Comscore Tracker

5 Tips Tetap Fit dan Bugar Menjalani Puasa Ramadan

Agar ibadah puasa berjalan lancar dan gak lemas

Bulan suci Ramadan sebentar lagi akan tiba. Umat muslim wajib menjalankan puasa selama sebulan penuh. Tentu saja kesehatan harus dijaga agar bisa menjalani puasa dengan fit, bugar, dan tidak lemas. Sehingga tetap bisa menjalani aktivitas harian dan ibadah dengan lancar. Jangan sampai puasa menjadi alasanmu untuk bermalas-malasan.

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat kamu harus tetap menjalankan pola hidup sehat. Begini tips agar tetap sehat dan bugar selama menjalankan puasa.

1. Jangan melewatkan sahur

5 Tips Tetap Fit dan Bugar Menjalani Puasa Ramadanbig.com.my

Sahur seperti sarapan, berfungsi sebagai sumber energi selama menjalani hari. Jika tidak sahur maka kemungkinan besar kamu akan lemas selama menjalani puasa. Makanlah makanan yang bergizi saat sahur.

Untuk sumber karbohidrat, pilihlah karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, dan oat karena akan membuat kenyang lebih lama sehingga tidak cepat lapar. Selain itu penuhi kebutuhan protein dan serat. Protein bisa kamu dapatkan dari lauk pauk seperti daging, tahu, tempe, dan telur. Sedangkan serat bisa kamu dapatkan dari sayuran dan buah.

Dengan memenuhi kebutuhan gizi tubuh saat sahur maka kamu akan mempunyai cukup energi untuk menjalani hari selama puasa. Kamu akan tetap bugar dan tidak lemas.

2. Tetap cukupi kebutuhan cairan

5 Tips Tetap Fit dan Bugar Menjalani Puasa Ramadanpixabay.com/ rawpixel

Walaupun sedang puasa, kebutuhan cairan tetap harus dipenuhi agar tidak dehidrasi. Cukupi kebutuhan minum 8 gelas sehari dari buka hingga sahur. Kamu bisa membaginya sesuai dengan seleramu.

Selain itu sebaiknya kamu hindari minuman berkafein seperti kopi. Karena kafein bisa menyebabkan sering buang air kecil. Dengan begitu cairan tubuh akan lebih cepat keluar dan lebih cepat dehidrasi.

Baca Juga: Buah Favorit di Bulan Puasa, Ini 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan 

3. Jangan makan berlebihan saat buka puasa

5 Tips Tetap Fit dan Bugar Menjalani Puasa Ramadanwhatsnewindonesia.com

Waktu berbuka adalah yang paling dinantikan saat puasa. Beraneka hidangan makanan dan minuman biasanya akan tersedia di meja makan saat buka puasa. Walaupun begitu, jangan sampai kalap ya saat buka puasa. Terlalu banyak makan saat buka puasa akan membuat perutmu tidak nyaman.

Hindari terlalu banyak makan dan minum yang manis karena akan membuat berat badan cepat naik. Sebaiknya tetap perhatikan kandungan gizi makanan saat berbuka. Untuk makanan manis kamu bisa makan kurma, jangan terlalu banyak minum sirup manis dan makan cemilan yang mengandung banyak gula dan minyak, ya.

4. Tidur cukup

5 Tips Tetap Fit dan Bugar Menjalani Puasa RamadanPexels.com/Ivan Obolensky

Saat puasa kamu harus bangun lebih awal untuk menyiapkan sahur. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak begadang sehingga menyebabkan kurang tidur. Kamu bisa tidur lebih awal, misalnya setelah salat tarawih.

Kurang tidur akan membuatmu merasa ngantuk dan lemas di siang hari. Dengan begitu aktivitasmu bisa saja terganggu. Jadi tetap penuhi waktu tidurmu, ya.

5. Tetap olahraga

5 Tips Tetap Fit dan Bugar Menjalani Puasa Ramadanpixabay.com/ Free-Photos

Puasa bukan menjadi halangan untuk tetap berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan hingga sedang sesuai kemampuanmu. Misalnya dengan jalan kaki, bersepeda, joging ringan, atau senam ringan. Lakukan olahraga selama 30 menit, 3-5 kali seminggu. Dengan olahraga akan membuat tubuhmu tetap bugar.

Itulah 5 tips agar tetap fit dan bugar selama puasa. Selamat mencoba ya, semoga ibadah puasamu berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Puasa Sudah Dekat, Lancarkan Hari Pertamamu Dengan 7 Tips Sahur Ini

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You