Comscore Tracker

7 Mitos Seputar Olahraga yang Harus Kamu Ketahui 

Olahraga yang baik banyak manfaatnya untuk tubuh

Olahraga merupakan aktivitas yang penting dan banyak manfaatnya bagi tubuh. Selain menjaga kesehatan dan kebugaran, olahraga juga bisa membantu menurunkan berat badan bagi yang sedang menjalani program diet. Jika dilakukan dengan benar banyak hal positif yang kamu peroleh dengan rutin berolahraga. Namun masih banyak informasi yang salah tentang olahraga. Simak penjelasan di bawah agar kamu tidak salah.

1. Harus berolahraga setiap hari

7 Mitos Seputar Olahraga yang Harus Kamu Ketahui amp.thenational.ae

Olahraga memang bagus untuk kesehatan. Namun jika dilakukan setiap hari tanpa ada istirahat justru akan membuat tubuh kelelahan dan berisiko cedera. Frekuensi olahraga yang dianjurkan adalah 3-5 kali dalam seminggu dan durasi yang dianjurkan adalah selama 15-60 menit.

2. Semakin banyak keringat semakin bagus

7 Mitos Seputar Olahraga yang Harus Kamu Ketahui newscientist.com

Banyak orang yang beranggapan semakin banyak keringat berarti semakin banyak lemak dan kalori yang terbakar. Pada kenyataannya keringat adalah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan panas dalam tubuh atau mengeluarkan cairan berlebih dalam tubuh. Jadi tidak ada kaitannya antara pembakaran kalori dan lemak dengan banyaknya keringat ya.

3. Semakin panas tubuh semakin banyak membakar lemak

7 Mitos Seputar Olahraga yang Harus Kamu Ketahui quora.com

Apakah kamu pernah melihat orang lari di siang hari menggunakan jaket? Mungkin hal itu dimaksudkan untuk menambah panas tubuh hingga akhirnya mengeluarkan banyak keringat. Namun hal itu tidak benar.

Panas tubuh yang meningkat saat olahraga disebabkan karena peningkatan aktivitas jantung untuk memompa darah sehingga detak jantung dan suhu tubuh juga meningkat. Peningkatan suhu tubuh ini akan merangsang produksi keringat. Jika kamu olahraga menggunakan jaket justru akan menambah panas tubuh sehingga bisa menyebabkan dehidrasi.

Baca Juga: Secara Ilmiah, Kapan Sih Waktu yang Tepat Untuk Olahraga?

4. Sebaiknya dilakukan pagi hari

7 Mitos Seputar Olahraga yang Harus Kamu Ketahui elevate.com.au

Banyak yang beranggapan olahraga sebaiknya dilakukan pagi hari. Hal itu tidak sepenuhnya benar. Kamu boleh berolahraga kapan pun kamu sempat. Boleh pagi hari sebelum mulai beraktivitas dan ketika udara masih sejuk. Malam hari pun boleh namun jangan terlalu dekat dengan waktu tidur karena akan membuatmu sulit tidur.

5. Harus minum minuman berenergi setelah olahraga

7 Mitos Seputar Olahraga yang Harus Kamu Ketahui freepik.es

Kamu tidak harus minum minuman berenergi atau minuman isotonik setelah olahraga. Yang penting adalah mengganti cairan tubuh yang hilang saat olahraga. Minum air putih saja sudah cukup untuk merehidrasi tubuhmu setelah olahraga.

6. Olahraga dalam keadaan perut kosong

7 Mitos Seputar Olahraga yang Harus Kamu Ketahui active.com

Mungkin ada yang beranggapan bahwa olahraga dalam keadaan perut kosong bisa mempercepat penurunan berat badan. Namun itu adalah hal yang salah. Sebaiknya kamu makan dulu 2 jam sebelum berolahraga. Karena saat olahraga kamu juga butuh energi dan mencegah sakit perut setelah berolahraga. Olahraga dalam keadaan perut kosong juga bisa menyebabkan pusing dan lemas saat berolahraga.

7. Boleh makan apa saja setelah olahraga

7 Mitos Seputar Olahraga yang Harus Kamu Ketahui bbcgoodfood.com

Jika kamu berolahraga dengan tujuan menurunkan berat badan maka kamu tidak boleh sembarangan makan. Penurunan berat badan utamanya adalah dari menjaga asupan makanan. Tetap jaga pola makan yang sehat agar olahragamu tidak menjadi sia-sia.

Nah itulah mitos olahraga yang masih banyak dipercaya. Yuk, rajin olahraga dengan benar agar tubuh kita sehat dan bugar.

Baca Juga: Inilah 7 Gerakan Olahraga di Rumah yang Cocok untuk Kamu Si Kurus!

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You