Comscore Tracker

5 Makanan yang Cocok buat Kamu yang Sering Mengalami Nyeri Sendi

Dikit-dikit jangan obat dong

Nyeri sendi adalah rasa sakit pada bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang, yang menyebabkan pergerakan dan kualitas hidup menjadi terganggu. Cara mengatasinya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan adalah komponen yang dapat melawan radikal bebas, yang mengganggu sendi dan membuat sendi kamu bermasalah. 

Nah,  inilah 5 makanan yang cocok untuk kamu yang sering nyeri sendi. Yuk simak dibawah ini. 

1. Kunyit

5 Makanan yang Cocok buat Kamu yang Sering Mengalami Nyeri Sendizululandobserver.co.za

Kunyit merupakan salah satu bumbu makanan yang populer di Indonesia dan mudah didapat. Di dalam kunyit, terdapat komponen bernama kurkumin. Nah, kurkumin ini dapat meringankan sakit pada lutut. Kalau kamu tidak suka atau tidak bisa makan kunyit secara langsung, kamu dapat menggantinya dengan jahe.

2. Kacang Walnut

5 Makanan yang Cocok buat Kamu yang Sering Mengalami Nyeri Sendiwell-beingsecrets.com

Kacang wolmut merupakan salah satu makanan yang kaya akan kalori ini dapat mengatasi nyeri lho karena Kacang walnut juga kaya akan beberapa nutrisi yang berguna untuk mencegah peradangan, seperti omega-3 dan asam lemak. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi kacang ini karena tinggi kalori supaya kamu tidak terkena penyakit lain.

3. Cabe Merah

5 Makanan yang Cocok buat Kamu yang Sering Mengalami Nyeri SendiUnplash.com/Elle Hughes

Dibalik rasanya yang pedas ternyata cabe merah dapat mengatasi nyeri sendi lho. Karena cabe merah kaya akan vitamin C. Vitamin C ini dapat membantu kesehatan sendi dan membantu tubuh kamu membentuk kolagen. Kolagen ini adalah bagian dari tulang lunak, tendon, dan ligamen yang menjadi bantalan untuk sendi dan merekatkan sendi. Jika kamu tidak bisa makan pedas, kamu dapat mengonsumsi makanan lain yang mengandung vitamin C seperti jeruk.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah, Berbahaya!

4. Salmon

5 Makanan yang Cocok buat Kamu yang Sering Mengalami Nyeri SendiUnplash.com/Caroline Attwood

Salmon merupakan makanan yang sangat bergizi. Jenis daging ini baik untuk sendi kamu bukan seperti iga babi yang menyebabkan masalah sendi. Karena salmon mengandung kalsium dan vitamin D yang membuat tulang tetap kuat. Selain itu, salmon juga mengandung omega-3s yang dapat mengurangi masalah pada sendi. Jika kamu tidak suka salmon kamu dapat menggantinya dengan sarden untuk mendapat omega 3.

5. Buah Ceri

5 Makanan yang Cocok buat Kamu yang Sering Mengalami Nyeri SendiUnplash.com/Manu Camargo

Buah ceri mempunyai rasa asa yang manjs dan nikmat saa dimulut.  Buah ceri sangat segar dan dapat dibuat jus. Banyak yang tak tahu, buah ceri dapat melawan peradangan. Karena warna tajam dari ceri ini terdapat bahan kimia yaitu anthocyanins yang dapat mengatasi peradangan. Makanan lain yang dapat membantu kesehatan kamu adalah buah-buah berwarna tajam lain, seperti bluberi, blackberry, atau buah delima.

Nah, itulah 5 makanan yang dapat mengatasi nyeri sendimu. Nyeri sendi tidak dapat diatasi dengan makanan saja tetapi dengan tetap berolahraga dan memiliki pola makan yang sehat secara keseluruhan adalah kunci untuk membuat sendi kamu sehat. Coba deh.

Baca Juga: Mengenal Orthorexia Nervosa, Obsesi Terhadap Makanan Sehat

Yulianamawar Photo Community Writer Yulianamawar

Mahasiswi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You