Comscore Tracker

5 Fakta Leukoplakia, Penyakit yang Sering Menyerang Perokok

Leukoplakia bisa menjadi gejala awal terjadinya kanker mulut

Kita semua masih asing mendengar penyakit leukoplakia. Perlu diketahui, leukoplakia adalah penyakit yang dapat menyebabkan bercak putih atau abu-abu pada bagian mulut, seperti di lidah, gusi, bagian dalam pipi, dan dasar mulut.

Leukoplakia muncul akibat iritasi pada mulut, misalnya akibat merokok. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan terjadi pada segala rentang usia. Tetapi leukoplakia sering terjadi pada orang dewasa. Bercak leukoplakia bisa menjadi salah satu gejala awal terjadinya kanker mulut. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai penyakit leukoplakia, mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Leukoplakia umumnya menyerang para perokok

5 Fakta Leukoplakia, Penyakit yang Sering Menyerang Perokokbbc.co.uk

Penyebab leukoplakia sampai saat ini masih belum diketahui dengan jelas. Tetapi ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan iritasi pada mulut dan bisa menjadi penyebab leukoplakia. Seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, gigi palsu yang tidak terpasang dengan baik, paparan radiasi ultraviolet, serta HIV/AIDS.

Selain itu ada pula leukoplakia berambut yang terjadi akibat infeksi virus Epstein-Barr. Virus Epstein-Barr pada dasarnya merupakan virus yang tidak aktif, tetapi virus ini bisa menjadi aktif pada seseorang yang memiliki kekebalan tubuh lemah seperti penderita HIV/AIDS.

2. Munculnya bercak putih atau abu-abu pada mulut merupakan salah satu gejala leukoplakia

5 Fakta Leukoplakia, Penyakit yang Sering Menyerang Perokokriversidedentalgroup.com

Gejala yang umum pada penyakit leukoplakia adalah munculnya bercak putih atau abu-abu pada bagian mulut. Bercak ini sensitif pada sentuhan, panas, ataupun makanan pedas.

Kemudian gejala pada leukoplakia berambut adalah munculnya bercak bergelombang dengan garis-garis tipis seperti rambut. Bercak ini akan muncul di bagian kiri atau kanan lidah.

Jika dalam 2 minggu bercak leukoplakia tidak hilang, bisa jadi itu merupakan gejala leukoplakia yang sudah berbahaya. Selain itu gejala lain dari leukoplakia yang sudah berbahaya adalah kesulitan membuka rahang mulut, terdapat benjolan pada mulut, dan nyeri di telinga saat menelan.

3. Leukoplakia bisa menjadi gejala awal kanker mulut

5 Fakta Leukoplakia, Penyakit yang Sering Menyerang Perokokmedicalnewstoday.com

Leukoplakia bisa menjadi gejala awal terjadinya kanker mulut, walaupun leukoplakia umumnya tidak menyebabkan kerusakan pada bagian mulut. Kanker mulut bisa terbentuk dekat bercak leukoplakia. Walaupun bercak leukoplakia sudah hilang, risiko untuk terkena kanker mulut masih tetap ada.

Baca Juga: 7 Penyakit Non-Mulut Ini Bisa Ditemukan Dokter Gigi Saat Memeriksamu

4. Leukoplakia dapat ditangani dengan berbagai cara

5 Fakta Leukoplakia, Penyakit yang Sering Menyerang Perokokdentalcarenetwork.com

Leukoplakia dapat ditangani tergantung dengan penyebabnya. Jika disebabkan oleh rokok, maka pasien disarankan untuk berhenti merokok. Sedangkan jika disebabkan oleh gigi yang dapat menyebabkan iritasi pada mulut, maka dokter gigi akan memperbaiki kondisi gigi pasien.

Untuk leukoplakia berambut, pasien akan diberikan obat antivirus untuk mencegah perkembangan bercak leukoplakia. Selain itu dokter akan memberikan krim yang memiliki kandungan asam retinoid, seperti tretinoin tropical untuk memperkecil bercak leukoplakia.

5. Operasi akan dilakukan jika bercak leukoplakia tidak kunjung hilang

5 Fakta Leukoplakia, Penyakit yang Sering Menyerang Perokoknews.com.au

Apabila telah melakukan pengobatan tetapi bercak leukoplakia tidak kunjung hilang, maka dokter akan melakukan operasi pada bercak leukoplakia dengan cara pengangkatan bercak dengan menggunakan irisan pisau bedah, sinar laser, atau dibekukan.

Penyakit leukoplakia dapat dicegah. Dengan melakukan gaya hidup yang sehat seperti berhenti merokok, berhenti mengonsumsi alkohol, dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan maka penyakit leukoplakia dapat dicegah.

Baca Juga: 4 Jenis Leukemia yang Perlu Kamu Ketahui & Waspadai!

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You