGrabFood aja, kerjaanmu tetep jalan, perutmu pun jadi aman, deh!

Widi Widuri Photo Verified Writer Widi Widuri

Your word is your sword. / Find me on Instagram: @wiwistew

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Jordhi Farhansyah
  • Naomi Silitonga

Just For You