Comscore Tracker

5 Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Tubuh Manusia

Radiasi nuklir sangat berbahaya bagi makhluk hidup

Nuklir memiliki dampak yang besar bagi manusia. Salah satunya ialah sebagai energi untuk pembangkit listrik. Selain itu nuklir juga memiliki dampak yang sangat buruk bagi manusia akibat paparan radiasi nuklir.

Jika tubuh manusia terkena paparan radiasi nuklir yang besar, maka dalam waktu singkat tubuh manusia akan mengalami sindrom radiasi akut atau keracunan radiasi yang dapat berakibat fatal bagi manusia. Berikut adalah 5 bahaya radiasi nuklir bagi tubuh manusia.

1. Kerusakan pada jaringan kulit

5 Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Tubuh Manusiawww.medicalnewstoday.com

Jumlah paparan radiasi nuklir yang besar dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit. Kulit akan terasa seperti terbakar dan kulit akan mengelupas. Jika terkena air maka akan terasa pedih. Radiasi nuklir juga dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit kepala seperti rambut rontok dan kebotakan permanen.

2. Kerusakan DNA

5 Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Tubuh Manusiawww.irishtimes.com

Kerusakan DNA akibat paparan radiasi nuklir dapat menyebabkan mutasi gen sehingga dapat menghancurkan sel pada manusia. Dampak yang lain yaitu akibat kerusakan DNA adalah dapat menyebabkan kecacatan pada organ manusia karena sel tidak terbentuk dengan baik.

3. Kerusakan sistem pencernaan

5 Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Tubuh Manusiawww.freepik.com

Paparan radiasi nuklir yang besar dapat menyebabkan bahaya yang sangat fatal bagi sistem pencernaan tubuh. Kerusakan ini akan menyebabkan pendarahan pada perut yang dapat berlangsung selama beberapa hari.

Baca Juga: 6 Hal Ini Menjelaskan Keinginan NASA Membangun Reaktor Nuklir di Bulan

4. Kanker

5 Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Tubuh Manusiawww.medicalnewstoday.com

Kerusakan molekul pada sel-sel manusia dapat terjadi akibat sel-sel tubuh yang sehat bertabrakan dengan radiasi yang disebabkan oleh nuklir. Akibatnya sel-sel kanker bisa tumbuh dalam tubuh sel-sel dalam tubuh sudah rusak dan tidak dapat bermutasi dengan baik.

5. Kematian

5 Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Tubuh Manusiawww.mumbailive.com

Inilah dampak yang paling berbahaya akibat radiasi nuklir bagi manusia. Kematian akibat radiasi nuklir terjadi akibat sel-sel tubuh yang telah rusak yang dapat menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang belakang. Kerusakan ini akan menyebabkan tubuh tidak mampu melawan infeksi dan penyakit. Kemudian radiasi nuklir akan mulai aktif merenggut nyawa manusia.

Itulah 5 bahaya radiasi nuklir bagi tubuh manusia. Dampak yang dihasilkan dari radiasi nuklir sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Baca Juga: 5 Film Tema Bom Nuklir Ini Sinematografinya Apik, Bikin Ikut Tegang

Xehi Dekirty Photo Verified Writer Xehi Dekirty

A person who wants to live in peace

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya