Comscore Tracker

Seperti Hamil Padahal Tidak, Ini 6 Fakta Mengenai Hamil Anggur

Mungkin terjadi di wanita hamil usia terlalu muda atau tua

Menurut ilmu kesehatan kejadian hamil anggur dikenal dengan sebutan molar pregnancy. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini persis menyerupai kehamilan pada umumnya bahkan alat tes kehamilan pun akan menunjukkan hasil positif.

Namun sering berjalannya waktu perempuan yang mengalami molar pregrancy akan merasakan hal yang berbeda dari kehamilan sewajarnya. Ingin tahu lebih lanjut mengenai hamil anggur? Simak lima faktanya pada ulasan berikut.

1. Hamil anggur bukanlah kehamilan sebenarnya. Yang dikandung penderita bukanlah janin melainkan pertumbuhan kista

Seperti Hamil Padahal Tidak, Ini 6 Fakta Mengenai Hamil Anggurfreepik/jcomp

Hamil anggur dapat berasal dari sel telur normal maupun abnormal yang telah dibuahi namun pada pertumbuhannya justru membentuk jaringan yang abnormal. Pada kondisi kehamilan ini rahim sama sekali tidak berisi janin melainkan dipenuhi jaringan yang berisi cairan.

Sekumpulan sel di dalam rahim yang seharusnya bertumbuh menjadi plasenta malah tumbuh berkembang menjadi kista di dalam maupun luar rahim dan memicu gejala-gejala kehamilan muncul. Berbagai gejala tidak wajar akan muncul pada bulan keempat kehamilan seperti ini tetapi seringkali penyakitnya baru terdiagnosa ketika keguguran terjadi.

2. Hamil anggur terbagi atas dua jenis, ada yang lengkap ada yang parsial.

Seperti Hamil Padahal Tidak, Ini 6 Fakta Mengenai Hamil Anggurtodaysparent.com
  • Hamil anggur parsial

Pada jenis hamil anggur ini biasanya beberapa jaringan kehamilan seperti tali pusat maupun janin akan berkembang secara normal berdampingan dengan pertumbuhan jaringan abnormal.

Seiring berjalannya waktu biasanya pertumbuhan janin akan terhenti di awal kehamilan dan sangat jarang dapat bertahan hingga cukup bulan akibat pertumbuhan jaringan abnormal yang juga dialami di dalam rahim.

  • Hamil anggur lengkap

Pada jenis kehamilan anggur yang satu ini sama sekali tidak terbentuk jaringan kehamilan dan rahim hanya dipenuhi oleh jaringan berisi cairan. Hal ini biasanya terjadi akibat sel sperma normal membuahi sel telur yang tidak membawa kandungan genetik.

3. Kehamilan anggur memiliki kemungkinan lebih tinggi terjadi pada wanita yang hamil di usia terlalu muda maupun terlalu tua

Seperti Hamil Padahal Tidak, Ini 6 Fakta Mengenai Hamil Anggurfreepik/tirachardz

Kehamilan anggur kemungkinan besar terjadi pada perempuan yang hamil di bawah usia 20 tahun dan di atas 35 tahun. Itulah sebabnya perempuan lebih disarankan hamil di usia matang sekitar 20-30 tahun di mana organ-organ reproduksinya berfungsi dengan sangat optimal. Selain faktor usia, pernah keguguran dan kekurangan asupan vitamin A juga bisa menjadi penyebab lain kehamilan anggur ini terjadi.

Baca Juga: Tinggi Asam Folat, 7 Makanan Ini Bagus buat Kesehatan Ibu Hamil

4. Saat mengalami hamil anggur biasanya pertumbuhan rahim cenderung lebih cepat dan perut akan terlihat lebih besar dalam waktu yang singkat

Seperti Hamil Padahal Tidak, Ini 6 Fakta Mengenai Hamil Angguravawomen.com

Pada kehamilan normal perut akan terlihat membesar saat usia kehamilan telah memasuki 12 minggu. Meskipun besar kecilnya ukuran perut di saat hamil juga dipengaruhi oleh tinggi badan, jumlah janin maupun posisi bayi, namun pada hamil anggur perut akan terlihat membesar tidak sesuai dengan usia kehamilannya. 

Selain itu, hamil anggur juga bisa terdeteksi dengan meningkatnya kadar HCG, nyeri dibagian pinggul saat kehamilan bahkan pendarahan yang disertai keluarga gumpalan darah menyerupai anggur di trimester pertama kehamilan.

5. Setelah diobati, hanya 1 sampai 2 % risiko kehamilan anggur akan terulang kembali

Seperti Hamil Padahal Tidak, Ini 6 Fakta Mengenai Hamil Anggurtodaysparent.com

Menurut ilmu kedokteran hanya 1 - 2 % penderita hamil anggur yang mengalami penyakit serupa di kemudian hari. Kehamilan sehat sesuai harapan tetap dapat terjadi setelah pengobatan hamil anggur usai dilaksanakan. Idealnya untuk hamil kembali seorang perempuan harus menunggu sekitar enam bulan dari operasi kuret dan setelah hormon kehamilan kembali normal. 

6. Penanganan hamil anggur kebanyakan memerlukan penanganan khusus di samping konsumsi obat-obatan

Seperti Hamil Padahal Tidak, Ini 6 Fakta Mengenai Hamil Anggurverywellfamily.com

Pada kondisi hamil anggur biasanya dokter akan menempuh beberapa cara berikut untuk pengobatannya.

  • Mengonsumsi obat-obatan

Dokter akan meresepkan obat-obatan khusus yang dapat membuat rahim berkontraksi sehingga dapat mengeluarkan jaringan sel abnormal melalui vagina. Cara ini biasanya dilakukan karena jaringan abnormal tidak dapat diambil menggunakan alat dan berukuran cukup besar.

  • Kuret

Proses ini biasanya diawali proses melebarkan serviks (mulut rahim) kemudian barulah dilakukan pengeluaran jaringan abnormal di dalam rahim atau lebih dikenal dengan kuret. Untuk memastikan seluruh jaringan abnormal telah terangkat, biasanya dokter akan melakukan pengecekan kadar hormon HCG sesudah penanganan.

  • Histerektomi

Cara yang terakhir ini biasanya dilakukan apabila hamil anggur seorang wanita disertai gangguan penyakit serius lain dan mengharuskannya mengangkat rahimnya. Histerektomi merupakan operasi kecil pengangkatan rahim keluar tubuh dan akan menyebabkan seorang perempuan tidak dapat hamil kembali.

Nah, itulah enam fakta mengenai hamil anggur yang harus kamu ketahui. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan menambah informasi kesehatanmu ya!

Baca Juga: 5 Tips yang Perlu Diterapkan Jika Ibu Hamil Merasa Depresi

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Menulislah dengan bijak dan tutuplah jalan perselisihan - Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You