Comscore Tracker

6 Cara Ampuh Hilangkan Biang Keringat, Gak Gatal-gatal Lagi

Bebas gatal dan aktivitas gak terganggu lagi

Biang keringat adalah masalah kulit yang seringkali menghampiri anak-anak maupun orang dewasa. Keringat yang tersumbat di pori-pori kulit adalah salah satu penyebab utama munculnya penyakit ini. Tanda yang paling mencolok dari penyakit ini adalah timbulnya bintil kecil berwarna merah dan terlihat melepuh disertai rasa gatal.

Rasa gatal yang ditimbulkan penyakit ini akan mengganggu aktivitas jika tak kunjung dimusnahkan. Nah, inilah 6 cara ampuh yang bisa dilakukan agar biang keringat segera menghilang.

1. Oleskan campuran minyak jojoba dan madu

6 Cara Ampuh Hilangkan Biang Keringat, Gak Gatal-gatal LagiPexels/Pixabay

Minyak jojoba dan madu telah teruji sebagai bahan alami pelembab kulit. Tak hanya itu saja, campuran keduanya juga dipercaya dapat menghilangkan biang keringat secara optimal. Kedua bahan ini dapat dengan mudah kamu dapatkan di supermarket, toko  kosmetik maupun apotek terdekat.

Cara penggunaannya cukup sederhana, pertama-tama campurkan 2 sdm  madu dengan 1 sdm minyak jojoba dan oleskan pada bagian yang berbiang keringat. Diamkan pada kulit sekitar 15 menit kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil terbaik, gunakan campuran kedua bahan tersebut empat kali seminggu secara teratur.

2. Kenakan pakaian longgar dan menyerap keringat

6 Cara Ampuh Hilangkan Biang Keringat, Gak Gatal-gatal LagiPexels/rawpixel.com

Penggunakan pakaian yang kurang nyaman seringkali menyebabkan munculnya keringat berlebihan dan akhirnya menjadi biang keringat. Untuk menghindari dan mengurangi munculnya biang keringat sebisa mungkin gunakan pakaian dengan bahan yang nyaman dan memiliki daya serap yang baik. Selain itu, jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat untuk menghindari kain pakaian terlalu menekan tubuh dan menimbulkan rasa gerah serta gatal berlebih saat beraktivitas. 

3. Gunakan lotion calamine

6 Cara Ampuh Hilangkan Biang Keringat, Gak Gatal-gatal Lagifreepik/jcomp

Lotion calamine adalah cara ampuh selanjutnya yang dapat membantu mengatasi permasalahan biang keringat. Calamine merupakan jenis obat antihistamin yang dapat digunakan untuk meringankan rasa gatal akibat iritasi ringan termasuk biang keringat. Lotion ini bisa kamu dapatkan dengan mudah baik di apotek maupun toko obat terdekat.

Tergolong obat luar, penggunaan obat ini harus digunakan secara hati-hati agar tidak tertelan dan memperparah iritasi biang keringat. Untuk kamu yang berkulit sensitif sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan mencoba cara yang satu ini.

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan Ini Ternyata Sering Dialami Pekerja Kantoran

4. Aplikasikan daging tanaman lidah buaya

6 Cara Ampuh Hilangkan Biang Keringat, Gak Gatal-gatal Lagifreepik/freepik

Lidah buaya adalah tanaman yang terkenal kaya manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Tak hanya dapat mengatasi masalah kulit yang kering, lidah buaya juga diketahui dapat membantu meringankan gatal akibat biang keringat. Memiliki sensasi dingin saat diaplikasikan ke kulit, lidah buaya menimbulkan efek menenangkan dan meredakan iritasi.

Cara penggunaannya adalah dengan mencuci bersih lidah buaya dan mengambil bagian dagingnya. Oleskan daging lidah buaya pada kulit yang bermasalah dan biarkan hingga mengering kemudian bilas menggunakan air dingin. Agar hasilnya maksimal, terapkan cara ini tiga kali sehari secara rutin dan terjadwal.

5. Gunakan oatmeal yang telah diracik seperti masker

6 Cara Ampuh Hilangkan Biang Keringat, Gak Gatal-gatal Lagifreepik/freepik

Oatmeal merupakan olahan berbahan gandum yang seringkali dijadikan menu sarapan maupun diet. Tak hanya menjadi makanan kaya serat, oatmeal juga kerapkali dijadikan bahan masker yang terbukti ampuh mengatasi permasalahan kulit wajah. Tidak berhenti sampai disitu, oatmeal juga memiliki kandungan antioksidan yang terbukti dapat meringankan iritasi kulit termasuk biang keringat.

Untuk menggunakan oatmeal sebagai penyembuh biang keringat, cukup haluskan 3 sdm oatmeal dan campurkan dengan 1/2 sdt madu. Setelah kental dan menjadi pasta, oleskan campuran tersebut pada kulit yang sedang bermasalah. Diamkan sekitar 10 menit dan bilas menggunakan air dingin. Untuk hasil maksimal, lakukan langkah tersebut secara teratur minimal tiga kali dalam sehari.

6. Mengonsumsi biotin

6 Cara Ampuh Hilangkan Biang Keringat, Gak Gatal-gatal Lagifreepik/irrmago

Biang keringat tidak hanya bisa diatasi dengan obat luar saja namun juga dapat dengan mengkonsumsi biotin. Biotin merupakan jenis suplemen yang mengandung vitamin B kompleks dan co enzim. Dikenal sebagai obat diet, ternyata obat ini juga terbukti ampuh meredakan dan menyembuhkan permasalahan kulit seperti biang keringat. Adapun aturan konsumsi biotin untuk mengatasi biang keringat adalah sebanyak 25 - 35 mcg per hari.

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Mengatasi Sakit Kepala yang Bikin Uring-uringan

Yulia Annisa Photo Verified Writer Yulia Annisa

Menulislah dengan bijak dan tutuplah jalan perselisihan - Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya