Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Kurangi Kadar Gula Darah, Bikin Hidup Sehat

Yuk hidup sehat!

Kadar gula darah dalam darah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya. Salah satunya adalah diabetes. Diabetes juga dapat memicu terjadinya komplikasi penyakit apabila tidak ditangani dengan baik. Sampai saat ini belum ditemukan obat yang efektif untuk diabetes. Oleh karena itu satu-satunya cara untuk menghindari diabetes sejak dini dengan hidup sehat. Nah berikut ini 5 cara ampuh untuk kurangi asupan kadar gula di makanan. Yuk hidup sehat !

1. Komsumsi makanan dalam bentuk asli

5 Cara Ampuh Kurangi Kadar Gula Darah, Bikin Hidup Sehatpixabay/silviarita

Cara untuk mengontrol kadar gula harian adalah dengan mengonsumsi makanan dalam bentuk aslinya, bukan olahan. Gula alami terkandung dalam makanan, terutama buah-buahan segar. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi buah-buahan segar seharusnya sudah cukup sehingga gula dalam bentuk olahan tidak diperlukan lagi.

2. Hindari gula tambahan

5 Cara Ampuh Kurangi Kadar Gula Darah, Bikin Hidup Sehatpixabay/955169

Apakah kamu yakin makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari tidak mengandung gula tambahan? Jangan terkecoh, label rendah lemak dan label sehat pun masih bisa mengandung gula tambahan. Gula tambahan biasanya terkandung pada yogurt berperisa, jus buah kemasan dan minuman energi, sereal kemasan hingga salad siap saji.

Oleh karena itu mencermati label kadar gula yang terkandung pada makanan atau minuman sangatlah penting sebelum membeli sebuah produk. Sehingga kita bisa mempertimbangkan berapa asupan kadar gula yang dibutuhkan dalam tubuh.

3. Tidur yang cukup

5 Cara Ampuh Kurangi Kadar Gula Darah, Bikin Hidup Sehatpixabay/webandi

Penuhilah kebutuhan istirahat dengan tidur setidaknya 6 sampai 8 jam per hari. Kurang tidur akan menyebabkan proses metabolisme tubuh terganggu. Selain itu, kurang tidur juga akan merangsang rasa lapar sehingga menyebabkan ingin mengonsumsi lebih banyak makanan. Akibatnya, kadar gula darah akan mengalami peningkatan. Untuk itu, penuhilah kebutuhan istirahat agar tidak terkena diabetes.

Baca Juga: Intip 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

4. Hindari minuman manis

5 Cara Ampuh Kurangi Kadar Gula Darah, Bikin Hidup Sehatpixabay/Pexels

Makan makanan ditemani dengan minuman manis seperti teh sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia setiap kali makan. Padahal, jumlah kalori dalam segelas teh manis bisa mencapai 300 kalori. Bayangkan jika kita makan sehari sebanyak 3 kali selalu ditemani dengan teh manis, tentu asupan kalori kita bisa mencapai 1000 kalori. Padahal, jumlah asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh sekitar 1900 kalori per hari (bergantung pada jenis aktivitas). Lebih dari separuh kebutuhan kalori sudah kita penuhi hanya dengan minum teh manis.

5. Cek gula darah secara rutin

5 Cara Ampuh Kurangi Kadar Gula Darah, Bikin Hidup Sehatpixabay/Tesaphotoghraphy

Hal lain yang bisa yang bisa dilakukan untuk mengontrol asupan gula per hari adalah dengan rutin melakukan cek gula darah. Hal ini dapat membantu mengetahui bagaimana tubuh bereaksi terhadap makanan tertentu sehingga tubuh mampu melakukan penyesuaian dalam mengonsumsi makanan ataupun obat-obatan nantinya.

Nah, itulah 5 cara ampuh kurangi kadar gula darah, bikin hidup semakin sehat. Yuk, coba dan buktikan! 

Baca Juga: 5 Masalah Mata Ini Rentan Menyerang Penderita Diabetes, Hati-hati! 

wulan Photo Writer wulan

Learn to be a Good Writer:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya