Comscore Tracker

Sejumlah Keuntungan Menggunakan Mesin Gym saat Olahraga

Bisa perlahan memperbaiki kelainan rangka tubuh

Samarinda, IDN Times - Olahraga itu penting buat kesehatan kita. Menyempatkan olahraga sebelum beraktivitas perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga daya tahan tubuh dan mengontrol lemak jahat yang masuk ke tubuh melalui makanan.

Namun ketika latihan di gym atau pusat kebugaran, pastikan setiap gerakan tidak membuat kamu cedera. Caranya ternyata mudah, yakni menggunakan peralatan atau mesin gym. Sekalipun lebih mudah dijumpai di pusat kebugaran, tetapi kamu juga bisa membelinya untuk dipakai sehari-hari.

"Olahraga dengan mesin gym itu bisa menghindari cedera. Setiap bagiannya sudah dirancang sesuai postur dan kemampuan si pengguna, jadi aman," ujar Eddy Calter trainer Rai Fitness di Jalan Untung Suropati, Samarinda.

Selain itu, berikut beberapa manfaat olahraga dengan mesin gym.

1. Baik untuk menjaga keseimbangan tubuh

Sejumlah Keuntungan Menggunakan Mesin Gym saat Olahragapixabay/blackmachinex

Eddy memiliki gangguan keseimbangan tubuh. Sebab itu dia melatihnya dengan terus berolahraga menggunakan mesin gym dengan maksimal. Bila diperhatikan, tempat duduk atau penyangga badan di mesin gym diselaraskan dengan bentuk umum badan manusia dan didesain agar aman dan nyaman saat digunakan.

"Jadi jika terus-menerus berlatih dengan mesin tersebut, gangguan keseimbangan perlahan pulih," terangnya.

Baca Juga: Berolahraga di Gym Ber-AC Apakah Menyehatkan? Waspadai Dampaknya Ini

2. Bisa memperbaiki postur tubuh

Sejumlah Keuntungan Menggunakan Mesin Gym saat Olahragaunsplash.com/victorfreitas

Tanpa disadari, postur tubuh perlahan berubah. Postur ini akan berubah karena kondisi dan cara kamu beraktivitas sehari-hari. Semisal saat bekerja di kantor, badan terbiasa bungkuk dan menunduk. Maka perlahan bentuk tubuh yang awalnya tegap menjadi bungkuk.

"Nah, dengan mesin gym, postur tubuh bisa membaik seperti sedia kala," lanjut dia.

Tidak hanya membantu tubuh agar terus seimbang, postur juga bisa terus tegap dan terhindar dari penyakit kelainan rangka tubuh skoliasis, lordosis atau kifosis kalau berlatih dengan rutin.

Tak dapat dipungkiri, saat waktu sempit dan tidak sempat pergi ke pusat kebugaran,  latihan dasar  dan menggunakan dumbell untuk membentuk otot jadi pilihan. Karena bisa dilakukan di mana saja dan gerakannya bervariasi.

"Mesin gym biasanya pilihan kedua," kata Eddy.

3. Bisa membentuk otot lebih cepat

Sejumlah Keuntungan Menggunakan Mesin Gym saat OlahragaMenshealth.com

Namun ternyata, olahraga dengan mesin ini bisa membentuk otot lebih cepat dibandingkan berlatih sendiri dengan dumbell di rumah. Dengan mesin gym dibutuhkan waktu 3-6 bulan untuk membentuk otot di tubuh.

Bisa dicapai dalam waktu tersebut jika teratur dilakukan. Nah akan jauh lebih baik kalau dimaksimalkan dengan melakukan latihan dasar lebih dulu kemudian latihan menggunakan mesin.

"Nantinya olahraga tidak akan membosankan, manfaat yang didapat juga banyak," ujarnya.

Tetapi, lanjut Eddy, untuk menggunakan mesin baiknya ditemani trainer pribadi. Sebab mereka akan mengarahkan dan memantau posisi tubuh kamu dan memberi porsi yang sesuai kemampuan kamu.

"Kami akan menentukan dari repetisi, posisi tubuh, dan kemampuan orang itu," sebut dia.

Eddy juga menyarankan agar menggunakan semua jenis mesin gym supaya setiap bagian tubuh bisa berbentuk ideal dan sehat

Baca Juga: Coba 7 Cara Efektif Membesarkan Otot Lengan Tanpa Harus Pergi ke Gym

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You