Comscore Tracker

Jangan Sepelekan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Mengganggu Kualitas Tidurmu

Ini dia penyebab tidur cukup namun masih saja mengantuk!

Tidur merupakan kegiatan yang cukup penting demi mengembalikan kesegaran dan stamina tubuh. Namun, tidak semua orang mampu mendapatkan tidur yang berkualitas setiap harinya. Akibatnya, justru tubuh merasa lesu meskipun sudah tidur yang cukup di malam hari.

Penasaran mengapa hal tersebut dapat terjadi padamu? Yuk, simak lima kebiasaan yang bisa mengganggu kualitas tidur kamu pada ulasan berikut ini.

1. Menggunakan gadget sesaat sebelum tidur

Jangan Sepelekan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Mengganggu Kualitas Tidurmufreepik/zasabe

Blue light yang dipancarkan sebuah alat elektronik pada dasarnya dapat mengganggu kerja hormon melatonin di dalam tubuh. Hormon tersebut sejatinya berfungsi untuk memicu rasa kantuk dan membuat tubuh terlelap sepanjang malam.

Oleh karena itu, penggunaan alat elektronik seperti handphone sesaat menjelang tidur sangat tidak disarankan, selain mengganggu kualitas tidur juga berpotensi menimbulkan gangguan pada mata.

2. Menyantap makanan terlalu banyak di malam hari

Jangan Sepelekan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Mengganggu Kualitas Tidurmufreepik/rawpixel.com

Pada dasarnya sistem metabolisme dan pencernaan akan beristirahat atau bekerja lebih santai di saat waktu-waktu istirahat. Menyantap makanan terlalu banyak di malam hari dapat memberatkan kerja sistem metabolisme tubuh. Akibatnya, beberapa gangguan metabolisme dapat terjadi pada tubuhmu, meningkatkan risiko penyakit tertentu sekaligus mengganggu kualitas tidurmu.

Baca Juga: 5 Tips Ini Buat Kualitas Tidurmu Meningkat

3. Mendapatkan kabar mengejutkan baik berisi kebahagiaan maupun kesedihan

Jangan Sepelekan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Mengganggu Kualitas Tidurmufreepik/pressfoto

Gangguan tidur seringkali terjadi akibat lonjakan emosi yang terjadi secara mendadak. Kabar yang mengejutkan adalah salah satu pemicu terjadinya hal tersebut. Entah berita tersebut berisi tentang kebahagiaan maupun kesedihan, jika datangnya di luar espektasi tentu saja akan berpengaruh terhadap perasaan sekaligus mengubah pola kegiatan yang biasa dikerjakan. 

Tidak melulu tentang kesedihan, misalkan kabar membahagiakan seperti dilamar oleh pasangan. Mendengar kabar tersebut otak akan otomatis melepaskan hormon serotin, adrenalin dan kortisol yang dampaknya mempercepat detak jantung sekaligus menjadikanmu lebih bersemangat.

Akibat pelepasan sejumlah hormon tersebut, kamu akan terus menerus memikirkan hal membahagiakan tersebut dan sulit terlelap sepanjang malam.

4. Menggunakan bantal yang kurang nyaman

Jangan Sepelekan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Mengganggu Kualitas Tidurmufreepik/natalystep

Minimal setahun sekali bantal yang senantiasa kamu gunakan untuk tidur harus diganti. Selain isi bantal yang pastinya sudah mengempis dan tidak proporsional, pergantian bantal tersebut juga sekaligus meminimalisir timbulnya penyakit kulit akibat kotoran yang bersarang di dalamnya. 

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, bantal yang digunakan harus dapat menyangga kepala dan leher dengan nyaman sehingga dapat mengurangi risiko salah bantal. Selain itu, kebersihan sarung bantal, selimut maupun sprei juga harus diperhatikan secara berkala. 

5. Tidur dengan keadaan lampu menyala

Jangan Sepelekan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Mengganggu Kualitas Tidurmufreepik/freepik

Tidur dengan kondisi lampu yang menyala terang sama halnya dengan kasus memainkan handphone maupun alat elektronik sesaat sebelum terlelap. Paparan cahaya lampu yang terang juga menghambat produksi hormon melatonin. Seperti yang sudah disebutkan bahwa hormon ini sangat penting untuk menjaga kualitas tidur seseorang.

Rata-rata orang yang tidur dengan keadaan lampu yang menyala terang akan mengalami siklus tidur yang tidak teratur. Terganggunya siklus tidur tersebut kemudian membuat seseorang tetap saja merasa mengantuk ketika melihat cahaya terang di pagi hari. Alhasil istirahat yang dilakukan tidak berhasil membuat stamina dan semangat kembali pulih di pagi harinya.

Nah, itu dia kebiasaan yang bisa mengganggu kualitas tidur kamu. Hindarilah kebiasaan tersebut supaya tidurmu terasa lebih nyenyak! Oh ya, jangan lupa juga berdoa sebelum terlelap!

Baca Juga: Tanpa Ribet, 7 Tips Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Menulislah dengan bijak dan tutuplah jalan perselisihan - Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Just For You