Comscore Tracker

Waspada, 5 Penyakit Ini Sering Menyerang Saat Puasa

#RamadanMasaKini Semangat, yuk puasanya!

Bulan suci Ramadan segera tiba, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Puasa mempunyai efek bagus untuk kesehatan. Namun, tak jarang banyak orang yang terserang penyakit saat sedang puasa karena perubahan pola makan.

Kondisi tubuh harus dijaga agar tidak terkena penyakit saat menjalankan puasa Ramadan. Jika tubuh terserang penyakit maka ibadah selama bulan Ramadan juga akan terganggu. Oleh karena itu, kamu harus mewaspadai beberapa penyakit yang sering menyerang saat sedang puasa. Apa saja penyakitnya? Simak penjelasan di bawah.

1. Penyakit asam lambung

Waspada, 5 Penyakit Ini Sering Menyerang Saat Puasahealthlibrary.in

Saat puasa terjadi perubahan pola makan, yang biasanya tiga kali sehari menjadi saat sahur dan berbuka saja. Ada rentang waktu yang lama dari sahur hingga buka puasa membuat perut kosong dalam waktu lama. Hal itu bisa menyebabkan penyakit maag. Terlebih lagi jika saat sahur dan berbuka mengonsumsi makanan yang memicu asam lambung seperti kopi, makanan pedas, asam, dan bersantan.

Untuk menghindari hal tersebut, jangan melewatkan makan sahur. Saat sahur sebaiknya konsumsi makanan yang sehat. Makanlah sumber karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan gandum.

Konsumsi juga lauk dan sayur yang tidak pedas dan berminyak. Begitu juga saat berbuka, jangan terlalu banyak mengonsumsi gorengan. Hindari minum kopi karena dapat memicu asam lambung. Jika kamu memang punya riwayat sakit maag lebih baik kamu konsultasi dulu ke dokter.

2. Dehidrasi

Waspada, 5 Penyakit Ini Sering Menyerang Saat Puasalondondoctorsclinic.co.uk

Tidak minum dari sahur sampai buka bisa menyebabkan dehidrasi. Hal itu bisa dicegah dengan tetap mencukupi kebutuhan cairan selama puasa. Untuk mencukupi kebutuhan minum 8 gelas sehari bisa disiasati dengan cara minum 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur. Kamu bisa membaginya sesuai seleramu asalkan kebutuhan air minum tetap terpenuhi.

Baca Juga: Buah Favorit di Bulan Puasa, Ini 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan 

3. Gangguan pencernaan

Waspada, 5 Penyakit Ini Sering Menyerang Saat Puasahindustantimes.com

Gangguan pencernaan selama puasa biasanya terjadi karena pola makan yang tidak sehat. Banyak orang mengalami sembelit atau konstipasi awal puasa. Hal itu bisa disebabkan karena kurangnya konsumsi sayur dan buah.

Untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan selama puasa, tetap jaga pola makan. Saat berbuka jangan langsung makan banyak karena akan membuat perut terasa sesak dan tidak nyaman. Kurangi konsumsi makanan yang terlalu manis dan berminyak. Serta konsumsi makanan yang berserat agar tidak sembelit.

4. Sakit kepala dan pusing

Waspada, 5 Penyakit Ini Sering Menyerang Saat Puasamedicalnewstoday.com

Saat puasa gula darah dan tekanan darah bisa menurun. Hal itu bisa menyebabkan kepala terasa pusing. Menurunnya kadar gula darah juga bisa menyebabkan sakit kepala. Apalagi jika disertai dengan kurang tidur dan aktivitas yang padat.

Untuk mencegahnya, selalu cukupi kebutuhan tidur dan jangan begadang. Konsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap mempunyai cadangan energi untuk beraktivitas.

5. Radang tenggorokan

Waspada, 5 Penyakit Ini Sering Menyerang Saat Puasawww.mydr.com.au

Biasanya saat berbuka banyak orang akan makan gorengan, minuman manis dan dingin. Hal itu bisa menyebabkan tenggorokan terasa sakit. Jadi sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsi makanan berminyak dan perbanyak minum air putih.

Jangan sampai ibadah puasa terganggu karena sakit. Tetap jaga kesehatanmu dengan pola makan dan pola hidup yang sehat, ya.

Baca Juga: 5 Tips Tetap Fit dan Bugar Menjalani Puasa Ramadan

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You