Comscore Tracker

Ini 5 Manfaat Bagian Tengah Nanas yang Keras dan Sering Dibuang

Dianggap tidak berguna, ternyata banyak manfaatnya

Nanas adalah jenis buah-buahan tropis yang berasal dari benua Amerika. Di Indonesia, buah nanas mudah dijumpai baik di wilayah dataran rendah maupun tinggi. Buah ini dikenal memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan.

Memiliki rasa yang manis dan cenderung asam menjadikannya sebagai bahan pelengkap rujak, es buah, bahkan campuran selai.

Memiliki kulit yang tajam dan bersisik, ternyata nanas menyimpan banyak kandungan manfaat di tiap susunan tubuhnya. Tidak hanya kulit dan daging buahnya, bagian tengah nanas yang keras dan sering terbuang begitu saja ternyata memiliki khasiat ajaib bagi kesehatan manusia.

Penasaran apa saja manfaatnya? Inilah 5 manfaat bagian tengah buah nanas yang dikenal keras dan sering dibuang orang.

1. Dapat mematikan sel-sel kanker

Ini 5 Manfaat Bagian Tengah Nanas yang Keras dan Sering Dibuangfreepik/kjpargeter

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang pertumbuhannya relatif cepat. Dikenal ganas dan berbahaya, penyembuhan penyakit ini harus melalui rangkaian perawatan yang sangat intensif.

Proses kemoterapi dikenal sebagai upaya mengurangi dan mematikan sel kanker yang terus membelah, namun efeknya sel-sel tubuh yang masih baik juga harus ikut terkena imbasnya.

Selain proses kemoterapi, mengonsumsi bagian tengah buah nanas bisa dijadikan salah satu alternatif untuk membantu mematikan sel-sel kanker secara alami. 

2. Menjadi obat alternatif penyempitan pembuluh darah

Ini 5 Manfaat Bagian Tengah Nanas yang Keras dan Sering Dibuangfreepik/katemangostar

Penyempitan pembuluh darah dapat memicu beragam penyakit berbahaya. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini dapat menghasilkan efek luar biasa untuk tubuh manusia.

Buah nanas memiliki kandungan vitamin dan bromelin yang cukup tinggi. Bagian tengah buah nanas merupakan tempat terkandungnya bromelin dengan kadar paling tinggi.

Bromelin sendiri merupakan enzim yang dapat membantu mengatasi penyempitan pembuluh darah. Jika kamu mencari obat alternatif penyempitan pembuluh darah, mengonsumsi bagian tengah buah nanas bisa menjadi pilihanmu.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Memilih Nanas yang Matang Sempurna

3. Membantu memaksimalkan penyerapan obat-obatan

Ini 5 Manfaat Bagian Tengah Nanas yang Keras dan Sering Dibuangfreepik/user8818949

Penanganan penyakit serius seringkali dibantu obat-obatan jangka panjang yang jenisnya beragam. Obat-obatan tersebut dijadikan sebagai jalan penyembuh yang diharapkan dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Mengonsumsi bagian tengah nanas yang memiliki kandungan bromelin tinggi membantu melunakkan dinding sel sehingga penyerapan obat dapat berjalan lebih optimal.

Dengan optimalnya pengobatan, penyembuhan dan penyebaran berbagai penyakit memiliki harapan sembuh yang lebih tinggi terlebih jika penyakitnya cenderung ganas dan berbahaya.  

4. Ampuh menurunkan kadar kolestrol

Ini 5 Manfaat Bagian Tengah Nanas yang Keras dan Sering Dibuangfreepik/freeograph

Pola hidup yang kurang sehat seringkali menjadi pemicu tidak normalnya kadar kolesterol di dalam tubuh. Konsumsi makanan mengandung lemak dalam jangka panjang memuluskan langkah kolestrol jahat merajalela.

Menjaga pola makan adalah salah satu jalan yang harus ditempuh agar kadar kolesterol di dalam tubuh kembali normal. Beberapa makanan diketahui dapat menyembuhkan masalah kesehatan tersebut, salah satunya bagian tengah buah nanas.

Mengonsumsi bagian tengah nanas yang kaya kandungan vitamin secara rutin dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. 

5. Menambah asupan nutrisi

Ini 5 Manfaat Bagian Tengah Nanas yang Keras dan Sering Dibuangfreepik/freepik

Nutrisi merupakan komponen organik yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Sumber nutrisi bagi tubuh dapat berasal dari tumbuhan, hewan, maupun suplemen makanan yang beredar di pasaran. Terpenuhinya jumlah nutrisi harian dapat meningkatkan energi dan kekebalan tubuh.

Konsumsi makanan empat sehat lima sempurna merupakan jalan yang harus ditempuh agar nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik. Seperti yang sudah diketahui, bagian tengah nanas mengandung banyak vitamin, protein, mineral, lemak dan berbagai enzim yang berguna oleh tubuh. Mengonsumsi bagian tengah buahnya dapat menjadi langkah mudah pemenuhan nutrisi harian tubuh. 

Itulah 5 manfaat bagian tengah buah nanas yang sering dibuang begitu saja. Semoga ulasan di atas menambah pengetahuan dan informasi kesehatanmu.

Baca Juga: 5 Macam Buah yang Bisa Jadi Obat Pereda Batuk, Sudah Tahu?

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya