Comscore Tracker

6 Manfaat Kesehatan Kulit Rambutan, Jangan Langsung Dibuang Dulu

biasa dibuang ternyata kaya khasiat!

Rambutan merupakan jenis buah tropis yang sangat mudah di jumpai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Sesuai namanya, buah ini memiliki bentuk yang unik dengan banyak juntaian menyerupai rambut di bagian kulitnya. Rambutan biasanya tidak berbuah sepanjang tahun namun hanya musim atau bulan tertentu saja. Rasanya yang manis dan segar menjadikannya salah satu buah favorit masyarakat Indonesia.

Buah rambutan mengandung banyak vitamin dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tidak hanya bagian buahnya saja, bagian kulit terluarnya ternyata juga dapat menjadi obat alternatif beragam penyakit. Ingin tahu khasiat tersembunyi kulit buah ini? Inilah ulasan lengkap 6 khasiat kulit rambutan yang jarang diketahui.

1. Mengobati sariawan

6 Manfaat Kesehatan Kulit Rambutan, Jangan Langsung Dibuang Duluhellosehat.com

Sariawan seringkali terjadi akibat bagian dalam mulut ikut tergigit saat menyunyah makanan. Selain itu, sariawan juga sering timbul akibat stres berkepanjangan maupun kurangnya konsumsi vitamin C. Timbulnya sariawan di bagian mulut kerapkali menimbulkan rasa perih dan tidak nyaman saat digunakan makan.

Ada banyak obat yang bisa membantu menyembuhkan sariawan dari jenis obat oles hingga tablet. Jika anda mencari salah satu obat alternatifnya, kulit rambutan adalah pilihan yang wajib dicoba. Cukup bersihkan 5-8 kulit rambutan dari getahnya dan potong beberapa bagian. Kemudian rebus potongan kulit tersebut dengan 100 ml air. Setelah dingin, saring air rebusan dan gunakan air tersebut untuk berkumur. Untuk hasil yang maksimal, gunakan air rebusan tersebut secara rutin sebelum tidur.

2. Menyembuhkan diare

6 Manfaat Kesehatan Kulit Rambutan, Jangan Langsung Dibuang Duluwww.alodokter.com

Diare seringkali terjadi akibat mengkonsumsi makanan yang kurang bersih maupun makanan yang telah terjangkit bakteri. Sakit perut akibat diare biasanya sangat mengganggu kegiatan sehari-hari jika tidak segera ditangani. Obat diare biasanya cukup mudah ditemui di apotek hingga warung di sekitar rumah.

Tidak banyak yang tahu bahwa kulit rambutan juga bisa menjadi obat ampuh untuk mengatasi diare. Cara pembuatannya juga terbilang sederhana dan mudah untuk dipraktekkan. Hanya perlu memblender 5-10 kulit rambutan bersih dan menambahkannya dengan susu atau madu agar tidak terlalu pahit. Untuk hasil maksimal, minumlah jus kulit rambutan tersebut secara rutin dan teratur agar diare lekas membaik dan aktivitas anda lancar kembali.

3. Mencegah penuaan dini

6 Manfaat Kesehatan Kulit Rambutan, Jangan Langsung Dibuang Dulufreepik/goodluz

Tampil awet muda tanpa kerut di wajah menjadi impian kebanyakan wanita. Seiring berkembangnya zaman, banyak produk kosmetik yang beredar di pasaran dan mengklaim mampu mencegah penuaan dengan aneka produk perawatan.

Namun kebanyakan wanita  masih merasa takut dan ragu menggunakan perawatan yang menggunakan unsur kimia. Jika anda ingin mencegah penuaan dini dengan cara alami dan sederhana, perawatan dengan kulit rambutan layak dicoba. Caranya cukup sederhana, hanya cukup mengkonsumsi air rebusan kulit rambutan secara rutin dan teratur.

Baca Juga: 4 Tanda Buah Berformalin, Sangat Berbahaya bagi Kesehatan

4. Dijadikan bahan gel pembersih tangan

6 Manfaat Kesehatan Kulit Rambutan, Jangan Langsung Dibuang Dulufreepik/freepik

Kulit rambutan mengandung polifenol yang diketahui dapat membunuh bakteri. Dengan kandungan zat yang bersifat antibakteri tersebut, kulit rambutan dipercaya dapat menjadi campuran gel pembersih tangan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroba.

Namun untuk pembuatan gel kulit rambutan ini diperlukan beberapa proses kimia seperti ekstraksi dengan campuran etanol serta divaporasi. Pembuatan hand sanitizer dari kulit rambutan ini merupakan hasil penemuan beberapa peneliti yang teruji efektif menghancurkan dinding sel bakteri serta mematikannya.

5. Pewarna alami lipcream

6 Manfaat Kesehatan Kulit Rambutan, Jangan Langsung Dibuang Dulufreepik/fabrikasimf

Kulit rambutan mengandung polifenol yang diketahui dapat membunuh bakteri. Dengan kandungan zat yang bersifat antibakteri tersebut, kulit rambutan dipercaya dapat menjadi campuran gel pembersih tangan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroba.

Namun untuk pembuatan gel kulit rambutan ini diperlukan beberapa proses kimia seperti ekstraksi dengan campuran etanol serta divaporasi. Pembuatan hand sanitizer dari kulit rambutan ini merupakan hasil penemuan beberapa peneliti yang teruji efektif menghancurkan dinding sel bakteri serta mematikannya.

6. Menurunkan kadar kolesterol

6 Manfaat Kesehatan Kulit Rambutan, Jangan Langsung Dibuang Dulufreepik/sewcream

Kolesterol merupakan kandungan penting yang diperlukan tubuh untuk metabolisme. Kadar kolestrol yang cukup akan membantu tubuh memproduksi beberapa hormon dan mempermudah pencernaan lemak. Kadar kolestrol di dalam tubuh akan meningkat seiring pola hidup yang kurang sehat seperti konsumsi makanan berminyak yang berlebihan. Kadar kolestrol yang tinggi meningkatkan potensi penyakit stoke dan jantung.

Alih-alih meminum obat-obatan penurun kolesterol, ramuan alami dari kulit rambutan bisa menjadi salah satu jalan mengatasinya. Untuk mengonsumsi kulit rambutan sebagai penurun kolestrol cukup merebus beberapa kulit rambutan dan meminum air rebusan tersebut secara terjadwal dan teratur.

Yakin masih mau membuang kulit rambutan setelah membaca ulasan ini? Semoga ulasan di atas menambah informasi dan pengetahuan mengenai khasiat tersembunyi di balik buah rambutan.

Baca Juga: 10 Buah-buahan dengan Rasa Asam Namun Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Yulia Nor Annisa Photo Community Writer Yulia Nor Annisa

Menulislah dengan bijak dan tutuplah jalan perselisihan - Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You