Comscore Tracker

5 Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan yang Belum Kamu Tahu

Kamu suka makan tape singkong juga?

Kamu pasti sudah kenal dengan tape singkong kan? Tape singkong adalah olahan makan yang dibuat dengan proses fermentasi. Tape singkong memiliki rasa yang enak dan manis. Tak jarang tape singkong sering dijadikan sebagai bahan tambahan minuman seperti es cendol dan es doger. Selain itu tape singkong juga dijadikan sebagai oleh-oleh.

Tidak hanya enak, tape singkong juga memiliki kandungan nutrisi. Terdapat kandungan karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, kalsium, dan fosfor yang terkandung di dalam tape singkong. Kandungan ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Lalu, manfaat apa saja yang akan kamu dapatkan saat mengonsumsi tape singkong? Berikut adalah manfaatnya.

1. Menjaga sistem pencernaan

5 Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan yang Belum Kamu Tahuwww.stuff.co.nz

Tape singkong sangat baik dikonsumsi untuk menjaga sistem pencernaan. Tape singkong dapat meningkatkan produksi asam laktat dan probiotik. Zat inilah yang berperan untuk menjaga sistem pencernaan serta membunuh bakteri yang jahat. Selain itu bakteri baik yang terkandung dalam tape singkong dapat mencegah penyakit kanker usus.

2. Mengatasi anemia

5 Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan yang Belum Kamu Tahuwww.interactive-biology.com

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena sel darah merah yang diproduksi dalam tubuh begitu rendah. Sehingga penderita anemia akan merasa lemas. Salah satu makanan yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah adalah tape singkong. Mikroorganisme yang terkandung dalam tape singkong dapat meningkatkan produksi vitamin B12. Vitamin inilah yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bandotan Bagi Kesehatan, Bisa untuk Redakan Mag

3. Mencegah penyakit darah tinggi

5 Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan yang Belum Kamu Tahuwww.health.harvard.edu

Selain dapat mencegah anemia, tape singkong juga dapat mencegah penyakit darah tinggi. Tape singkong mengandung kalsium yang baik untuk tubuh. Kalsium bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Oleh karena itu, penderita darah tinggi disarankan untuk mengonsumsi tape singkong.

4. Makanan untuk diet

5 Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan yang Belum Kamu Tahufityourself.club

Kamu sedang mengalami kesulitan untuk diet? Kamu dapat mencoba tape singkong sebagai makanan dietmu. Tape singkong memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga aman dikonsumsi untuk diet. Selain itu, tape singkong juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat inilah yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

5. Meningkatkan gairah seksual

5 Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan yang Belum Kamu Tahuunsplash.com/Pablo Heimplatz

Permasalahan di atas ranjang merupakan masalah serius yang sering dialami oleh pasangan suami istri. Untuk mengatasi masalah seksual, pasangan suami istri dapat mencoba mengonsumsi tape singkong. Tape singkong mengandung sumber energi yang dapat meningkatkan gairah seksual. Sehingga tape singkong banyak digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi permasalahan seksual.

Itulah manfaat yang dimiliki oleh tape singkong bagi kesehatan. Tape singkong memang merupakan makanan yang enak. Selain enak, tape singkong juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Tapi ingat, jangan konsumsi tape singkong secara berlebihan. Sebab, konsumsi yang berlebihan dapat membuat perut menjadi kembung.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Kunyit Hangat di Pagi Hari

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You